Implementasi Pendidikan Karakter dalam QS Luqman Ayat 18-19 pada Peserta Didik Madrasah Aliyah As’adiyah Nomor 170 Layang Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v4i2.218Keywords:
Implementasi, Pendidikan Karakter, Q.S Luqman, Peserta didikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendidikan karakter dalam surah Luqman ayat 18-19 pada peserta didik di Madrasah Aliyah As’adiyah nomor 170 Layang Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogik, pendekatan sejarah dan pendekatan psikologis. Adapun hasil dari penelitan ini adalah Penerapan pendidikan karakter didalam QS Luqman ayat 18-19 pada Madrasah Aliyah Nomor 170 Layang Kota Makassar telah dilakukan oleh pimpinan dan guru dengan baik dan bersifat kontinuitas. Juga penerapannya terhadap para peserta didik madrasah telah memperlihatkan hasil yang baik dengan berkurangnya pelanggaran yang terjadi akibat kesombongan dan perilaku kasar dalam bertutur.
Downloads
References
Abustani Ilyas, Nashiruddin Pilo, and Hasibuddin Mahmud, ‘Perspektif Pendidikan Islam Tentang Manajemen Perubahan Untuk Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam’, Journal of Management Science (JMS), 3.2 (2022), 200–207 http://pasca-umi.ac.id/index.php/jms/article/view/1105/1254
Anwar al-Baz, Al-Tafsir al-Tarbawi li al-Qur’an al-Karim. Jilid I, Kairo : Dar al-Nashr li al-Jami’at, 2007.
Khan, Yahya, Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta : Pelangi Publishing, 2010.
Ma’arif, Ahmad Syafi’i, Pendidikan Islam di Indonesia : Antara Cita dan Fakta. Yogyakarta : Tiara Wacana, 1991
M.Yusuf, Kadar, Tafsir Tarbawi : Pesan-Pesan al-Qur’an Tentang Pendidikan. Jakarta : Amzah, 2013.
Nata, Abudin, Pendidikan dalam Perspektif al-Qur’an. Jakarta : Kencana, 2016.
Shihab, M. Quraish, Wawasan al-Qur’an : Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung : Mizan, 2007.
.................., Membumikan al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung : Mizan, 1992.
Sudarsono, Pendidikan, Kemanusiaan dan Peradaban dalam Soedijarto, Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita. Jakarta : PT Kompas,2008.
Yin Dirman, Andi Bunyamin, dan Nashiruddin Pilo, ‘Sistem Pembinaan Karakter Santriwati Di Pondok Pesantren Al-Amanah Liabuku Kota Bau-Bau’, Journal of Gurutta Education, 2.1 (2022), 103–19 http://pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/1099/1248
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hilmah Latif, Hasibuddin Mahmud, Nashiruddin Pilo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.