Hiperrealitas pada Media Sosial Pengguna Instagram di Kalangan Mahasiswa

Penulis

  • Fadil Nurmansyah HMI Cabang Makassar Timur, Universitas Hasanuddin, Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55623/ad.v2i2.79

Kata Kunci:

Instagram, hyperreality, reality

Abstrak

Currently Instagram social media is a need that is highly prioritized by students. Even students have made Instagram a social reality. The research entitled "Hyperreality in Social Media of Instagram Users" has formulated the problem of how Instagram users behave and what impression they want to show their followers to the reality they create on their Instagram account. The purpose of this study was to determine the various forms of behavior & motivation of Indonesian students in using Instagram. This research is in the form of a qualitative descriptive study. The data sources used are primary and secondary data. Data were analyzed using literature review study method. The theoretical basis used is the theory of hyperreality proposed by Jean Baudrillard. Based on the data analysis that has been done, it can be concluded that Instagram users are emotionally tied to the reality they get in the world of Instagram.

Referensi

Astuti, A.P., dan Rps, A.N. 2018. Teknologi Komunikasi Dan Perilaku Remaja. Jurnal Analisa Sosiologi. 3(1).

Arni, N., & Nur, A. (2021). Resistensi Perempuan terhadap Kuasa di Balik Kasus Perampasan Ruang Hidup: Studi Ekofeminisme. Najwa: Jurnal Muslimah dan Studi Gender, 1(1), 60-72.

Aziz, M. Imam (ed). 2001. Galaksi Simulacra: Esai-Esai Jean Baudrillard. Yogyakarta: LKiS.

Baudrillard, Jean. 1988. The Ecstasy of Communication (Terjemahan Jimmy Firdaus). Yogyakarta: Kreasi Wacana

Herima, H. B. (2018). Hiperrealitas Pengguna Instagram di Lingkungan Fisip Universitas Maritim Raja Ali Haji. Hiperrealitas Pengguna Instagram.

Holmes, D. 2012. Teori Komunikasi. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Maryani dan Ahmadi. 2010. Komunikasi Virtual: Teori dan Praktek. Bandung: Ihsan Press.

Nurhadi, Zikri Fachrul. 2017. Teori Komunikasi Kontemporer. Jakarta: Prenada Media Group. Yogyakarta: Lembaga Kajian Islam dan Sosial.

Piliang, Yasraf Amir. 1999. Hiper-realitas Kebudayaan.

Qashmal, Zaim. 2015. Hubungan Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Pembentukan Citra Diri. Bandung: Perpustakaan Universitas Islam Bandung

Baudrillard, Jean. 1983. Simulations. Translated by Paul Foss, Paul Paton, and Philip Beitchman. Printed in tech United States of America

Castells, M. 2004. The Network Society A Cross cultural Perspective. Cheltenham, Uk Northampton, MA, USA : Edward Elgar Publishing, Inc.

Fauziah, Yuliani Resti. Konsep Diri Remaja Pengguna Aplikasi Tik Tok Di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Komputer Indonesia.

Gatot Haryono, Cosmas. Kepalsuan Hidup Dalam Hiperrealitas Iklan (The Falsehood of Life in Advertising Hyperreality). Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia

Harnina Ridwan, Masrul, Juhaepa. 2018. Komunikasi Digital Pada Perubahan Budaya Masyarakat E-Commerce Dalam Pendekatan Jean Baudrillard. Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Halu Oleo, Kendari

Herlinda Fitria. Hiperrealitas Dalam Social Media (Studi Kasus: Makan Cantik Di Senopati Pada Masyarakat. Sosiologi Universitas Indonesia

Kushendrawati, Selu Margaretha. 2006. Hiperrealitas Dalam Media Massa: Suatu Kajian Filsafat Jean Baudrillard. Disertasi tidak diterbitkan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia

Manovich, Lev. 2001. The Language of New Media. Cambridge, MA: The MIT Press.

Mulawarman & Aldila Dyas Nurfitri. 2017. Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi

Nasrullah, R. 2016. Media sosial (perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi). Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Nur, A. (2021). Fundamentalisme, Radikalisme dan Gerakan Islam di Indonesia: Kajian Kritis Pemikiran Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 28-36.

Nur, A. (2020). Sastra Populer dan Kekalahan Diskursus Kemasyarakatan.

Nur, A. (2020). Mistisisme tradisi mappadendang di Desa Allamungeng Patue, Kabupaten Bone. Jurnal Khitah: Kajian Islam, Budaya dan Humaniora, 1(1), 1-16.

Peristiwati, Maria. Hiperealitas Online Shop Dan Tindakan Konsumtif Melalui Jejaring Sosial Online (Studi Aktivitas Belanja Online Mahasiswi Melalui Facebook). Journal

Piliang, Yasraf. 2003. Hipersemiotika Tafsir Cultural Studie Atas Matinya Makna. Yogyakarta : Jalasutra

Przybylski, dkk. 2013. Motivational, emotional, and behavioral corelates offear offmising out. Computers in human behavior, 1841-1848

Trisilowaty, Dessy. Eksistensi Dan Identitas Di Media Baru. Jurnal Komunikasi Universitas Trunojoyo Madura DOI:http://dx.doi.org/10.21107/ilkom.v11i1.2837

Wahyudi, Hendro Setya dan Mita Puspita Sukmasari. 2018. Teknologi dan Kehidupan masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1) DOI:https://doi.org/10.20961/jas/v3i1.17444

Yanti Dwi Astuti. Dari Simulasi Realitas Sosial Hingga Hiper-Realitas Visual:Tinjauan Komunikasi Virtual Melalui Sosial Media Di Cyberspace. Jurnal Ilmu Komunikasi Uin Sunan Kalijaga

Yusuf, Ahmad. (2018). Hiperealitas Simulakra Media Sosial Studi Pada Mahasiswa KPI IAIN Purwokerto Pengguna Instagram . Purwokerto; Skripsi

Nur, A. (2020). Paradigma Masyarakat dan Keredupan Masa Depan Pendidikan di Desa (Potret Pendidikan Masyarakat Desa Allamungeng Patue, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan).

Nur, A. (2021). Fundamentalisme, Radikalisme dan Gerakan Islam di Indonesia: Kajian Kritis Pemikiran Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 28-36.

Hanapi, S. R. R., & Nur, A. (2020). Budaya Konsumerisme dan Kehidupan Modern; Menelaah Gaya Hidup Kader Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Gowa Raya. Jurnal Khitah: Kajian Islam, Budaya dan Humaniora, 1(1), 42-49.

Makmur, Z., Arsyam, M., & Alwi, A. M. S. (2020). Strategi Komunikasi Pembelajaran Di Rumah Dalam Lingkungan Keluarga Masa Pandemi. KOMUNIDA: Media Komunikasi dan Dakwah, 10(02), 231-241.

Makmur, Z., Arsyam, M., & Delukman, D. (2021). The Final Destination's uncomfortable vision to the environmental ethics. Journal of Advanced English Studies, 4(2), 76-82.

Nur, A. (2020). Interelasi Masyarakat Adat Kajang dan Pola Kehidupan Modern.

Nur, A. (2021). The Culture Reproduction In the Charles Dickens’ Novel “Great Expectations” (Pierre-Felix Bourdieu Theory). International Journal of Cultural and Art Studies, 5(1), 10-20. https://doi.org/10.32734/ijcas.v5i1.4866

Nur, A. (2021, December). GHAZWUL FIKR AND CAPITALISM SPECTRUM: ISLAMIC STUDENTS ON OLIGARCHY SHADES. In Proceedings of the International Conference on Social and Islamic Studies (SIS) 2021.

Nur, A. (2020). Mistisisme tradisi mappadendang di Desa Allamungeng Patue, Kabupaten Bone. Jurnal Khitah: Kajian Islam, Budaya dan Humaniora, 1(1), 1-16.

Nur, A., & Makmur, Z. (2020). Implementasi Gagasan Keindonesiaan Himpunan Mahasiswa Islam; Mewujudkan Konsep Masyarakat Madani Indonesian Discourse Implementation of Islamic Student Association; Realizing Civil Society Concept. Jurnal Khitah, 1(1).

Syam, M. T., Makmur, Z., & Nur, A. (2020). Social Distance Into Factual Information Distance about COVID-19 in Indonesia Whatsapp Groups. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 269-279

Seha, Iga Anjani. 2017. Pencintraan Diri Mahasiswa Pengguna Media Sosial Path. Tanjungpinang: Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Suryatriani, Shandra Arya. 2015. Media Sosial Instagram Sebagai Aktualisasi Diri Bagi Komunitas Instameet Surabaya. Surabaya: Perpustakaan Universitas Airlangga.

Waluya, Bagja. 2007. Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. Bandung: PT. Setia Purna Inves

Wen, Sayling. 2002. Future of The Media. Batam: Lucky Publishers.

Zakirah, Dinda Marta Almas. 2018. Mahasiswa dan Instagram (Studi Tentang Instagram Sebagai Sarana Membentuk Citra Diri di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga). Surabaya: Perpustakaan Universitas Airlangga.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-27

Cara Mengutip

Fadil Nurmansyah. (2021). Hiperrealitas pada Media Sosial Pengguna Instagram di Kalangan Mahasiswa. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, 2(2), 1–15. https://doi.org/10.55623/ad.v2i2.79
icon-doi : https://doi.org/10.55623/ad.v2i2.79