Penerapan Nilai Dasar Perjuangan HMI dan Tantangan dalam Upaya Menghadapi Era 5.0

Authors

  • Qoumar Nur Parandangi Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v3i2.124

Abstract

Saat ini pendidikan di Indonesia memasuki era 4.0 trend pendidikan di Indonesia saat ini yaitu online learning yang menggunakan internet sebagai penghubung antara pengajar dan murid. Perkembangan teknologi rupanya menjadi pelung bisnis di bidang pendidikan dengan mendirikan bimber berbasis online. Selain itu perkembangan teknologi juga mengubah tatanan pendidikan di Indonesia sebagai contohnya sejak tahun 2013 sistem ujian nasional berubah dari paper based test menjadi online based tase,system penerimaan peseta didik baru dari tingkat SD smpai dengan tingkat universitas di Indonesia sudah dilakukan secara online baik dari pendaftaran sampai dengan pengumuman penerimaaan. Maka dari itu  menggunakan kacamata NDP sebagai salah satu risalah ilmiah yang terdapat didalamnya uraian terkait apa yang coba disampaikan dalam tulisan ini. Penulis memahami bahwa peran NDP dalam pendidikan begitu besar dalam perwujudan tatanan masyarakat yang mengantarkan pada suatu bentuk kehidupan manusia yang sejahtera. Masalah kesejahteraan termasuk problematika kemanusiaan yang dimana dengan memakai kacamata NDP, problematika keagamaan saat ini sangat pincang yang dimana yang terlestarikan hanya pergerdilan potensi-potensi masyarakat sehingga sangat jauh dari kata kesejahteraan itu sendiri. Lebih jauh lagi, hubungan antar umat beragama diharapkan pada kerja sama yang nyata dalam kehidupan seharihari, semua agama beragenda sama untuk melawan musuh bersama, musuh dari kemanusiaan yaitu ketidakadilan sosial, kemiskinan, kebodohan, pelanggaran hak asasi manusia dan kepatuhan kepada tirani yang jauh dari kesadaran akan Ketuhanan Yang Maha Esa. Semua agama punya tanggung jawab terhadap kerja nyata ini supaya dapat terwujud secara maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, A. W. N., Yamin, N., & Samsudin, M. (2021). UPAYA MENGURANGI KECEMASAN KOMUNIKASI PADA MAHASISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN SEMINAR TESIS. In Profetika: Jurnal Studi Islam (Vol. 22, Issue 2, pp. 331–336). Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://doi.org/10.23917/profetika.v22i2.16698

Albaar, M. L., Haddade, H., & Damis, R. (2022). Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Tafsir Maudhu’i. Jurnal Ilmiah Wahana …. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/1801

Annur, B. (2014). Perkembangan Pemikiran Islam Di Prancis. Jurnal Adabiyah. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/360

Ayubi, S. Al, & Islami, W. N. (2020). Aktualisasi Profil Guru Nahdlatul Ulama Inspiratif dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. In Syaikhuna: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam (Vol. 11, Issue 1, pp. 48–63). Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Wilayah IV Surabaya. https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v11i1.3841

Barsihannor, B. (2011). Abdurrahman Wahid (Telaah Atas Ide Neo-Modernisme). Jurnal Adabiyah. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/1727

Ginda, G., & Yani, F. (2021). UPAYA UMKM DALAM MENGHADAPI COVID-19. In Masyarakat Madani: Jurnal Kajian Islam dan Pengembangan Masyarakat (Vol. 6, Issue 1, p. 24). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. https://doi.org/10.24014/jmm.v6i1.13721

Haddade, H. (2021). Strategi Pemberdayaan Madrasah Berbasis Masyarakat. repositori.uin-alauddin.ac.id. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/21421/1/Hasyim Haddade.pdf

Hanapi, S. R. R., & Nur, A. (2020). Budaya Konsumerisme dan Kehidupan Modern; Menelaah Gaya Hidup Kader Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Gowa Raya. In Jurnal Khitah: Kajian Islam, Budaya dan Humaniora.

Indah, A. N., Niah, I., & Rijal, M. K. (2018). Tantangan dan Solusi bagi Madrasah dan Pesantren dalam Menghadapi Era Globalisasi. In Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 5, Issue 1, pp. 7–13). IAIN Samarinda. https://doi.org/10.21093/twt.v5i1.2214

Khalim, A. D. N. (2020). URGENSI MATERI PEMBELAJARAN AKHLAK K.H. HASYIM ASY’ARI DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PEMBELAJARAN ABAD 21. In SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme (Vol. 2, Issue 2, pp. 68–81). Omah Jurnal Sunan Giri, INSURI Ponorogo. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v2i02.463

Lahagu, A. (2021). Teologi Pastoral dalam Menghadapi Tantangan Kepemimpinan Kristen di Era Post-Modern: Tinjauan Yesaya 40:11. Center for Open Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/dvmr5

Mansir, F., Kian, L., Abas, S., & Sa’adi, M. (2022). Tantangan Anak di Indonesia Dalam Menghadapi Era Global. In Kamaya: Jurnal Ilmu Agama (Vol. 5, Issue 2, pp. 66–78). Jayapangus Press. https://doi.org/10.37329/kamaya.v5i2.1695

Munir, M., Jafar, U., & Barsihannor, B. (2020). MUHAMMADIYAH: CONTESTING IDEOLOGIES BETWEEN PROGRESSIVE ISLAM AND TRADITIONAL. JICSA (Journal of …. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/jicsa/article/view/18653

Nur, A, & Makmur, Z. (2020). Implementasi Gagasan Keindonesiaan Himpunan Mahasiswa Islam; Mewujudkan Konsep Masyarakat Madani Indonesian Discourse Implementation of …. In Jurnal Khitah. https://core.ac.uk/download/pdf/355146566.pdf

Nur, Askar. (2021a). Bangku depan: Kumpulan Suara Terbungkam di Ruang Kuliah (Z. Makmur (ed.)). Liyan Pustaka Ide. https://books.google.co.id/books?id=5kktEAAAQBAJ&source=gbs_navlinks_s

Nur, Askar. (2021b). Fundamentalisme, Radikalisme dan Gerakan Islam di Indonesia: Kajian Kritis Pemikiran Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 28–36. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.16

Purnomo, A. (2021). Tantangan dan Strategi Gereja Menjalankan Misi Allah dalam Menghadapi Penerapan Industri 4.0 di Indonesia. Center for Open Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/ut8vs

Putra, R. A. (2019). Tantangan Media Massa Dalam Menghadapi Era Disrupsi Teknologi Informasi. In JUSIFO (Vol. 5, Issue 1, pp. 1–6). State Islamic University of Raden Fatah Palembang. https://doi.org/10.19109/jusifo.v5i1.5003

Rifah, M., Abubakar, A., & Haddade, H. (2022). Analisis Nilai-Nilai Karakter yang Terkandung Dalam Proses Kodifikasi Al-Qur’an. Intiqad: Jurnal Agama Dan …. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/intiqad/article/view/8319

Sakti, B. P. (2021). Upaya Peningkatan Guru Profesional Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Globalisasi. Center for Open Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/ps5hg

Tambunan, R. T., & Nasution, M. I. P. (2022). Tantangan dan Strategi Perbankan Dalam Menghadapi Perkembangan Transformasi Digitalisasi di Era 4.0. In Sci-Tech Journal (Vol. 2, Issue 2, pp. 148–156). Masyarakat Ekonomi Syariah Bogor. https://doi.org/10.56709/stj.v2i2.75

Wahid, L. A., & Hamami, T. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan. In J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 8, Issue 1). Maulana Malik Ibrahim State Islamic University. https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.15222

Wekke, I. S. (2020). Himpunan Mahasiswa Islam, Contoh Sukses dan Sekaligus Kegagalan Politik Substantif. Center for Open Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/g76yn

Widyaningsih, N. W. (2020). An PENTINGNYA NEW JOB SKILLS DAN LIFE SKILLS BAGI ASN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN DI ERA NEW NORMAL. In Jurnal Kewidyaiswaraan (Vol. 5, Issue 2, pp. 62–75). Lembaga Administrasi Negara. https://doi.org/10.56971/jwi.v5i2.85

Published

2022-12-30

How to Cite

Parandangi, Q. N. (2022). Penerapan Nilai Dasar Perjuangan HMI dan Tantangan dalam Upaya Menghadapi Era 5.0. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 67–77. https://doi.org/10.55623/au.v3i2.124
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v3i2.124