HMI dan Budaya Populer

Penulis

  • Faradina Universitas Muhammadiyah Sinjai

Kata Kunci:

HMI, Masyarakat, Budaya Populer, Media, NKRI

Abstrak

Artikel ini membahas tentang korelasi dan transformasi Organisasi HmI dan Budaya Nasionalyang terjadi di ruang lingkup organisasi dan di Indonesia, serta menjadikanya sebagai tolak ukur intelektual dalam memahami nilai-nilai kultural di era sekarang ini. Ketika berbicara tetang budaya populer berarti tidak terlepas dari tindakan masyarakat. Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang hidup secara bersama-sama di suatu wilayah dan membentuk sebuah sistem, baik semi terbuka maupun semi tertutup, dimana interaksi yang terjadi di dalamnya adalah antara individu-individu yang ada di kelompok tersebut.Budaya populer Mempresentasikan cara hidup yang dinikmati dan dimiliki oleh orang pada umumnya. Budaya dikatakan populer apabila selalu mengalami perkembangan artistik budaya iyu bersifat menarik dan komersil dan dapat diguanakan untuk mengekspresikan dan memahami masyarakat luas. Dalam proses budaya populer, media juga berperan menjalankan sebagai penyebar luasan tekhnologi informasi dan hiburan, juga sebagai institusi pencipta dan pengendali pasar komuditas dalam suatu lingkungan sosial kemasyarakatan. Tujun penelitian ini juga untuk dijadikan acuan mahasiswa sebagai kader HMI ketika melakukan pembahasan tentang wawasan nusantara dalam budaya nasional dan kebudayaan populer yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Referensi

Kbis. Pengertian Masyarakat: Ciri-Ciri, Unsur, dan Macam-Macam Masyarakat.

https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-masyarakat.html ( di akses 6 Februari 2021).

Parta Ibeng. 2020. Pengertian Sistem, Unsur, Elemen, Jenis, dan Menurut Para Ahli.

https://pendidikan.co.id/pengertian-sistem-unsur-elemen-jenis-dan-menurut-para-ahli/ ( di akses 6 Februari 2021).

Zakky. 2020. Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap].

https://www.zonareferensi.com/pengertian-kebudayaan/ (di akses 6 Februari 202).

Makmur, Z., Arsyam, M., & Alwi, A. M. S. (2020). Strategi Komunikasi Pembelajaran Di Rumah Dalam Lingkungan Keluarga Masa Pandemi. KOMUNIDA: Media Komunikasi dan Dakwah, 10(02), 231-241.

Makmur, Z., Arsyam, M., & Delukman, D. (2021). The Final Destination's uncomfortable vision to the environmental ethics. Journal of Advanced English Studies, 4(2), 76-82.

Nur Syam, Penelitian Etnografi Bidang Hukum Islam, http://nursyam.sunan-ampel.ac.id.diakses 27 September 2013.

Nur, A., & Makmur, Z. (2020). Implementasi Gagasan Keindonesiaan Himpunan Mahasiswa Islam; Mewujudkan Konsep Masyarakat Madani Indonesian Discourse Implementation of Islamic Student Association; Realizing Civil Society Concept. Jurnal Khitah, 1(1).

Nur, A. (2020). Paradigma Masyarakat dan Keredupan Masa Depan Pendidikan di Desa (Potret Pendidikan Masyarakat Desa Allamungeng Patue, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan).

Nur, A. (2020). Culture Reproduction in The Charles Dickens’ Novel “Great Expectations”(Pierre-Felix Bourdieu Theory). Center for Open Science. https://doi. org/10.31219/osf. io/r794p.

Nur, A. (2020). Mistisisme tradisi mappadendang di Desa Allamungeng Patue, Kabupaten Bone. Jurnal Khitah: Kajian Islam, Budaya dan Humaniora, 1(1), 1-16.

Paris, S., Jusmawati, J., Alam, S., Jumliadi, J., & Arsyam, M. (2021). UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD INPRES BANGKALA II KOTA MAKASSAR. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1).

Paul Atkinson & Martyn Hammersley, (1998). Etnography and Participant Observation, Strategies of Qualitative Inquiry ed. Norman K Denzin & Yvonna S. Lincoln, California:SAGE Publication, Inc.

Syam, M. T., Makmur, Z., & Nur, A. (2020). Social Distance Into Factual Information Distance about COVID-19 in Indonesia Whatsapp Groups. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 269-279

Syam, Nur, Penelitian Etnografi Bidang Hukum Islam, http://nursyam.sunan-ampel.ac.id.

Unduhan

Diterbitkan

2020-06-26

Cara Mengutip

Faradina. (2020). HMI dan Budaya Populer. As-Shaff: Jurnal Manajemen Dan Dakwah, 1(1), 35–42. Diambil dari http://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/asjmd/article/view/76