Terkaman Konsumsi Gadget sebagai Produk Globalisasi Melawan Degradasi Kebudayaan Nasional

Penulis

  • Aisyah Syamsuddin HMI Cabang Makassar Timur, Universitas Hasanuddin, Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55623/ad.v2i2.80

Kata Kunci:

globalization, gadget, social media, culture, national culture

Abstrak

This study aims to discuss the culture and culture that are beginning to be eroded by gadgets as a product of the current development of globalization. The deterioration of culture is caused by addiction to the use of gadgets which at present, and has evolved into a very interesting item, one interesting thing is social media, the habit has developed into one of the phenomena that is continuously carried out all the time which has now become a habit. The method in this research is Systematic Literature Reviews (SLR), which is a synthesis of systematic, clear, comprehensive literature studies by identifying, analyzing, evaluating through collecting existing data with a search method that involves a critical review process in selecting. studies. In this study, the researchers conducted data searches through websites, journal portals and some data from books. The result of this research is the occurrence of a moral crisis due to the impact of globalization. One of the developments in the flow of globalization towards culture is that there is westernization or a westernized culture which is the cause of moral crisis and eroding local culture.

Referensi

Aini, N. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi Dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pada Youtube Channel ‘ Gadget In ’ Terhadap Keputusan Pembelian Gadget. Jurnal Scriptura. 9(2), 43–50.

Arkeowisata_ Mengembangkan Daya Tarik Pelestarian Warisan Budaya oleh Roby Ardiwidjaja - Buku di Google Play. (n.d.).

Asnaniar. (2018). Tradisi Mappatabe’ Dalam Masyarakat Bugis di Kecamatan Kajura Kabupaten Bone. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makkassar

Audina PM. (2019) Norma-Norma Dalam Masyarakat. Jurnal Kewarganegaraan, 2(1), 1–5.

Cahyono, AS. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal ilmu sosial & ilmu politik diterbitkan. 9(1), 140–57.

Hartinah, S. (2019). Gambaran Tingkat Gejala Kecanduan Media Sosial Pada Mahasiwa Keperawatan Universitas Padjadjaran. Jurnal Keperawatan BSI. 7(1), 123–33.

Irfan, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Medsos) Secara Positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Publikasi Pendidikan. 9(3), 262-272

Khairat, M. (2018). Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi Islam 9(2), 130–39.

Laclau, E. (2008). Hegemoni dan Strategi Sosialis. Yogyakarta: Resist Book

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. Jurnal Kopasta, 5(2), 55–64.

Mas’ud, H. (2017). Standar Fisik Ideal Dalam Perspektif Budaya Dan Kesehatan (Kasus: Obesitas Pada Etnis Bugis). Media Kesehatan, 12(1) ,25–33.

Mubah, A. S. (2011). Strategi Meningkatkan Daya Tahan Budaya Lokal dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Jurnal Unair, 24(4), 302–308. https://doi.org/10.1159/000322138

Mukramin. S. (2018). Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Sosial Anak di Kota Makassar. 6(2), 86-94

Nahak, H. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara. 5(1), 65–76.

Nirman, I. (2020). Peran Ultim Kader HMI Dalam Menekan Penyebaran Covid-19 ; Studi Alternatif Kebijakan Publik. Jurnal Khitah. 1(1), 1-13

Novitasari, W. (2016). Dampak Pengaruh Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Teratai. 5(3), 182-186

Nurjanah, S. (2016). Mengangkat nilai budaya sebagai pendidikan karakter yang bermutu untuk mahasiswa indonesia. Jurnal Pendidikan. 2(4), 157–162.

Palar, MR. (2018) Indonesian System of Geographical Indications to Protect Genetic Resources, Traditional Knowledge and Traditional Cultural Expressions. Journal of Intellectual Property Rights 23(4–5), 174–93.

Permata, E.G. (2019). Analisis Perilaku Penggunaan Smartphone (Gadget) Terhadap Peningkatan Prestasi Akademik Mahasiswa Sains dan Tekhnologi. Media Ilmiah Teknik Industri 17(2), 132–38.

Rahman, MA. (2019). Nilai, Norma Dan Keyakinan Remaja Dalam Menyebarkan Informasi Sehari-Hari Di Media Sosial Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. 4(1), 68–83.

Ronaningreom, E. (2017). Perubahan sosial dan budaya akibat media instagram bagi kalangan mahasiswa di kota padang. Jurnal Andalas. 1(1),1-14

Astuti, A.P., dan Rps, A.N. 2018. Teknologi Komunikasi Dan Perilaku Remaja. Jurnal Analisa Sosiologi. 3(1).

Arni, N., & Nur, A. (2021). Resistensi Perempuan terhadap Kuasa di Balik Kasus Perampasan Ruang Hidup: Studi Ekofeminisme. Najwa: Jurnal Muslimah dan Studi Gender, 1(1), 60-72.

Aziz, M. Imam (ed). 2001. Galaksi Simulacra: Esai-Esai Jean Baudrillard. Yogyakarta: LKiS.

Baudrillard, Jean. 1988. The Ecstasy of Communication (Terjemahan Jimmy Firdaus). Yogyakarta: Kreasi Wacana

Herima, H. B. (2018). Hiperrealitas Pengguna Instagram di Lingkungan Fisip Universitas Maritim Raja Ali Haji. Hiperrealitas Pengguna Instagram.

Holmes, D. 2012. Teori Komunikasi. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Maryani dan Ahmadi. 2010. Komunikasi Virtual: Teori dan Praktek. Bandung: Ihsan Press.

Nurhadi, Zikri Fachrul. 2017. Teori Komunikasi Kontemporer. Jakarta: Prenada Media Group. Yogyakarta: Lembaga Kajian Islam dan Sosial.

Piliang, Yasraf Amir. 1999. Hiper-realitas Kebudayaan.

Qashmal, Zaim. 2015. Hubungan Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Pembentukan Citra Diri. Bandung: Perpustakaan Universitas Islam Bandung

Baudrillard, Jean. 1983. Simulations. Translated by Paul Foss, Paul Paton, and Philip Beitchman. Printed in tech United States of America

Castells, M. 2004. The Network Society A Cross cultural Perspective. Cheltenham, Uk Northampton, MA, USA : Edward Elgar Publishing, Inc.

Fauziah, Yuliani Resti. Konsep Diri Remaja Pengguna Aplikasi Tik Tok Di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Komputer Indonesia.

Gatot Haryono, Cosmas. Kepalsuan Hidup Dalam Hiperrealitas Iklan (The Falsehood of Life in Advertising Hyperreality). Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia

Harnina Ridwan, Masrul, Juhaepa. 2018. Komunikasi Digital Pada Perubahan Budaya Masyarakat E-Commerce Dalam Pendekatan Jean Baudrillard. Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Halu Oleo, Kendari

Herlinda Fitria. Hiperrealitas Dalam Social Media (Studi Kasus: Makan Cantik Di Senopati Pada Masyarakat. Sosiologi Universitas Indonesia

Kushendrawati, Selu Margaretha. 2006. Hiperrealitas Dalam Media Massa: Suatu Kajian Filsafat Jean Baudrillard. Disertasi tidak diterbitkan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia

Manovich, Lev. 2001. The Language of New Media. Cambridge, MA: The MIT Press.

Mulawarman & Aldila Dyas Nurfitri. 2017. Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi

Nasrullah, R. 2016. Media sosial (perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi). Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Nur, A. (2021). Fundamentalisme, Radikalisme dan Gerakan Islam di Indonesia: Kajian Kritis Pemikiran Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 28-36.

Nur, A. (2020). Sastra Populer dan Kekalahan Diskursus Kemasyarakatan.

Nur, A. (2020). Mistisisme tradisi mappadendang di Desa Allamungeng Patue, Kabupaten Bone. Jurnal Khitah: Kajian Islam, Budaya dan Humaniora, 1(1), 1-16.

Peristiwati, Maria. Hiperealitas Online Shop Dan Tindakan Konsumtif Melalui Jejaring Sosial Online (Studi Aktivitas Belanja Online Mahasiswi Melalui Facebook). Journal

Piliang, Yasraf. 2003. Hipersemiotika Tafsir Cultural Studie Atas Matinya Makna. Yogyakarta : Jalasutra

Przybylski, dkk. 2013. Motivational, emotional, and behavioral corelates offear offmising out. Computers in human behavior, 1841-1848

Trisilowaty, Dessy. Eksistensi Dan Identitas Di Media Baru. Jurnal Komunikasi Universitas Trunojoyo Madura DOI:http://dx.doi.org/10.21107/ilkom.v11i1.2837

Wahyudi, Hendro Setya dan Mita Puspita Sukmasari. 2018. Teknologi dan Kehidupan masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1) DOI:https://doi.org/10.20961/jas/v3i1.17444

Yanti Dwi Astuti. Dari Simulasi Realitas Sosial Hingga Hiper-Realitas Visual:Tinjauan Komunikasi Virtual Melalui Sosial Media Di Cyberspace. Jurnal Ilmu Komunikasi Uin Sunan Kalijaga

Yusuf, Ahmad. (2018). Hiperealitas Simulakra Media Sosial Studi Pada Mahasiswa KPI IAIN Purwokerto Pengguna Instagram . Purwokerto; Skripsi

Nur, A. (2020). Paradigma Masyarakat dan Keredupan Masa Depan Pendidikan di Desa (Potret Pendidikan Masyarakat Desa Allamungeng Patue, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan).

Nur, A. (2021). Fundamentalisme, Radikalisme dan Gerakan Islam di Indonesia: Kajian Kritis Pemikiran Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 28-36.

Hanapi, S. R. R., & Nur, A. (2020). Budaya Konsumerisme dan Kehidupan Modern; Menelaah Gaya Hidup Kader Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Gowa Raya. Jurnal Khitah: Kajian Islam, Budaya dan Humaniora, 1(1), 42-49.

Makmur, Z., Arsyam, M., & Alwi, A. M. S. (2020). Strategi Komunikasi Pembelajaran Di Rumah Dalam Lingkungan Keluarga Masa Pandemi. KOMUNIDA: Media Komunikasi dan Dakwah, 10(02), 231-241.

Makmur, Z., Arsyam, M., & Delukman, D. (2021). The Final Destination's uncomfortable vision to the environmental ethics. Journal of Advanced English Studies, 4(2), 76-82.

Nur, A. (2020). Interelasi Masyarakat Adat Kajang dan Pola Kehidupan Modern.

Nur, A. (2021). The Culture Reproduction In the Charles Dickens’ Novel “Great Expectations” (Pierre-Felix Bourdieu Theory). International Journal of Cultural and Art Studies, 5(1), 10-20. https://doi.org/10.32734/ijcas.v5i1.4866

Nur, A. (2021, December). GHAZWUL FIKR AND CAPITALISM SPECTRUM: ISLAMIC STUDENTS ON OLIGARCHY SHADES. In Proceedings of the International Conference on Social and Islamic Studies (SIS) 2021.

Nur, A. (2020). Mistisisme tradisi mappadendang di Desa Allamungeng Patue, Kabupaten Bone. Jurnal Khitah: Kajian Islam, Budaya dan Humaniora, 1(1), 1-16.

Nur, A., & Makmur, Z. (2020). Implementasi Gagasan Keindonesiaan Himpunan Mahasiswa Islam; Mewujudkan Konsep Masyarakat Madani Indonesian Discourse Implementation of Islamic Student Association; Realizing Civil Society Concept. Jurnal Khitah, 1(1).

Syam, M. T., Makmur, Z., & Nur, A. (2020). Social Distance Into Factual Information Distance about COVID-19 in Indonesia Whatsapp Groups. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 269-279

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Budaya. Jurnal Simbolika: Research And Learning In Communication Study. 4(1), 62-70

Simarmata, M. (2017). Peranan E-Government Dan Media Sosial Untuk Mewujudkan Budaya Transparansi Dan Pemberantasan Korupsi.. Jurnal Integritas 3(2), 203–29

Siregar, S. M., & Nadiroh. (2016). Peran Keluarga Dalam Menerapkan Nilai Budaya Suku Sasak Dalam Memelihara Lingkungan. JGG- Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 5(2), 30–42.

Siswati, E. (2018). Anatomi Teori Hegemoni Antonio Gramsci. Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media. 5(1), 11–33.

Widiastuti. (2013). Analisis SWOT Keragaman Budaya Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya, 1(1), 9

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-27

Cara Mengutip

Aisyah Syamsuddin. (2021). Terkaman Konsumsi Gadget sebagai Produk Globalisasi Melawan Degradasi Kebudayaan Nasional. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, 2(2), 16–33. https://doi.org/10.55623/ad.v2i2.80
icon-doi : https://doi.org/10.55623/ad.v2i2.80