Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perubahan Sosial dalam Pendidikan

Penulis

  • Resky Amalia Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.55623/ad.v3i1.111

Kata Kunci:

the covid-19 pandemic, social change, education

Abstrak

This study aims to determine whether the Covid-19 pandemic has an impact on social changes in education, with the methods used, namely qualitative methods and types of field research, the research location was conducted at Halu Oleo University on January 25 - February 5, 2021. used in qualitative research is observation, interviews, while the data analysis used in this study is data analysis conclusion / verification.

Referensi

Kasim, M. Y., & Haddade, H. (2022). Understanding Text and Context for Productive Reading: an Analysis of Abu Zaid’s Hermeneutics of the Qur’an. ADDIN, 15(2), 153-196.

Matdio. Siahaan. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Edisi Khusus No. 1 (Juli 2020), Halaman: 1 – 3

Nabila Hilmy Zhafira SM.,MBA, Yenny Ertika SE.,M.Si dan Chairiyaton SE.,M.Si. (2020). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERKULIAHAN DARING SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN SELAMA MASA KARANTINA COVID-19. Volume 4Nomor 1, 2020.

Muhamad Rifki Ainul Adha*, Eko Murdiyanto, Siti Hamidah. (2019). PERUBAHAN INTERAKSI MASYARAKATMELALUI KONTAK SOSIAL DAN KOMUNIKASI SOSIALDI DESA WISATA SINGOSAREN WUKIRSARIKECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL. Vol.20 No.2, Desember2019: 160-172ISSN 1411-593X (print)160

Ayu Kurniawati, K. R., Santosa, F. H., & Bahri, S. (2020). Sosialisasi Hidup Sehat di Tengah Wabah Virus Corona. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter https://doi.org/10.36765/jpmb.v3i1.225

Soekanto, S. (2012). Sosiologi : Suatu Pengantar. Jakarta: Yayasan Penerbit Universitas Indonesia.Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Jariah, A., Bakar, A. A., & Haddade, H. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Qashas Al-Qur’an (Studi Sintesis Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an). Action Research Literate, 6(1), 1-13.

Haddade, H. (2017). Air Perspektif Al-Qur’an Dan Sains. Tafsere, 5(1).

Haddade, H. (2020). Dimensi profetik nabi muhammad saw. dalam berdakwah (analisis terhadap QS. Al-ahzab/33: 45-46). Tafsere, 8(1).

Madjid, Nurcholish, Islam, Kemodernan dan Keindonesiaan, Bandung, Mizan Pustaka, 2013

Madjid, Nurcholish, Islam Doktrin dan Peradaban; Sebuah Telaah Kritis Tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemoderenan, Jakarta, Paramadina, 1992

Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam, Hasil-Hasil Kongres XXVIII Himpunan Mahasiswa Islam, Tema: HMI untuk Indonesia Satu Tak Terbagi, Jakarta, PB HMI, 2013

Rahardjo, Dawam, Ensiklopedi Al-Qur’an; Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep Konsep Kunci, Jakarta, Paramadina, 1996

Rachman,Budi-Munawar,Ensiklopedi Nurcholish Madjid Pemikiran Islam di Kanvas Peradaban, Jakarta, Mizan, 2006

Syarifuddin, U. H., Munir, M., & Haddade, H. (2021). Implementasi Literasi Al-Qur’an dalam Pembinaan Karakter Religiusitas Peserta Didik pada SMA/SMK di Kabupaten Sidenreng Rappang. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(01), 30-43.

Syam, M. T., Makmur, Z., & Nur, A. (2020). Social Distance Into Factual Information Distance about COVID-19 in Indonesia Whatsapp Groups. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 269-279.

Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Amanah, Jakarta, Pustaka Kartini, 1992

Tarigan, Azhari Akmal, Islam Mazhab HMI; Tafsir Tema Besar Nilai Dasar Perjuangan (NDP), Medan, Kultura, 2007

Nur, A. (2022). Kapitalisme Pendidikan dan Reinventing Paradigma Pendidikan Indonesia: Sebuah Tinjauan Antropologi Pendidikan. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam. http://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi/article/view/94

Nur, A., & Abdullah, M. S. (2022). Barru Literacy Community as the Alternative Literacy Movement: A Study on Cultivating Reading Literacy toward Society in Barru Regency, South Sulawesi Province. Salus Cultura: Jurnal Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, 2(1), 11–25. https://doi.org/10.55480/saluscultura.v2i1.41

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-27

Cara Mengutip

Resky Amalia. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perubahan Sosial dalam Pendidikan. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, 3(1), 80–90. https://doi.org/10.55623/ad.v3i1.111
icon-doi : https://doi.org/10.55623/ad.v3i1.111