Integrasi Pembelajaran Pendidikan Islam Dalam Desain Kurikulum 2013 Di MA Al-Ma’arif Jepara

Authors

  • Mu'alimatul Chasanah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Ahmad Nurul Khakim Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Sendi Muhammad Ma'ruf Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Pingkan Galuh Chandra Kirana Tastaftiyan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Wasi'atul Ilmiyah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Khalimatus Sadiyah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v5i1.276

Keywords:

Kurikulum 2013, Pendidikan Islam, Sosial dan Spiritual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi pembelajaran pendidikan Islam di MA Al-Ma'arif Jepara terhadap desain kurikulum 2013. Manfaat dari penelitian ini yakni mengasosiasikan penerapan kurikulum 2013 di MA Al-Ma'arif Jepara mengenai proses pembelajaran pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Populasi subjek pada penelitian ini yakni dengan Waka Kurikulum MA Al-Ma’arif Jepara. Dalam pengumpulan data, peneliti melaksanakan observasi turun lapangan di MA Al-Ma’arif Jepara, melakukan wawancara langsung dengan Waka Kurikulum dan dokumentasi untuk merekam data. MA Al-Ma'arif Jepara masih mengimplementasikan Kurikulum 2013 dan sedang mempersiapkan peralihan ke Kurikulum Merdeka. Integrasi dari pembelajaran di MA Al Ma’arif Jepara berfokus pada kehidupan spiritual dan sosial. Subjek utamanya ialah pada peserta didik. Di setiap bahasan pokok dihubungkan dengan kemasyarakatan. Capaian keberhasilan membentuk peserta didik lebih peduli serta andil dalam bersosial masyarakat dan selektif terhadap budaya barat dengan memberikan pemahaman yang disesuaikan terhadap kebudayaan Indonesia dan syariat Islam. Penerapan evaluasi pembelajaran di MA Al Ma’arif Jepara dengan penilaian ulasan materi ajar. Evaluasi kurikulum dilakukan berdasarkan evaluasi program pembelajaran dan evaluasi proses pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Andriyani, S., Hamid, A., & Laila, A. N. (2020). STRATEGI PENYULUHAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH SEBAGAI UPAYA PREVENTIF PERNIKAHAN DINI ( Studi Deskriptif pada Siswa MA Sultan Fattah Sukosono Kedung Jepara). Jurnal Penelitian, 14(1), 167. https://doi.org/10.21043/jp.v14i1.7170

Ariantini Putu, S. N. S. M. (2014). Implementasi pengintegrasian sikap spiritual dan sosial dalam pembelajaran bahasa indonesia berbasis kurikulum 2013 di kelas VII SMP I Negri Singaraja. 3(1).

Azis, R. (2018). Implementasi Pengembangan Kurikulum. Inspiratif Pendidikan, 7(1), 44. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4932

Baderiah. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. In Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Deitje Adolfien Katuuk. (2014). Manajemen Implementasi Kurikulum: Strategi Penguatanimplementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 13–26. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1858

Ervina Rahma Safira, S. P. (2023). Implementasi kurikulum Merdeka Pada Pelajaran PAI di Yayasan Pendidikan Islam SMP IT Khansa Khalifah Medan. 2, 349–355.

Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika, 1(2), 35–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193

Hasmawati. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam As ’ adiyah Sengkang. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1, 197–211.

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159–181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729

Isrofah, D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran PAI. Radar Kudus, h. 1. https://radarkudus.jawapos.com/pendidikan/31/07/2022/implementasi-kurikulum-merdeka-dalam-pembelajaran-pai/

Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2018). Mengevaluasi Program Layanan Paud Holistik Integratif. Jurnal PAUD, 1(1), 10–25.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520

Muhammad Khoirur Roziqin, M. R. Z. A. (2021). Educatio and Management Studies NOMOR 183 DAN NOMOR 184 TAHUN 2019 DI MADRASAH ALIYAH. Journal of Education and Management Studies, 4(2), 2–5.

Muharrom. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Pusat Keunggulan Smk Muhammadiyah Sintang. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL, 3(Januari), 1–13.

Nadhiroh, S., & Anshori, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 1–13. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah.https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.292

Rahman, A., & Say, W. (2023). Merumuskan Konten Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2). http://ejournal.alhafiindonesia.co.id/index.php/JOUPI/article/view/24%0Ahttps://ejournal.alhafiindonesia.co.id/index.php/JOUPI/article/download/24/20

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Sudirman, H. (2019). Strategi Implementasi Kurikulum : Suatu Kajian. 2, 936–951.

Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 27. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1614

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Turmuzi, M., Ratnaya, I. G., Al Idrus, S. W., Paraniti, A. A. I., & Nugraha, I. N. B. S. (2022). Literature Review: Evaluasi Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Menggunakan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Jurnal Basicedu, 6(4), 7220–7232. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3428

Wahyudin. (2018). Optimalisasi Peran Kepala

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Mu’alimatul Chasanah, Ahmad Nurul Khakim, Sendi Muhammad Ma’ruf, Pingkan Galuh Chandra Kirana Tastaftiyan, Wasi’atul Ilmiyah, & Khalimatus Sadiyah. (2024). Integrasi Pembelajaran Pendidikan Islam Dalam Desain Kurikulum 2013 Di MA Al-Ma’arif Jepara. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 30–38. https://doi.org/10.55623/au.v5i1.276
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v5i1.276