Implementasi Nilai Islam dalam Pendidikan Toleransi

Studi Literatur terhadap Upaya Pemersatu dalam Masyarakat Pluralis Indonesia

Authors

  • Alwazir Abdusshomad Politeknik Penerbangan Indonesia Curug

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v5i1.269

Keywords:

pluralisme, keberagaman, islam, pendidikan karakter, toleransi

Abstract

Dengan berubahnya zaman, cara hidup dalam masyarakat juga mengalami perubahan. Jika tidak ada pendidikan dasar yang baik, perubahan ini bisa menyebabkan konflik dalam kehidupan berkomunitas. Terlebih lagi di Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, perbedaan suku, agama, ras, dan adat istiadat menjadi hal yang umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji prinsip-prinsip toleransi yang terdapat dalam nilai-nilai Islam dan memperoleh pemahaman tentang cara penerapannya. Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan mengakses data melalui metode library research. Proses pengumpulan data dalam studi ini dilakukan dengan membaca dan menganalisis buku, jurnal, majalah, berita online, serta sumber-sumber lain yang memiliki relevansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukan suatu mekanisme untuk menyatukan masyarakat Indonesia yang beragam, misalnya dengan mengajarkan sikap toleransi sejak dini melalui pendidikan karakter di lembaga pendidikan. Dengan menerapkan pendidikan karakter mengajarkan sikap toleransi, konflik antar kelompok dapat diantisipasi dan persatuan bangsa Indonesia tetap terjaga. Nilai-nilai islam dalam toleransi pada pendidikan karakter diantaranya dengan pemahaman tentang tauhid, keadilan dan kesetaraan, persaudaraan dan kerukunan dan teladan dari Rasulullah SAW

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 107–115. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 1(1), 1–16. https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/PSIKO/article/view/2122

Amir Hamzah. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Literasi Nusantara Abadi.

Anas, M., Zakiyah, M., & Rohmah, S. (2022). Menyemai Perdamaian dalam Perbedaan. Peradaban Journal of Religion and Society, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.59001/PJRS.V1I1.31

Djuniasih, E., & Kosasih, A. (2019). PENERAPAN KARAKTER TOLERANSI BERAGAMA PADA MASYARAKAT CIGUGUR YANG PLURALISME. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/22987

Fidiyani, R. (2013). KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI INDONESIA (Belajar Keharomonisan dan Toleransi Umat Beragama Di Desa Cikakak, Kec. Wangon, Kab. Banyumas). Jurnal Dinamika Hukum, 13(3), 468–482. https://doi.org/10.20884/1.JDH.2013.13.3.256

Hadisaputra, P. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TOLERANSI DI INDONESIA. Dialog, 43(1), 75–88. https://doi.org/10.47655/DIALOG.V43I1.355

Hanafi, I. (2017). REKONSTRUKSI MAKNA TOLERANSI. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 9(1), 40–51. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi/article/view/4322

Lestari, I. D., Grosfigo, H., & Angraini, W. (2022). SOSIALISASI PENDIDIKAN AGAMA SEJAK DINI DI SAWAH LEBAR BENGKULU. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(2), 307–311. https://doi.org/10.36085/JIMAKUKERTA.V2I2.3313

Mawarti, S. (2017). NILAI-NILAI PENDIDIKAN TOLERANSI DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 9(1), 70–90. https://doi.org/10.24014/TRS.V9I1.4324

Mumin, U. A. (2018). PENDIDIKAN TOLERANSI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH MUATAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH). Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 15–26. https://doi.org/10.31943/AFKAR_JOURNAL.V2I1.19

Mustaqim, M. (2019). ANALISIS NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 75–94. https://doi.org/10.14421/JPAI.2019.161-05

Nazmudin, N. (2017). Kerukunan dan Toleransi Antar Umat Beragama dalam Membangun Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Journal of Government and Civil Society, 1(1), 23–39. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jgs/article/view/268

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V5I2.972

Prasetiawati, E. (2017). Urgensi Pendidikan Multikultur untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama di Indonesia. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 1(02), 272–303. https://doi.org/10.32332/TAPIS.V1I02.876

Purnama Sari, D. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1), 1–24. https://doi.org/10.29240/JBK.V1I1.233

Said, N. (2017). PENDIDIKAN TOLERANSI BERAGAMA UNTUK HUMANISME ISLAM DI INDONESIA. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 409–434. https://doi.org/10.21043/EDUKASIA.V12I2.2445

Sodik, F. (2020). Pendidikan Toleransi dan Relevansinya dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam, 14(1), 1. https://doi.org/10.36667/TF.V14I1.372

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Abdusshomad, A. (2024). Implementasi Nilai Islam dalam Pendidikan Toleransi: Studi Literatur terhadap Upaya Pemersatu dalam Masyarakat Pluralis Indonesia. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 137–146. https://doi.org/10.55623/au.v5i1.269
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v5i1.269