Pemikiran Keagamaan Di Indonesia: Analisis terhadap Kontestasi Ideologi Keagamaan Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v4i2.237Keywords:
Pemkiran keagamaan, Kontestasi ideologi, covid-19Abstract
Pemikiran keagamaan di Indonesia dalam konteks pandemi covid-19 melibatkan kompleksitas kontestasi ideologi keagamaan. Kondisi ini mendorong analisis terhadap respon dan pandangan kelompok agama yang beragam terkait pandemi. Tidak hanya menjadi pertarungan narasi keagamaan , tetapi juga mencerminkan dinamika sosial, politik dan budaya dalam merespon kontestasi ideologi terkait covid-19. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (Library Research) metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yaitu mencari dan mengumpulkan berbagai data yang sesuai dengan objek kajian yaitu buku-buku dan litelatur lainnya tentang sikap dan pemikiran keagamaan...Tujuan artikel ini untuk mendapatkan pemahaman tentang tipologi pemikiran keagamaan di Indonesia. Pandangan keagamaan menghasilkan pendekatan yang beragam terhadap pandemi. Analisis mendalam diperlukan untuk melihat bagaimana pemikiran keagamaan mempengaruhi persepsi dan tindakan masyarakat dalam menghadapi pandemi . Beberapa menganjurkan ketaatan pada protokol kesehatan,mematuhi aturan dan kebijakan pemerintah, sebagai upaya yang dilakukan oleh manusia yang memiliki pemahaman Qadariyah dan termasuk kedalam pemikiran rasional dan dampak sosial ekonomi sebagai wujud tanggung jawab sosial dan religious, sementara yang lain lebih fokus pada dimensi spiritual. yang cenderung pasrah terhadap ketentuan dan taqdir Tuhan yang terdapat dalam pemahaman Jabariyah sikap pasrah dan patalis merupakan ciri dari aliran tradisional dalam pemahaman keagamaan ini. Tergesernya ibadah berjamaah dan perayaan agama juga memunculkan pertentangan.
Downloads
References
Abd. A’la_book_Dari Neomodernisme ke Islam Liberal 2003.pdf. (n.d.).
Abdullah, M. A. (2020). Mendialogkan Nalar Agama dan Sains Modern di Tengah Pandemi Covid-19. Maarif, 15(1), 11–39. https://doi.org/10.47651/mrf.v15i1.75
Ainul Fitriah. (2013). Pemikiran Abdurrahman Wahid Tentang Pribumisasi Islam. Teosofi: Jurnal Tasauf Dan Pemikiran Islam, 3(1), 39–59.
Aminuddin, L. H. (2018). Identifikasi melalui identitas ke-Islaman untuk meyebut tentang ke-Indonesiaan sebenarnya bukan cara baru, setidaknya diawal abad 20 pernah tercatat Sarekat Islam (1911-1942), organisasi politik perama yang benar- benar berskala nasional dan menjadi cara.
Arianto, D., & Sutrisno, A. (2021). Kajian Antisipasi Pelayanan Kapal dan Barang di Pelabuhan Pada Masa Pandemi Covid–19. Jurnal Penelitian Transportasi Laut, 22(2), 97–110. https://doi.org/10.25104/transla.v22i2.1682
Arifin, I. (2021). Pembaharuan Pemikiran Islam di Indonesia.
Ashidiqie, M. L. I. I. (2020). Peran Keluarga Dalam Mencegah Coronavirus Disease 2019. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(8), 911–922. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i8.15411
Askar Nur. (2021). Fundamentalisme, Radikalisme dan Gerakan Islam di Indonesia: Kajian Kritis Pemikiran Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 28–36. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.16
Basid, A. (2017). Nusantara Islam; Post traditionalism and neo modernism. 5, 1–14.
Batubara, W., Daulay, H. P., & Dahlan, Z. (2021). Teologi Jabariyah dan Qodariyah dalam Tinjauan Sejarah Islam Periode Klasik. Local History & Heritage, 1(2), 34–41. https://doi.org/10.57251/lhh.v1i2.63
Davies, P. D. O. (2002). Multi-drug resistant tuberculosis. CPD Infection, 3(1), 9–12.
Ermagusti, E., Syafrial, S., & Tri Hadi, R. (2022). Integrasi Teologi Islam, Sufisme, Dan Rasionalisme Harun Nasution. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 21(1), 180–208. https://doi.org/10.30631/tjd.v21i1.237
Farah, N. (2016). Pola Pemikiran Kelompok Tradisionalis Dan Modernis Dalam Islam. Jurnal Yaqzhan, 2(1), 1–14. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/yaqhzan/article/view/884
Harlis, S. A. (2020). COVID-19: Pespektive Kalam Dalam Takdir Antara Qadariyah Jabariyah dan Tawakal. Jurnal Al-Aqidah, 12(1), 77–89. https://doi.org/10.15548/ja.v12i1.1569
Islami, F., Ibrohim, B., & Islami, A. (2023). Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman Abstract : 13, 183–198.
Karyono, K., Rohadin, R., & Indriyani, D. (2020). Penanganan Dan Pencegahan Pandemi Wabah Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Indramayu. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 164. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29127
Kong, W. H., Li, Y., Peng, M. W., Kong, D. G., Yang, X. B., Wang, L., & Liu, M. Q. (2020). SARS-CoV-2 detection in patients with influenza-like illness. Nature Microbiology, 5(5), 675–678. https://doi.org/10.1038/s41564-020-0713-1
Mawardi, A. (2017). Studi Pemikiran Pendidikan Kh. Ahmad Dahlan. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 94–102. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.362
Muasmara, R., & Ajmain, N. (2020). Akulturasi Islam Dan Budaya Nusantara. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 111–125. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.150
Muchammadun, M., Rachmad, S. H., Handiyatmo, D., Tantriana, A., Rumanitha, E., & Amrulloh, Z. (2021). Peran Tokoh Agama dalam Menangani Penyebaran Covid-19. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 5(1), 87–96. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v5i1.10378
Muhammadiyah, P. K. (2010). Fathul kitab. 105–114.
Mustautina, I. (2020). Tidak Ada Penyakit Menular: Praktik Dakwah Jamaah Tabligh dan Pengaruhnya terhadap Penyebaran Covid-19. Jurnal Living Hadis, 5(1), 151. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2020.2251
Pakatuwo, L. M., & Mawaddah. (2020). Al Jabariyah dan Al-Qadariyah; Pengertian, Latar Belakang Munculnya dan Pemikirannya. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.55623/au.v1i1.2
Paula Marla Nahak, M., Irene Putri, S., Rofiq, Z., Prita Purwanti, W., Yunita, A., Budi Susila Duarsa, A., Sani Fajriah, A., Aris Widiyanto, A., & Tri Atmojo, J. (2022). Penggunaan Herbal Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19: a Systematic Review. Avicenna : Journal of Health Research, 5(1), 37–49. https://doi.org/10.36419/avicenna.v5i1.591
Qoiman, A. (2021). Spirit ”Kembali Kepada Al-Qur’an dan Sunnah” di Era Disrupsi dalam Muhammadiyah Perspektif Amin Abdullah. Jurnal Studi Hadis Nusantara, 3(1), 48. https://doi.org/10.24235/jshn.v3i1.9014
Rozi, S. (1995). Konstruksi Identitas Islam Perbatasan Sebuah Sintesis Terhadap Identitas Tradisional Dan Identitas Modernis Dalam Paham Keagamaan Di Daerah Rao Sumatera Barat. Conference Proceedings Annual Internasional on Islamic Studies, 1643–1660.
Setiawan, B. A. (2019). Manhaj Tarjih Dan Tajdid : Asas Pengembangan Pemikiran dalam Muhammadiyah. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 35. https://doi.org/10.32528/tarlim.v2i1.2068
Sidik. (2016). REFLEKSI PAHAM JABARIYAH DAN QADARIYAH Sidik IAIN Palu, Fakultas Ushuluddin Adab dab Dakwah. Rausyan Fikr, 12, 273–287. http://id.wikipedia.org/wiki/Teologi
Sumanto, E. (2016). Akal, Wahyu, dan Kasb Manusia Menurut Jabariyah dan Qadariyah. Manthiq, 1(1), 79–86.
Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease (Covid 19) Dalam Pandangan Islam. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15247
Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083
Abd. A’la_book_Dari Neomodernisme ke Islam Liberal 2003.pdf. (n.d.).
Abdullah, M. A. (2020). Mendialogkan Nalar Agama dan Sains Modern di Tengah Pandemi Covid-19. Maarif, 15(1), 11–39. https://doi.org/10.47651/mrf.v15i1.75
Ainul Fitriah. (2013). Pemikiran Abdurrahman Wahid Tentang Pribumisasi Islam. Teosofi: Jurnal Tasauf Dan Pemikiran Islam, 3(1), 39–59.
Aminuddin, L. H. (2018). Identifikasi melalui identitas ke-Islaman untuk meyebut tentang ke-Indonesiaan sebenarnya bukan cara baru, setidaknya diawal abad 20 pernah tercatat Sarekat Islam (1911-1942), organisasi politik perama yang benar- benar berskala nasional dan menjadi cara.
Arianto, D., & Sutrisno, A. (2021). Kajian Antisipasi Pelayanan Kapal dan Barang di Pelabuhan Pada Masa Pandemi Covid–19. Jurnal Penelitian Transportasi Laut, 22(2), 97–110. https://doi.org/10.25104/transla.v22i2.1682
Arifin, I. (2021). Pembaharuan Pemikiran Islam di Indonesia.
Ashidiqie, M. L. I. I. (2020). Peran Keluarga Dalam Mencegah Coronavirus Disease 2019. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(8), 911–922. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i8.15411
Askar Nur. (2021). Fundamentalisme, Radikalisme dan Gerakan Islam di Indonesia: Kajian Kritis Pemikiran Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 28–36. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.16
Basid, A. (2017). Nusantara Islam; Post traditionalism and neo modernism. 5, 1–14.
Batubara, W., Daulay, H. P., & Dahlan, Z. (2021). Teologi Jabariyah dan Qodariyah dalam Tinjauan Sejarah Islam Periode Klasik. Local History & Heritage, 1(2), 34–41. https://doi.org/10.57251/lhh.v1i2.63
Davies, P. D. O. (2002). Multi-drug resistant tuberculosis. CPD Infection, 3(1), 9–12.
Ermagusti, E., Syafrial, S., & Tri Hadi, R. (2022). Integrasi Teologi Islam, Sufisme, Dan Rasionalisme Harun Nasution. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 21(1), 180–208. https://doi.org/10.30631/tjd.v21i1.237
Farah, N. (2016). Pola Pemikiran Kelompok Tradisionalis Dan Modernis Dalam Islam. Jurnal Yaqzhan, 2(1), 1–14. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/yaqhzan/article/view/884
Harlis, S. A. (2020). COVID-19: Pespektive Kalam Dalam Takdir Antara Qadariyah Jabariyah dan Tawakal. Jurnal Al-Aqidah, 12(1), 77–89. https://doi.org/10.15548/ja.v12i1.1569
Islami, F., Ibrohim, B., & Islami, A. (2023). Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman Abstract : 13, 183–198.
Karyono, K., Rohadin, R., & Indriyani, D. (2020). Penanganan Dan Pencegahan Pandemi Wabah Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Indramayu. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 164. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29127
Kong, W. H., Li, Y., Peng, M. W., Kong, D. G., Yang, X. B., Wang, L., & Liu, M. Q. (2020). SARS-CoV-2 detection in patients with influenza-like illness. Nature Microbiology, 5(5), 675–678. https://doi.org/10.1038/s41564-020-0713-1
Mawardi, A. (2017). Studi Pemikiran Pendidikan Kh. Ahmad Dahlan. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 94–102. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.362
Muasmara, R., & Ajmain, N. (2020). Akulturasi Islam Dan Budaya Nusantara. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 111–125. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.150
Muchammadun, M., Rachmad, S. H., Handiyatmo, D., Tantriana, A., Rumanitha, E., & Amrulloh, Z. (2021). Peran Tokoh Agama dalam Menangani Penyebaran Covid-19. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 5(1), 87–96. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v5i1.10378
Muhammadiyah, P. K. (2010). Fathul kitab. 105–114.
Mustautina, I. (2020). Tidak Ada Penyakit Menular: Praktik Dakwah Jamaah Tabligh dan Pengaruhnya terhadap Penyebaran Covid-19. Jurnal Living Hadis, 5(1), 151. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2020.2251
Pakatuwo, L. M., & Mawaddah. (2020). Al Jabariyah dan Al-Qadariyah; Pengertian, Latar Belakang Munculnya dan Pemikirannya. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.55623/au.v1i1.2
Paula Marla Nahak, M., Irene Putri, S., Rofiq, Z., Prita Purwanti, W., Yunita, A., Budi Susila Duarsa, A., Sani Fajriah, A., Aris Widiyanto, A., & Tri Atmojo, J. (2022). Penggunaan Herbal Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19: a Systematic Review. Avicenna : Journal of Health Research, 5(1), 37–49. https://doi.org/10.36419/avicenna.v5i1.591
Qoiman, A. (2021). Spirit ”Kembali Kepada Al-Qur’an dan Sunnah” di Era Disrupsi dalam Muhammadiyah Perspektif Amin Abdullah. Jurnal Studi Hadis Nusantara, 3(1), 48. https://doi.org/10.24235/jshn.v3i1.9014
Rozi, S. (1995). Konstruksi Identitas Islam Perbatasan Sebuah Sintesis Terhadap Identitas Tradisional Dan Identitas Modernis Dalam Paham Keagamaan Di Daerah Rao Sumatera Barat. Conference Proceedings Annual Internasional on Islamic Studies, 1643–1660.
Setiawan, B. A. (2019). Manhaj Tarjih Dan Tajdid : Asas Pengembangan Pemikiran dalam Muhammadiyah. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 35. https://doi.org/10.32528/tarlim.v2i1.2068
Sidik. (2016). REFLEKSI PAHAM JABARIYAH DAN QADARIYAH Sidik IAIN Palu, Fakultas Ushuluddin Adab dab Dakwah. Rausyan Fikr, 12, 273–287. http://id.wikipedia.org/wiki/Teologi
Sumanto, E. (2016). Akal, Wahyu, dan Kasb Manusia Menurut Jabariyah dan Qadariyah. Manthiq, 1(1), 79–86.
Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease (Covid 19) Dalam Pandangan Islam. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15247
Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083
Abd. A’la_book_Dari Neomodernisme ke Islam Liberal 2003.pdf. (n.d.).
Abdullah, M. A. (2020). Mendialogkan Nalar Agama dan Sains Modern di Tengah Pandemi Covid-19. Maarif, 15(1), 11–39. https://doi.org/10.47651/mrf.v15i1.75
Ainul Fitriah. (2013). Pemikiran Abdurrahman Wahid Tentang Pribumisasi Islam. Teosofi: Jurnal Tasauf Dan Pemikiran Islam, 3(1), 39–59.
Aminuddin, L. H. (2018). Identifikasi melalui identitas ke-Islaman untuk meyebut tentang ke-Indonesiaan sebenarnya bukan cara baru, setidaknya diawal abad 20 pernah tercatat Sarekat Islam (1911-1942), organisasi politik perama yang benar- benar berskala nasional dan menjadi cara.
Arianto, D., & Sutrisno, A. (2021). Kajian Antisipasi Pelayanan Kapal dan Barang di Pelabuhan Pada Masa Pandemi Covid–19. Jurnal Penelitian Transportasi Laut, 22(2), 97–110. https://doi.org/10.25104/transla.v22i2.1682
Arifin, I. (2021). Pembaharuan Pemikiran Islam di Indonesia.
Ashidiqie, M. L. I. I. (2020). Peran Keluarga Dalam Mencegah Coronavirus Disease 2019. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(8), 911–922. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i8.15411
Askar Nur. (2021). Fundamentalisme, Radikalisme dan Gerakan Islam di Indonesia: Kajian Kritis Pemikiran Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 28–36. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.16
Basid, A. (2017). Nusantara Islam; Post traditionalism and neo modernism. 5, 1–14.
Batubara, W., Daulay, H. P., & Dahlan, Z. (2021). Teologi Jabariyah dan Qodariyah dalam Tinjauan Sejarah Islam Periode Klasik. Local History & Heritage, 1(2), 34–41. https://doi.org/10.57251/lhh.v1i2.63
Davies, P. D. O. (2002). Multi-drug resistant tuberculosis. CPD Infection, 3(1), 9–12.
Ermagusti, E., Syafrial, S., & Tri Hadi, R. (2022). Integrasi Teologi Islam, Sufisme, Dan Rasionalisme Harun Nasution. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 21(1), 180–208. https://doi.org/10.30631/tjd.v21i1.237
Farah, N. (2016). Pola Pemikiran Kelompok Tradisionalis Dan Modernis Dalam Islam. Jurnal Yaqzhan, 2(1), 1–14. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/yaqhzan/article/view/884
Harlis, S. A. (2020). COVID-19: Pespektive Kalam Dalam Takdir Antara Qadariyah Jabariyah dan Tawakal. Jurnal Al-Aqidah, 12(1), 77–89. https://doi.org/10.15548/ja.v12i1.1569
Islami, F., Ibrohim, B., & Islami, A. (2023). Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman Abstract : 13, 183–198.
Karyono, K., Rohadin, R., & Indriyani, D. (2020). Penanganan Dan Pencegahan Pandemi Wabah Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Indramayu. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 164. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29127
Kong, W. H., Li, Y., Peng, M. W., Kong, D. G., Yang, X. B., Wang, L., & Liu, M. Q. (2020). SARS-CoV-2 detection in patients with influenza-like illness. Nature Microbiology, 5(5), 675–678. https://doi.org/10.1038/s41564-020-0713-1
Mawardi, A. (2017). Studi Pemikiran Pendidikan Kh. Ahmad Dahlan. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 94–102. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.362
Muasmara, R., & Ajmain, N. (2020). Akulturasi Islam Dan Budaya Nusantara. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 111–125. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.150
Muchammadun, M., Rachmad, S. H., Handiyatmo, D., Tantriana, A., Rumanitha, E., & Amrulloh, Z. (2021). Peran Tokoh Agama dalam Menangani Penyebaran Covid-19. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 5(1), 87–96. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v5i1.10378
Muhammadiyah, P. K. (2010). Fathul kitab. 105–114.
Mustautina, I. (2020). Tidak Ada Penyakit Menular: Praktik Dakwah Jamaah Tabligh dan Pengaruhnya terhadap Penyebaran Covid-19. Jurnal Living Hadis, 5(1), 151. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2020.2251
Pakatuwo, L. M., & Mawaddah. (2020). Al Jabariyah dan Al-Qadariyah; Pengertian, Latar Belakang Munculnya dan Pemikirannya. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.55623/au.v1i1.2
Paula Marla Nahak, M., Irene Putri, S., Rofiq, Z., Prita Purwanti, W., Yunita, A., Budi Susila Duarsa, A., Sani Fajriah, A., Aris Widiyanto, A., & Tri Atmojo, J. (2022). Penggunaan Herbal Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19: a Systematic Review. Avicenna : Journal of Health Research, 5(1), 37–49. https://doi.org/10.36419/avicenna.v5i1.591
Qoiman, A. (2021). Spirit ”Kembali Kepada Al-Qur’an dan Sunnah” di Era Disrupsi dalam Muhammadiyah Perspektif Amin Abdullah. Jurnal Studi Hadis Nusantara, 3(1), 48. https://doi.org/10.24235/jshn.v3i1.9014
Rozi, S. (1995). Konstruksi Identitas Islam Perbatasan Sebuah Sintesis Terhadap Identitas Tradisional Dan Identitas Modernis Dalam Paham Keagamaan Di Daerah Rao Sumatera Barat. Conference Proceedings Annual Internasional on Islamic Studies, 1643–1660.
Setiawan, B. A. (2019). Manhaj Tarjih Dan Tajdid : Asas Pengembangan Pemikiran dalam Muhammadiyah. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 35. https://doi.org/10.32528/tarlim.v2i1.2068
Sidik. (2016). REFLEKSI PAHAM JABARIYAH DAN QADARIYAH Sidik IAIN Palu, Fakultas Ushuluddin Adab dab Dakwah. Rausyan Fikr, 12, 273–287. http://id.wikipedia.org/wiki/Teologi
Sumanto, E. (2016). Akal, Wahyu, dan Kasb Manusia Menurut Jabariyah dan Qadariyah. Manthiq, 1(1), 79–86.
Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease (Covid 19) Dalam Pandangan Islam. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15247
Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083
Abd. A’la_book_Dari Neomodernisme ke Islam Liberal 2003.pdf. (n.d.).
Abdullah, M. A. (2020). Mendialogkan Nalar Agama dan Sains Modern di Tengah Pandemi Covid-19. Maarif, 15(1), 11–39. https://doi.org/10.47651/mrf.v15i1.75
Ainul Fitriah. (2013). Pemikiran Abdurrahman Wahid Tentang Pribumisasi Islam. Teosofi: Jurnal Tasauf Dan Pemikiran Islam, 3(1), 39–59.
Aminuddin, L. H. (2018). Identifikasi melalui identitas ke-Islaman untuk meyebut tentang ke-Indonesiaan sebenarnya bukan cara baru, setidaknya diawal abad 20 pernah tercatat Sarekat Islam (1911-1942), organisasi politik perama yang benar- benar berskala nasional dan menjadi cara.
Arianto, D., & Sutrisno, A. (2021). Kajian Antisipasi Pelayanan Kapal dan Barang di Pelabuhan Pada Masa Pandemi Covid–19. Jurnal Penelitian Transportasi Laut, 22(2), 97–110. https://doi.org/10.25104/transla.v22i2.1682
Arifin, I. (2021). Pembaharuan Pemikiran Islam di Indonesia.
Ashidiqie, M. L. I. I. (2020). Peran Keluarga Dalam Mencegah Coronavirus Disease 2019. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(8), 911–922. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i8.15411
Askar Nur. (2021). Fundamentalisme, Radikalisme dan Gerakan Islam di Indonesia: Kajian Kritis Pemikiran Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 28–36. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.16
Basid, A. (2017). Nusantara Islam; Post traditionalism and neo modernism. 5, 1–14.
Batubara, W., Daulay, H. P., & Dahlan, Z. (2021). Teologi Jabariyah dan Qodariyah dalam Tinjauan Sejarah Islam Periode Klasik. Local History & Heritage, 1(2), 34–41. https://doi.org/10.57251/lhh.v1i2.63
Davies, P. D. O. (2002). Multi-drug resistant tuberculosis. CPD Infection, 3(1), 9–12.
Ermagusti, E., Syafrial, S., & Tri Hadi, R. (2022). Integrasi Teologi Islam, Sufisme, Dan Rasionalisme Harun Nasution. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 21(1), 180–208. https://doi.org/10.30631/tjd.v21i1.237
Farah, N. (2016). Pola Pemikiran Kelompok Tradisionalis Dan Modernis Dalam Islam. Jurnal Yaqzhan, 2(1), 1–14. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/yaqhzan/article/view/884
Harlis, S. A. (2020). COVID-19: Pespektive Kalam Dalam Takdir Antara Qadariyah Jabariyah dan Tawakal. Jurnal Al-Aqidah, 12(1), 77–89. https://doi.org/10.15548/ja.v12i1.1569
Islami, F., Ibrohim, B., & Islami, A. (2023). Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman Abstract : 13, 183–198.
Karyono, K., Rohadin, R., & Indriyani, D. (2020). Penanganan Dan Pencegahan Pandemi Wabah Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Indramayu. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 164. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29127
Kong, W. H., Li, Y., Peng, M. W., Kong, D. G., Yang, X. B., Wang, L., & Liu, M. Q. (2020). SARS-CoV-2 detection in patients with influenza-like illness. Nature Microbiology, 5(5), 675–678. https://doi.org/10.1038/s41564-020-0713-1
Mawardi, A. (2017). Studi Pemikiran Pendidikan Kh. Ahmad Dahlan. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 94–102. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.362
Muasmara, R., & Ajmain, N. (2020). Akulturasi Islam Dan Budaya Nusantara. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 111–125. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.150
Muchammadun, M., Rachmad, S. H., Handiyatmo, D., Tantriana, A., Rumanitha, E., & Amrulloh, Z. (2021). Peran Tokoh Agama dalam Menangani Penyebaran Covid-19. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 5(1), 87–96. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v5i1.10378
Muhammadiyah, P. K. (2010). Fathul kitab. 105–114.
Mustautina, I. (2020). Tidak Ada Penyakit Menular: Praktik Dakwah Jamaah Tabligh dan Pengaruhnya terhadap Penyebaran Covid-19. Jurnal Living Hadis, 5(1), 151. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2020.2251
Pakatuwo, L. M., & Mawaddah. (2020). Al Jabariyah dan Al-Qadariyah; Pengertian, Latar Belakang Munculnya dan Pemikirannya. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.55623/au.v1i1.2
Paula Marla Nahak, M., Irene Putri, S., Rofiq, Z., Prita Purwanti, W., Yunita, A., Budi Susila Duarsa, A., Sani Fajriah, A., Aris Widiyanto, A., & Tri Atmojo, J. (2022). Penggunaan Herbal Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19: a Systematic Review. Avicenna : Journal of Health Research, 5(1), 37–49. https://doi.org/10.36419/avicenna.v5i1.591
Qoiman, A. (2021). Spirit ”Kembali Kepada Al-Qur’an dan Sunnah” di Era Disrupsi dalam Muhammadiyah Perspektif Amin Abdullah. Jurnal Studi Hadis Nusantara, 3(1), 48. https://doi.org/10.24235/jshn.v3i1.9014
Rozi, S. (1995). Konstruksi Identitas Islam Perbatasan Sebuah Sintesis Terhadap Identitas Tradisional Dan Identitas Modernis Dalam Paham Keagamaan Di Daerah Rao Sumatera Barat. Conference Proceedings Annual Internasional on Islamic Studies, 1643–1660.
Setiawan, B. A. (2019). Manhaj Tarjih Dan Tajdid : Asas Pengembangan Pemikiran dalam Muhammadiyah. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 35. https://doi.org/10.32528/tarlim.v2i1.2068
Sidik. (2016). REFLEKSI PAHAM JABARIYAH DAN QADARIYAH Sidik IAIN Palu, Fakultas Ushuluddin Adab dab Dakwah. Rausyan Fikr, 12, 273–287. http://id.wikipedia.org/wiki/Teologi
Sumanto, E. (2016). Akal, Wahyu, dan Kasb Manusia Menurut Jabariyah dan Qadariyah. Manthiq, 1(1), 79–86.
Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease (Covid 19) Dalam Pandangan Islam. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15247
Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083
Abd. A’la_book_Dari Neomodernisme ke Islam Liberal 2003.pdf. (n.d.).
Abdullah, M. A. (2020). Mendialogkan Nalar Agama dan Sains Modern di Tengah Pandemi Covid-19. Maarif, 15(1), 11–39. https://doi.org/10.47651/mrf.v15i1.75
Ainul Fitriah. (2013). Pemikiran Abdurrahman Wahid Tentang Pribumisasi Islam. Teosofi: Jurnal Tasauf Dan Pemikiran Islam, 3(1), 39–59.
Aminuddin, L. H. (2018). Identifikasi melalui identitas ke-Islaman untuk meyebut tentang ke-Indonesiaan sebenarnya bukan cara baru, setidaknya diawal abad 20 pernah tercatat Sarekat Islam (1911-1942), organisasi politik perama yang benar- benar berskala nasional dan menjadi cara.
Arianto, D., & Sutrisno, A. (2021). Kajian Antisipasi Pelayanan Kapal dan Barang di Pelabuhan Pada Masa Pandemi Covid–19. Jurnal Penelitian Transportasi Laut, 22(2), 97–110. https://doi.org/10.25104/transla.v22i2.1682
Arifin, I. (2021). Pembaharuan Pemikiran Islam di Indonesia.
Ashidiqie, M. L. I. I. (2020). Peran Keluarga Dalam Mencegah Coronavirus Disease 2019. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(8), 911–922. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i8.15411
Askar Nur. (2021). Fundamentalisme, Radikalisme dan Gerakan Islam di Indonesia: Kajian Kritis Pemikiran Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 28–36. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.16
Basid, A. (2017). Nusantara Islam; Post traditionalism and neo modernism. 5, 1–14.
Batubara, W., Daulay, H. P., & Dahlan, Z. (2021). Teologi Jabariyah dan Qodariyah dalam Tinjauan Sejarah Islam Periode Klasik. Local History & Heritage, 1(2), 34–41. https://doi.org/10.57251/lhh.v1i2.63
Davies, P. D. O. (2002). Multi-drug resistant tuberculosis. CPD Infection, 3(1), 9–12.
Ermagusti, E., Syafrial, S., & Tri Hadi, R. (2022). Integrasi Teologi Islam, Sufisme, Dan Rasionalisme Harun Nasution. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 21(1), 180–208. https://doi.org/10.30631/tjd.v21i1.237
Farah, N. (2016). Pola Pemikiran Kelompok Tradisionalis Dan Modernis Dalam Islam. Jurnal Yaqzhan, 2(1), 1–14. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/yaqhzan/article/view/884
Harlis, S. A. (2020). COVID-19: Pespektive Kalam Dalam Takdir Antara Qadariyah Jabariyah dan Tawakal. Jurnal Al-Aqidah, 12(1), 77–89. https://doi.org/10.15548/ja.v12i1.1569
Islami, F., Ibrohim, B., & Islami, A. (2023). Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman Abstract : 13, 183–198.
Karyono, K., Rohadin, R., & Indriyani, D. (2020). Penanganan Dan Pencegahan Pandemi Wabah Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Indramayu. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 164. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29127
Kong, W. H., Li, Y., Peng, M. W., Kong, D. G., Yang, X. B., Wang, L., & Liu, M. Q. (2020). SARS-CoV-2 detection in patients with influenza-like illness. Nature Microbiology, 5(5), 675–678. https://doi.org/10.1038/s41564-020-0713-1
Mawardi, A. (2017). Studi Pemikiran Pendidikan Kh. Ahmad Dahlan. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 94–102. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.362
Muasmara, R., & Ajmain, N. (2020). Akulturasi Islam Dan Budaya Nusantara. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 111–125. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.150
Muchammadun, M., Rachmad, S. H., Handiyatmo, D., Tantriana, A., Rumanitha, E., & Amrulloh, Z. (2021). Peran Tokoh Agama dalam Menangani Penyebaran Covid-19. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 5(1), 87–96. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v5i1.10378
Muhammadiyah, P. K. (2010). Fathul kitab. 105–114.
Mustautina, I. (2020). Tidak Ada Penyakit Menular: Praktik Dakwah Jamaah Tabligh dan Pengaruhnya terhadap Penyebaran Covid-19. Jurnal Living Hadis, 5(1), 151. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2020.2251
Pakatuwo, L. M., & Mawaddah. (2020). Al Jabariyah dan Al-Qadariyah; Pengertian, Latar Belakang Munculnya dan Pemikirannya. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.55623/au.v1i1.2
Paula Marla Nahak, M., Irene Putri, S., Rofiq, Z., Prita Purwanti, W., Yunita, A., Budi Susila Duarsa, A., Sani Fajriah, A., Aris Widiyanto, A., & Tri Atmojo, J. (2022). Penggunaan Herbal Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19: a Systematic Review. Avicenna : Journal of Health Research, 5(1), 37–49. https://doi.org/10.36419/avicenna.v5i1.591
Qoiman, A. (2021). Spirit ”Kembali Kepada Al-Qur’an dan Sunnah” di Era Disrupsi dalam Muhammadiyah Perspektif Amin Abdullah. Jurnal Studi Hadis Nusantara, 3(1), 48. https://doi.org/10.24235/jshn.v3i1.9014
Rozi, S. (1995). Konstruksi Identitas Islam Perbatasan Sebuah Sintesis Terhadap Identitas Tradisional Dan Identitas Modernis Dalam Paham Keagamaan Di Daerah Rao Sumatera Barat. Conference Proceedings Annual Internasional on Islamic Studies, 1643–1660.
Setiawan, B. A. (2019). Manhaj Tarjih Dan Tajdid : Asas Pengembangan Pemikiran dalam Muhammadiyah. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 35. https://doi.org/10.32528/tarlim.v2i1.2068
Sidik. (2016). REFLEKSI PAHAM JABARIYAH DAN QADARIYAH Sidik IAIN Palu, Fakultas Ushuluddin Adab dab Dakwah. Rausyan Fikr, 12, 273–287. http://id.wikipedia.org/wiki/Teologi
Sumanto, E. (2016). Akal, Wahyu, dan Kasb Manusia Menurut Jabariyah dan Qadariyah. Manthiq, 1(1), 79–86.
Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease (Covid 19) Dalam Pandangan Islam. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15247
Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tita Rostitawati Tita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.