Transaksi Jual Beli Online dalam Perspektif Islam (Studi Kasus MH Whitening Skin)

Authors

  • Fadillah adella Ainiyyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Wildana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v2i2.35

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan transaksi jual beli online yang diterapkan oleh MH whitening skin sudah sesuai dengan prespektif islam. Metode yang digunakan dalam penelitan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus deskriptif. Studi kasus adalah penelitian kualitatif yang berusaha menemukan makna, menyelidiki proses dan memperoleh wawasan dan pemahaman yang mendalam tentang individu, kelompok, atau situasi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara informan dalam penelitian ini adalah agen MH whitening skin. Selain itu, wawancara juga dilakukan dengan beberapa konsumen. Hasil dari penelitian ini adalah jual beli online berdasarkan prespektif islam yang dilakukan oleh MH whitening skin terhadap agen atau reseller tidak mempengaruhi beberapa agen MH whitening skin untuk melakukan hal tersebut. Namun MH whitening skin sudah menerapkan transaksi jual beli online sesuai dengan syariat islam dan membuahkan hasil berupa kesenangan konsumen, sehingga konsumen yang pernah bertransaksi di MH whitening skin merasa nyaman, puas dan loyalitas timbul dalam transaksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Zurohman, and Eka Rahayu. 2019. “Jual Beli Online Dalam Perspektif Islam.” Iqtishodiyah : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 5(1):21–32. doi: 10.36835/iqtishodiyah.v5i1.87.

Arfat, IRMAWATI. 2021. “Transaksi Jual Beli Online Perspektif Hukum Islam.” AL-SYAKHSHIYYAH Jurnal Hukum Keluarga Islam Dan Kemanusiaan 3(1):78–90.

Asnawi, Habib Shulton. 2020. “Khozana: Journal of Islamic Economic and Banking.” KHOZANA: Journal of Islamic Economic and Banking 3(2):1–19.

Baidowi, Aris. 2010. “Etika Bisnis Islam Dalam Perspektif Islam.” Hukum Islam 9(1412–3851):239–50.

Diah Syifaul A’yuni, Akhmad Sobrun Jamil, Khitnah Ummul Qori’ah. 2018. “Konsep Jual Beli Online Menurut Perspektif Hukum Islam.” AL-‘ADALAH: Jurnal Syariah Dan Hukum Islam 3(1):36–44.

Estijayandono, Kristianto Dwi. 2019. “Etika Bisnis Jual Beli Online Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 3(1):53–68. doi: 10.26618/j-hes.v3i1.2125.

Fitria, Tira Nur. 2017. “Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) Dalam Hukum Islam Dan Hukum Negara.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 3(01):52. doi: 10.29040/jiei.v3i01.99.

Jennings, Connor Patrick, Sarah Genevieve Aldinger, Fredrick Naminde Kangu, Connor Patrick Jennings, Jenny Marlindawani Purba, and Mohammed Naif Alotaibi. 2015. “KERIDHAAN (ANTARADHIN) DALAM JUAL BELI ONLINE (Studi Kasus UD. KUNTAJAYA Kabupaten Gresik)1) Ahliwan.” 3(7):59–78.

Juliyani, Erly. 2016. “63 Etika Bisnis Dalam Persepektif Islam.” Jurnal Ummul Qura VII(1):63–74.

Khisom, Muhammad. 2019. “Akad Jual Beli Online Dalam Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Positif.” Turatsuna 21(1):59–67.

Lestanti, Yuli, Hukum Ekonomi Syariah, and Fakultas Syariah. 2019. “Transaksi Layanan Koin Game Goyang Shopee Pada Jual Beli Online Dalam Perspektif Hukum Islam.” Jurnal Al-Hakim: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Studi Syariah, Hukum Dan Filantropi Vol 1. No.

Muhammad Deni Putra. 2019. “Jual Beli Online Berbasis Media Sosial Dalam Prespektif Ekonomi Islam.” Iltizam Journal Of Shariah Economic Research 3(2):57–80.

Mujiatun, Siti. 2013. “Jual Beli Dalam Perspektif Islam : Salam Dan Istisna’.” Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis 13(September):202–16.

Napitupulu, Rodame Monitorir. 2015. “Pandangan Islam Terhadap Jual Beli Online Rodame Monitorir Napitupulu Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan.” Pandangan Islam Terhadap Jual Beli Online Rodame Monitorir Napitupulu Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan 1(2):1–19.

Nur, A. (2021). Fundamentalisme, Radikalisme dan Gerakan Islam di Indonesia: Kajian Kritis Pemikiran Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 28-36.

Nur, A. (2021, December). GHAZWUL FIKR AND CAPITALISM SPECTRUM: ISLAMIC STUDENTS ON OLIGARCHY SHADES. In Proceedings of the International Conference on Social and Islamic Studies (SIS) 2021.

Nuriasari, Selvia. 2014. “Bisnis Online Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syari’ah 2(1):23–26.

Nur, A., & Makmur, Z. (2020). Implementasi Gagasan Keindonesiaan Himpunan Mahasiswa Islam; Mewujudkan Konsep Masyarakat Madani Indonesian Discourse Implementation of Islamic Student Association; Realizing Civil Society Concept. Jurnal Khitah, 1(1).

Pujiyanti, Siti Dwi, and Anis Wahdi. 2020. “Transaksi Bisnis Online Dalam Perspektif Islam.” SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam 2(2):91–102. doi: 10.36407/serambi.v2i2.173.

Salim, Munir. 2017. “Jual Beli Secara Online Menurut Pandangan Hukum Islam.” Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan 6(2):371–86. doi: 10.24252/ad.v6i2.4890.

Syam, M. T., Makmur, Z., & Nur, A. (2020). Social Distance Into Factual Information Distance about COVID-19 in Indonesia Whatsapp Groups. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 269-279.

Syaifullah, Syaifullah. 2014. “Etika Jual Beli Dalam Islam.” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 11(2):371. doi: 10.24239/jsi.v11i2.361.371-387.

Published

2021-12-20

How to Cite

Ainiyyah, F. adella, & Wildana. (2021). Transaksi Jual Beli Online dalam Perspektif Islam (Studi Kasus MH Whitening Skin). Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.55623/au.v2i2.35
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v2i2.35