https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/adrsb/issue/feed Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial dan Budaya 2024-07-23T20:54:15+07:00 Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial dan Budaya ejournal@staiddimakassar.ac.id Open Journal Systems <p align="justify"><strong>Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial dan Budaya</strong> is a scientific journal published by Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da’wah Wal Irsyad (STAI DDI) Kota Makassar. This Journal<strong> </strong>contains research and conceptual articles (either qualitative field or qualitative literature) with a focus on studies of Religious, social sciences, history, economics, sociology, geography, anthropology, social gender, learning in social studies, culture, and Cultural Studies. Here are some scopes issues that can be illustrated in <strong>Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial dan Budaya</strong>. These scopes include Tradition or custom in Islamic society, Belief, and Ritual system in Islam, Islamic institution and organization, Quranic studies, Exegesis, Politics, Sufism, Ideas of Muslim scholars, Spanning the history, Philosophy, Islamic manuscripts, Islamic art, Social movements, ritual, and philanthropy.</p> <p align="justify">Editors invite scientists, scholars, researchers, and students to develop their scientific and publish the results of their research after the selection mechanism of the manuscript, review of peer reviewers, and editing process. This Scientific journal published twice a year, in the period of June and December. </p> <p align="justify">Before submitting, you have to make sure your paper is prepared using<strong> <a href="https://drive.google.com/drive/folders/1yNvY_X70puuo5D-yD5AjHUvr6JydY1yo">Manuscript Template</a> </strong>and conformed to the<strong><a href="http://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/adrsb/author-guidelines"> Author Guidelines.</a></strong></p> https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/adrsb/article/view/355 Pengaruh Literasi Keuangan dan Kemajuan Teknologi Informasi terhadap Minat Generasi Milenial di Kota Makassar Berinvestasi di Pasar Modal Syariah 2024-07-23T20:54:15+07:00 Futri Handayani putrijepot363@gmail.com Ayu Ruqayyah Yunus ayuruqayyah@uin-alauddin.ac.id Muslihati muslihatimucii@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, pengaruh kemajuan teknologi informasi serta untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan kemajuan teknologi informasi secara parsial terhadap minat generasi milenial di Kota Makassar berinvestasi di pasar modal syariah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode pendekatan kuantitatif yaitu dengan mengumpulkan dan mengelolah data yang berupa angka melalui analisis statistik dan menjelaskan secara menyeluruh sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti dengan menggunakan pendekatan asosiatif untuk mengetahui hubungan antara dua atau lebih variabel. Sampel dalam penelitian ini adalah generasi milenial yang tinggal di Kota Makassar sebanyak 383 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode <em>survey </em>dengan menggunakan penyebaran kuesioner berupa google form yang disebarluaskan kepada generasi milenial di Kota Makassar. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu literasi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat generasi milenial berinvestasi di pasar modal syariah dibuktikan dengan nilai signifikan lebih tinggi daripada tingkat kesalahan (0,303 &gt; 0,05), selain itu, nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (1,032 &lt; 1,996), sedangkan kemajuan teknologi informasi berpengaruh positif atau signifikan terhadap minat generasi milenial berinvestasi di pasar modal syariah dibuktikan dengan nilai tingkat signifikan lebih rendah daripada tingkat kesalahan (0,000 &gt; 1,996), serta literasi keuangan dan kemajuan teknologi informasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai F<sub>hitung </sub>(1409.647) &gt; F<sub>tabel </sub>(263) dengan signifikan 0,000 &lt; 0,05.</p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Futri Handayani, Ayu Ruqayyah Yunus, Muslihati https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/adrsb/article/view/356 Strategi Pemasaran Usaha Mikro dalam Perspektif Syariah (Studi pada Olahan Kepiting Desa Ampekale, Kabupaten Maros) 2024-07-23T20:52:04+07:00 Rismah rismah.rismahhh@gmail.com Sirajuddin sirajuddinroy@gmail.com Idris Parakkasi idris.parakkasi@uin-alauddin.ac.id <p>Keberhasilan perusahaan dalam memasarkan produk sangat tergantung pada kiat-kiat dan strategi pemasaran yang dilakukan karena dengan penerapan strategi pemasaraan yang tepat, maka perusahaan dapat menciptakan dan memelihara serta mengembangkan permintaan konsumen secara meyakinkan dan berkesinambungan. Sejalan dengan hal tersebut berdasarkan observasi awal, peneliti mendapatkan informasi bahwa usaha ini sudah berdiri sejak tahun 2011 sampai sekarang, namun dari hasil pengamatan peneliti usaha ini belum mengalami perkembangan yang cukup signifikan, padahal produk yang dipasarkan memiliki keunikan dibandingkan dengan produk sejenisnya. Hal ini menimbulkan suatu pertanyaan, kenapa usaha ini sulit untuk berkembang padahal usaha ini memiliki potensi yang besar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran pada usaha ini dan untuk mengetahui apakah bauran pemasaran (<em>marketing mix</em>) sudah terimplementasi berdasarkan perspektif syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada atau peristiwa yang terjadi saat ini, yang bersifat alamiah. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu data diperoleh secara langsung dengan data di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada usaha mikro olahan kepiting ini, sudah mampu memenuhi dan melaksanakan dengan baik strategi pemasaran pada 12 elemen marketing mix. Namun, usaha ini juga memiliki kendala yaitu dari segi pemasaran online yang belum cukup maksimal karena minimnya pengetahuan tentang memasarkan produk dengan melalui media sosial. Hal inilah yang menjadi penghambat pada perkembangan usaha ini.</p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Rismah, Sirajuddin, Idris Parakkasi