Konsep Desain Pembelajaran Model Bela H. Banathy pada Pendidikan di Indonesia

Authors

  • Baharuddin Hafid Universitas Megarezky Makassar
  • St. Syamsudduha Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Amalia Syurgawi Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Furqan Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v4i1.202

Keywords:

Desain Pembelajaran, Bela H. Banathy, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana konsep desain pembelajaran model Bela H. Banathy dalam dunia Pendidikan dengan memberikan pendekatan yang komprehensif dan sistemik dalam perancangan pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah yakni sesuatu yang apa adanya, keadaan dan kondisinya serta menggunakan pendekatan penelitian menggunakan grounded theory yakni salah satu jenis penelitian kualitatif, yang mana peneliti bisa menarik generalisasi apa yang diamati/dianalisis secara induktif, teori abstrak tentang proses, tindakan atau interaksi berdasarkan pandangan partisipan yang diteliti. Hasil penelitian ini dapat mendorong kolaborasi dan interaksi antara peserta didik, guru, dan rekan sejawat. Hal ini memfasilitasi pembelajaran yang aktif dan partisipatif, serta pengembangan keterampilan social dan menekankan pada pemecahan masalah kompleks sebagai tujuan pembelajaran. Peserta didik didorong untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan kreatif dalam menghadapi masalah-masalah yang kompleks. Dengan demikian, model ini membantu peserta didik untuk menghadapi tantangan dunia nyata dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwiyogo, Wasis. "Rancangan Pembelajaran." Malang: Universitas Negeri Malang (2018).

Rehalat, Aminah. "Model pembelajaran pemrosesan informasi." Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 23.2 (2014) DOI: https://doi.org/10.17509/jpis.v23i2.1625

Mansur, Mansur. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Inkuiri Qur'ani. Diss. Institut PTIQ Jakarta, 2021.

Abdi, Muhammad Iwan. "Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran PAI." Dinamika Ilmu 11.1 (2011). DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v1i1.673

Agustianti, Rifka, et al. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. TOHAR MEDIA, 2022.

Manurung, Kosma. "Mencermati Penggunaan Metode Kualitatif Di Lingkungan Sekolah Tinggi Teologi." Filadelfia: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3.1 (2022): 285-300. DOI: https://doi.org/10.55772/filadelfia.v3i1.48

Arsyam, Muhammad, and M. Yusuf Tahir. "Ragam Jenis Penelitian dan Perspektif." Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2.1 (2021): 37-47. DOI: https://doi.org/10.55623/au.v2i1.17

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Prenada Media, 2017.

Anugraheni, Indri. "Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menumbuhkan Berpikir Kritis Melalui Pemecahan Masalah." Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 4.1 (2020): 261-267. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.197

Paris, Sopi, Syamsul Alam, and Muhammad Arsyam. "Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Dengan Pendekatan Eksperimen Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sd Inpres Bangkala Ii Kota Makassar." Jurnal Binagogik 8.1 (2021).

Sari, Anisa Yunita, and Umi Zulfah. "Implementasi pembelajaran project based learning untuk anak usia dini." MOTORIC 1.1 (2017): 10-10. DOI: https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547

Suryadi, Ahmad. Teknologi dan media pembelajaran jilid i. CV Jejak (Jejak Publisher), 2020.

Ismail, M. Ilyas. Teknologi pembelajaran sebagai media pembelajaran. Cendekia Publisher, 2020.

Alam, Syamsul, and Muhammad Arsyam. "Sistem Pendidikan Nasional Dalam Pembelajaran." (2020). DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/9rwz2

Budiman, Agus, and Dewi Karyati. "Membentuk Karakter Kreatif: Bergerak Melalui Stimulus Permainan Tradisional." JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 14.1 (2021): 1-11. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.14.1.1-11

an Herliani, An, and Dinn Wahyudin. "Pemetaan kompetensi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guru pada dimensi pedagogik." Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 11.2 (2018): 134-148. DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i2.19825

Mansyur, Abd Rahim. "Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di indonesia." Education and learning journal 1.2 (2020): 113-123. DOI: https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.53

Musanna, Al. "Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2.1 (2017): 117-133. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.529

Nur, A., & Utami, F. Y. (2022). Proses dan Langkah Penelitian Antropologi: Sebuah Literature Review. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial …. http://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/adrsb/article/view/109 DOI: https://doi.org/10.55623/ad.v3i1.109

Wahyu, Rahma. "Implementasi model project based learning (pjbl) ditinjau dari penerapan kurikulum 2013." Jurnal Tecnoscienza 1.1 (2016): 49-62.

Downloads

Published

2023-06-14

How to Cite

Baharuddin Hafid, St. Syamsudduha, & Amalia Syurgawi. (2023). Konsep Desain Pembelajaran Model Bela H. Banathy pada Pendidikan di Indonesia. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 131–138. https://doi.org/10.55623/au.v4i1.202
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v4i1.202