Implementasi Pendidikan Gender dalam Kartun “Ejen Ali The Movie”

Penulis

  • Mauliya Nandra Arif Fani IAIN Purwokerto, Jalan Ahmad Yani No. 40A Purwokerto, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.55623/ad.v3i2.137

Kata Kunci:

Pendidikan, Gender, Kartun, Ejen Ali

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan nilai-nilai pendidikan gender yang diajarkan dalam kartun “Ejen Ali the Movie”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Nilai-nilai yang terkandung di dalam kartun tersebut relevan dalam kajian pendidikan gender karena dalam ceritanya mengkisahkan perjuangan dan kesetaraan gender yang diperankan oleh ibu dari tokoh utama, Ali. Dalam hal pendidikan gender, pendidikan dan hal-hal yang disukai anak memiliki peran penting untuk membimbing dan mengarahkan sehingga berpengaruh terhadap pola pikir anak. Karena di masa modern ini, gender bukan lagi hal yang tabu, melainkan hak yang harus diperjuangkan tanpa menyimpang dari nilai-nilai hukum alam. Oleh karena itu, tontonan dan yang menjadi tuntunan anak haruslah memberikan fondasi dasar dalam pendidikan perjuangan dan kesetaraan gender.

Referensi

Al Musanna, “Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 2 No. 1 (2017): hal. 121. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.529

Arbain, Janu. “Pemikiran Gender Menurut Para Ahli: Telaah atas Pemikiran Amina Wadud Muhsin, Asghar Ali Engineer, dan Mansour Fakih,” Jurnal Sawwa Vol. 11 No. 1 (2015): hal. 76-80. DOI: https://doi.org/10.21580/sa.v11i1.1447

Azmi, Zul dkk., “Memahami Penelitian Kualitatif Dalam Akuntansi,” Jurnal Ilmu Akuntansi Vol. 11 No. 1 (2018): hal. 159 – 168. DOI: https://doi.org/10.15408/akt.v11i1.6338

Efendy, Rustan. “Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan,” Jurnal Al-Maiyyah Vol. 07 No. 2 (2014): hal. 142.

Hantono, Dedi & Diananta Pramitasari, “Aspek Perilaku Manusia Sebagai Makhluk Individu Dan Sosial Pada Ruang Terbuka Publik”, Jurnal Nature Vol. 5 No. 2 (2018): hal. 86. DOI: https://doi.org/10.24252/nature.v5i2a1

Israpil, “Budaya Patriarki dan Kekerasan Terhadap Perempuan (Sejarah dan Perkembangannya),” Jurnal Pusaka Vol. 5 No. 2 (2017): hal. 142. DOI: https://doi.org/10.31969/pusaka.v5i2.176

Lembaga Kajian dan Pemberdayaan Mahasiswa IAIN Purwokerto. 2018. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr. Vol. 7. No. 2. Purwokerto: Lembaga Kajian dan Pemberdayaan Mahasiswa IAIN Purwokerto.

Narmoatmojo, Winarno “Pemikiran Aristoteles tentang Kewarganegaraan dan Konstitusi,” Jurnal Ketahanan Nasional XVIII (3) (2012): hal. 26-27.

Naro, Wahyuddin, “Artikulasi Kesetaraan Jender Dalam Pendidikan (Persfektif Islam),” Jurnal Diskursus Islam Vol. 3 No. 2 (2015): hal. 313.

Nurhasanah, “Eksistensi Perempuan di Era Demokrasi Perspektif Al-Qur'an dan Hadits,” An-Nida’ Vol. 38 No. 2 (2013): hal. 103.

Nurkholis, “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi,” Jurnal Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2013): hal. 25.Roqib & Nurfuadi. 2020. Kepribadian Guru, Yogyakarta: Cinta Buku DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Putry, Raihan. “Manifestasi Kesetaraan Gender Di Perguruan Tinggi,” Jurnal Edukasi Vol. 2 No. 2 (2016): hal. 167. DOI: https://doi.org/10.22373/je.v2i2.814

Rasyid, Idris. “Konsep Pendidikan Ibnu Sina tentang Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Metode Pembelajaran, dan Guru,” EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan 18 (1), 2019: hal. 2. DOI: https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.368

Ratnawati, Dewi dkk., “Kesetaraan Gender tentang Pendidikan Laki-Laki dan Perempuan,” Jurnal Harkat: Media Komunikasi Gender 15 (1) (2019): hal. 12. DOI: https://doi.org/10.15408/harkat.v15i1.10399

Rusydiyah, Evi Fatimatur. “Pendidikan Islam Dan Kesetaraan Gender (Konsepsi Sosial tentang Keadilan Berpendidikan dalam Keluarga),” Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 4 No. 1 (2016): hal. 22 DOI: https://doi.org/10.15642/jpai.2016.4.1.19-41

Sumar, Warni Tune, “Implementasi Kesetaraan Gender Dalam Bidang Pendidikan,” Musawa Vol. 7 No.1 (2015): hal. 159.

Syafaruddin, dkk. 2012. Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Kebijakan Baru dalam Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Utomo, Susilo Setyo dan Uni Ekowati, “Pendidkan Responsif Gender Bagi Anak Usia Dini,” Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Vol. 3 No. 1 (2019): hal. 41-50. DOI: https://doi.org/10.20961/habitus.v3i2.35716

Kartun “Ejen Ali the Movie”

https://www.kerisdigital.com/2020/03/6-fakta-ibu-ali-ejen-aliya-ejen-ali.html# diakses pada 19 Desember 2020).

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-01

Cara Mengutip

Fani, M. N. A. (2023). Implementasi Pendidikan Gender dalam Kartun “Ejen Ali The Movie”. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, 3(2), 99–116. https://doi.org/10.55623/ad.v3i2.137
icon-doi : https://doi.org/10.55623/ad.v3i2.137