Penerapan Pendidikan Multikultural di Indonesia
Siasat Mewujudkan Pendidikan Inklusif di Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v3i2.151Keywords:
pendidikan multikultural, analisis konten, pendidikan inklusif, pendidikan IslamAbstract
Pendidikan multikultural merupakan salah satu bentuk pendidikan yang mampu menciptakan konsep pendidikan yang terbuka untuk semua kalangan bukan saja dari segi penerimaan terhadap kebudayaan melainkan pula model dan desain pembelajaran yang berbasis pada latar belakang kebudayaan peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang menekankan pada aspek data yang berupa kata-kata dengan pendekatan studi pustaka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan artikel penelitian yang relevan dengan konsep dan topik penelitian, kemudian dikelompokkan dan dianalisis berdasarkan konsep analisis konten (content analysis) untuk setiap artikel hingga melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mewujudkan konsep pendidikan inklusif dan demokratis di lembaga pendidikan Islam, maka diperlukan desain dan model pendidikan multikultural yang lebih menyentuh aspek pembelajaran berdasarkan latar belakang kebudayaan peserta didik sehingga mampu memahami pembelajaran secara utuh, mudah, dan menyeluruh.
Downloads
References
Abdiyah, L. (2021). Filsafat Pendidikan Islam: Pendidikan Multikultural. In Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 8, Issue 2, pp. 24–31). IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i2.1827
Afista, Y., Sumbulah, U., & Hawari, R. (2021). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM TRANSFORMASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI DI INDONESIA. In Journal Evaluasi (Vol. 5, Issue 1, p. 128). STAI Mahad Aly Al-Hikam Malang. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i1.602
Anan, A. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MEMBANGUN KERUKUNAN BERAGAMA PESERTA DIDIK. In PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Vol. 4, Issue 1, p. 1). Universitas Islam Malang. https://doi.org/10.33474/multikultural.v4i1.6702
Ansari, A. (2019). PENDIDIKAN ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL. In Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam (Vol. 17, Issue 1, p. 17). STIE Mahardika. https://doi.org/10.29062/arrisalah.v17i1.217
Aprilianto, A., & Arif, M. (2019). Pendidikan Islam dan Tantangan Multikultural: Tinjauan Filosofis. In Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 2, Issue 2). Institut Pesantren Kh. Abdul Chalim Pact Mojokerto. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i2.339
Aziz, A. (2020). MELACAK SIGNIFIKANSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL ISLAM DI INDONESIA. In Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam (Vol. 2, Issue 3, pp. 116–132). Institut PTIQ Jakarta. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i3.117
Bassar, A. S., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2021). Pendidikan Islam: Peluang dan Tantangan di Era Global dan Multikultural. In J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 8, Issue 1). Maulana Malik Ibrahim State Islamic University. https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.9577
Chasanah, U. (2020). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL BERBASIS TASAWUF (Kajian fenomenologis pada Senenan dan Selosoan di Pondok Pesantren Ngalah). In PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Vol. 4, Issue 2, p. 170). Universitas Islam Malang. https://doi.org/10.33474/multikultural.v4i2.7414
Halim, A., & Maskuri, M. (2021). KOMPETENSI MULTIKULTURAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. In PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Vol. 5, Issue 1, p. 120). Universitas Islam Malang. https://doi.org/10.33474/multikultural.v5i1.10322
Huda, M. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Multikultural. In Jurnal Kajian Pendidikan Islam (pp. 70–90). Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Kalirejo. https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i1.7
Islam, M. H., & Maskuri, M. (2020). PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MULTIKULTURAL MELALUI PENDIDIKAN DIVERSITAS. In PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Vol. 4, Issue 1, p. 23). Universitas Islam Malang. https://doi.org/10.33474/multikultural.v4i1.6714
Khoeriyah, Y., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2022). Pendidikan Multikultural: Konsepsi, Urgensi dan Relevansinya dalam Manajemen Pendidikan Islam di Indonesia. In JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 5, Issue 7, pp. 2523–2532). Ainara. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.708
Mardika, F. (2022). Pendidikan Multikultural Perspektif Islam. In at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 3, Issue 1, p. 48). Iain Batusangkar. https://doi.org/10.31958/atjpi.v3i1.4033
Mashuri, S. (2021). INTEGRASI NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DAERAH PASCA KONFLIK. In PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Vol. 5, Issue 1, p. 79). Universitas Islam Malang. https://doi.org/10.33474/multikultural.v5i1.10321
Muashomah, L. (2023). MEMBEDAH PENDIDIKAN NASIONAL ( “Pendidikan Multikultural dalam Pandangan H.A.R. Tilaar” ). In Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial (Vol. 17, Issue 1, pp. 115–122). LPPM Institut Agama Islam Ngawi. https://doi.org/10.56997/almabsutjurnalstudiislamdansosial.v17i1.877
Mukhlas, A. A. (2020). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL DALAM INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT DI LABAN. In PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Vol. 4, Issue 2, p. 124). Universitas Islam Malang. https://doi.org/10.33474/multikultural.v4i2.7398
Mustafida, F. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural di MIN I Kota Malang. In J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 6, Issue 1). Maulana Malik Ibrahim State Islamic University. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i1.8085
Muzamil, M. (2019). PENGUATAN PENDIDIKAN ETIKA ISLAM SEBAGAI PROTEKSI EKOLOGIS. In PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Vol. 3, Issue 2, p. 177). Universitas Islam Malang. https://doi.org/10.33474/multikultural.v3i2.4758
Nasruddin, N. (2019). OBYEKTIVASI SIKAP TOLERANSI ANAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL KELUARGA MULTI AGAMA. In PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Vol. 3, Issue 1, p. 37). Universitas Islam Malang. https://doi.org/10.33474/multikultural.v3i1.2551
Nawiroh, L. (2021). Implementasi Pendidikan Toleransi Beragama Melalui Pendidikan Agama Berbasis Multikultural di SMAN 01 Tenggarang Kabupaten Bondowoso. In Ambarsa : Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 1, Issue 2, pp. 14–28). Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari. https://doi.org/10.59106/abs.v1i2.33
Ningsih, I. W., Mayasari, A., & Ruswandi, U. (2022). Konsep Pendidikan Multikultural di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1083–1091.
Nugraha, D. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural Di Ndonesia. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(2), 140. https://doi.org/10.26418/jppkn.v1i2.40809
Nur, A. (2022). Kapitalisme Pendidikan dan Reinventing Paradigma Pendidikan Indonesia. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 69–84. https://doi.org/10.55623/au.v3i1.94
Nur, A., & Utami, F. Y. (2022). Proses dan Langkah Penelitian Antropologi: Sebuah Literature Review. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial …. http://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/adrsb/article/view/109
Rofiq, A., & Fatimatuzhuro, E. (2019). PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI ERA MODERN. In Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam (Vol. 1, Issue 1, p. 42). Universitas Islam Malang. https://doi.org/10.33474/ja.v1i1.2785
Sopiansyah, D., & Erihardiana, M. (2021). Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pendidikan Islam dan Nasional. In Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam (Vol. 20, Issue 2, pp. 88–98). Institut Agama Islam Nasional Laa Roiba Bogor. https://doi.org/10.47467/mk.v20i2.467
Sugiyar, S. (2021). DIMENSI PENGURANGAN PRASANGKA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. In PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Vol. 5, Issue 1, p. 27). Universitas Islam Malang. https://doi.org/10.33474/multikultural.v5i1.10319
Suharnianto, S. (2020). KONSTRUKSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTI AGAMA. In PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Vol. 4, Issue 2, p. 189). Universitas Islam Malang. https://doi.org/10.33474/multikultural.v4i2.7412
Suparwan, S. (2020). PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL (Kajian Multisitus tentang Proses Pembelajaran). In PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Vol. 4, Issue 2, p. 156). Universitas Islam Malang. https://doi.org/10.33474/multikultural.v4i2.7413
Wahyudi, A. (2021). PENDIDIKAN BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: KONSEPSI DAN IMPLEMENTASINYA DI MI NEGERI PAJU PONOROGO. In journal PIWULANG (Vol. 3, Issue 2, p. 123). STAI Mahad Aly Al-Hikam Malang. https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i2.658
Winasih, I. (2023). Dasar Pendidikan Dan Pendidikan Multikultural. In Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 9, Issue 1, pp. 1–14). STIT Muhammadiyah Paciran. https://doi.org/10.37286/ojs.v9i1.213
Yenuri, A. A. (2021). INKLUSIVISME KONSEP ETIKA RELIGIUS PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR. In PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Vol. 5, Issue 1, p. 57). Universitas Islam Malang. https://doi.org/10.33474/multikultural.v5i1.10320
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mahyuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.