Strategi Pengembangan Madrasah melalui Konsep Pembelajaran Berbasis Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v4i1.249Keywords:
Pembelajaran Berbasis Teknologi, Madrasah Digital, Teknologi PendidikanAbstract
Pemerintah Indonesia khususnya dalam bidang pendidikan agama melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Keagamaan pada tahun 2019 melakukan terobosan baru dengan menerapkan konsep Madrasah Digital sebagai respon positif terhadap perkembangan era digital. Inovasi pengembangan Madrasah Digital dilakukan berdasarkan Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Digital untuk dijadikan pedoman dan arahan dalam upaya percepatan integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di madrasah seperti yang diterapkan pada Penelitian Madrasah Digital berbasis di MTsN 1 Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendemonstrasikan strategi pengembangan madrasah melalui pembelajaran berbasis teknologi dengan menjadikan Madrasah Digital Berbasis Riset di MTsN 1 Kota Makassar sebagai lokasi penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan informan seluruh pengelola Madrasah Digital berbasis Riset di MTsN 1 Kota Makassar yaitu kepala madrasah, pendidik, dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi pembelajaran pada Madrasah Digital Berbasis Riset di MTsN 1 Kota Makassar yang diterapkan dan terintegrasi dengan teknologi yang bertujuan untuk mengembangkan kualitas madrasah dan siswa di era digital, diantaranya adalah pemanfaatan Tablet. dalam proses pembelajaran khususnya bagi siswa kelas VII diarahkan pada proses pembelajaran berbasis digital atau 100% proses pembelajaran berbasis digital dan pemanfaatan aplikasi teknologi dalam pembelajaran diantaranya adalah aplikasi Bahasa Arab buatan MTsN 1 Kota Makassar, aplikasi Alef untuk penunjang bahasa Arab pembelajaran, pengelolaan layanan akademik dan non-akademik berbasis digital seperti perpustakaan dan proses bimbingan konseling, serta mekanisme kantin madrasah dengan menggunakan scan barcode.
Downloads
References
Anwar, L. M., Jufri, A. W., & Muhaimi, L. (2019). Application of Madrasah Based Management in Improving the Quality of Aliyah Madrasah Education. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(5), 257. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v6i5.1086
Ariani, R., & Festiyed, F. (2019). Analisis landasan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan dalam pengembangan multimedia interaktif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/107439
Aslamiyah, T. Al, Setyosari, P., & ... (2019). Blended learning dan kemandirian belajar mahasiswa teknologi pendidikan. … Teknologi Pendidikan. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7862
Bilgin, Y. (2017). Qualitative Method Versus Quantitative Method in Marketing Research: An Application Example at Oba Restaurant. In Qualitative versus Quantitative Research. InTech. https://doi.org/10.5772/67848
Borker, H. (2018). Journeys of Madrasa Students. In Madrasas and the Making of Islamic Womanhood (pp. 58–85). Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oso/9780199484225.003.0003
Burton, N., Culham, T., & Vu, M. C. (2021). Spiritual Practice and Management Education Pedagogy: Exploring the Philosophical Foundations of Three Spiritual Traditions. Journal of Management Education, 45(2), 206–242. https://doi.org/10.1177/1052562920945739
Diskominfo. (2022). Madrasah Digital MAN 1 Jepara Resmi Diluncurkan. Jepara.Go.Id. https://jepara.go.id/2022/06/09/madrasah-digital-man-1-jepara-resmi-diluncurkan/
Efgivia, M. G. (2020). Pemanfaatan Big Data dalam Penelitian Teknologi Pendidikan. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/EDUCATE/article/view/3381
Fadilah, N. N., Setyosari, P., & ... (2021). Motivasi Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran Online. … Teknologi Pendidikan. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/15636
Firdaus, R. (2021). Sulsel Pioner Madrasah Digital di Indonesia. Sulsel.Kemenag.Go.Id. https://sulsel.kemenag.go.id/wilayah/sulsel-pioner-madrasah-digital-di-indonesia-4IriC
Hilir, A., & Kom, S. (2021). PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN Peranan pendidik dalam menggunakan media pembelajaran. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=v51OEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=teknologi+pendidikan&ots=1QY29jUbrQ&sig=279sxs5sijQEE_zhUuXREP6mbrg
Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54
Kim. (2022). MTsN 1 Kota Makassar Menjadi Madrasah Digital Berbasis Riset. Regionalsulawesi.Id. https://regionalsulawesi.id/mtsn-1-kota-makassar-menjadi-madrasah-digital-berbasis-riset/
Löhr, K., Weinhardt, M., & Sieber, S. (2020). The “World Café” as a Participatory Method for Collecting Qualitative Data. In International Journal of Qualitative Methods (Vol. 19, p. 2147483647). SAGE Publications. https://doi.org/10.1177/1609406920916976
Lukens-Bull, R. (2019). Pesantren, Madrasa and the Future of Islamic Education in Indonesia. In Kawalu: Journal of Local Culture (Vol. 6, Issue 1, p. 29). Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten. https://doi.org/10.32678/kawalu.v6i1.2044
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & ... (2022). Hubungan Teori Belajar dengan Teknologi Pendidikan. … Jurnal Ilmu Pendidikan. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8961
Salim, S., Anwar, K., & Kuncoro, A. T. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan untuk Mendukung Layanan Pendidikan Daring. Prosiding Seminar Nasional …. https://ocs.machung.ac.id/index.php/senam/article/view/39
Salsabila, U. H., Fitrah, P. F., & ... (2020). Eksistensi teknologi pendidikan dalam kemajuan pendidikan islam abad 21. JURNAL EDUSCIENCE …. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/eduscience/article/view/1913
Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al Jahiz: Journal of Biology Education …. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz/article/view/2082
Widyasari, R. R. (2020). Reposisi Dan Reaktualisasi Pendidikan Madrasah Dalam Memperkuat Eksistensi Pendidikan Di Era 4.0. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 55–65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hasyim Haddade
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.