Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Peserta Didik akan Ekstrakurikuler PAI di SMA Negeri 1 Perbaungan
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v5i1.263Keywords:
Faktor, Minat dan Ektrakurikuler PAIAbstract
Tujuan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di luar jam pelajaran dan layanan bimbingan konseling adalah untuk membantu siswa berkembang sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minatnya. Kenyataannya, kurangnya semangat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler menghambat hal tersebut. Di SMA Negeri 1 Perbaugan terlihat adanya penurunan jumlah siswa yang berminat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi unsur-unsur yang menyebabkan kurangnya minat siswa SMA Negeri 1 Perbaungan terhadap kegiatan ekstrakurikuler PAI. Penelitian kualitatif adalah metodologi yang digunakan. Penelitian ini membahas permasalahan kurangnya minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan pendidikan agama Islam. Tujuan dari penulisan ini merupakan untuk mengetahui penyebab rendahnya minat peserta didik akan kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agaman Islam di SMA Negeri 1 Perbaungan.
Downloads
References
Burta, F. S. (2018). IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER BERBASIS AGAMA ISLAM DI MTs DARUL HASANAH GENUK SEMARANG SKRIPSI (Issue 1).
Eni. (1967). Konsep kegiatan Ekstrakurikuler. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13–22.
Hana Salsabila, P., Syaflita, D., & Indriani, N. (2023). Kegiatan Ekstrakurikuler Sebagai Wadah Pengembangan Bakat dan Minat Siswa. Jurnal Armada Pendidikan, 1(1), 6–11. https://doi.org/10.60041/jap.v1i1.7
Muflihin. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Rendahnya Minat Peserta Didik Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 25 Bandar Lampung.
Nastiti, D. (2021). Buku Ajar Asesmen Minat Dan Bakat Teori Dan Aplikasinya. In Buku Ajar Asesmen Minat Dan Bakat Teori Dan Aplikasinya. https://doi.org/10.21070/2020/978-623-6833-74-2
Nurfauzi, A., Imamah, Y. H., & Mashar, A. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Pengembangan Minat Dan Bakat Siswa Smp It Ulil Albab Palembang. UNISAN JURNAL: JURNAL MANAJEMEN DAN PENDIDIKAN e-ISSN: 2964-0131 p-ISSN-2964-1748 Vol. 00 No. 00 (2022) : 1-12, 00(00), 1–8. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal
Pelangi, H. (2017). Nilai-Nilai Pembinaan Akhlak Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Di Madrasah Aliyah Mustafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 2(1), 103–128. https://doi.org/10.31604/muaddib.v2i1.158
Rohman1, M. S., Yasyakur2, M., 1mahasiswa, W., Pendidikan, P., Islam, A., Al, S., & Bogor, H. (2019). Peranan Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Dalam Mengembangkan Sikap Beragama Peserta Didik Di Sma Negeri 1 Dramaga Bogor. Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1–15.
Supriadi. (2011). Peranan Pembina Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di SMA Negeri 7 Manado. In Tesis Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Neliwati Sobari, Djody Priantono, Idcham Chalid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.