Pengaruh Pelayanan Bimbingan dan Konseling terhadap Pembentukan Akhlak Siswa MTs Al-Muhlisin

Authors

  • Resti Indah Yuniarti Universitas Islam Jakarta
  • Marhamah Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v5i1.283

Keywords:

Bimbingan dan Konseling, Pembentukan Akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang tepat, benar, valid serta dapat dipercaya dan diandalkan tentang Pengaruh Pelayanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa Al-Mukhlisin. Seberapa besar pengaruh diantara keduanya terbilang cukup atau sedang serta faktor-faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan metode “deskriptif analitik korealsional” adapun objek penelitian adalah siswa kelas VII, VIII, MTs Al-Mukhlisin, yang berjumlah 105 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes sebanyak 44 responden. Dilengkapi juga teknik obeservasi, dan wawancara. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan Product Moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian yaitu jika dilihat dari segi uji koefisien product moment menghasilkan rxy atau ro sebesar 0,422 hal ini menunjukkan bahwa ro lebih besar dari pada rt pada taraf signifikan 5% = 0,301 dan lebih kecil dari pada rt pada taraf signifikan 1% = 0,389. Membandingkan besarnya “rxy” dengan “rt” seperti yang diketahui rxy yang peneliti peroleh adalah 0,422 sedangkan rt masing-masing 0,301 dan 0,389. Dengan demikian ternyata bahwa rxy ≥ rt pada taraf signifikan 5% dan rxy ≤ rt pada taraf signifikan 1%, maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, sementara Hipotesis Nihil (Ho) di tolak. Dalam hal ini berarti terdapat Pengaruh Pelayanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa Al-Mukhlisin pengaruhnya cukup. Korelasi tersebut adalah Pelayanan Bimbingan sangat di perlukan pada siswa MTS Al-Mukhlisin. Dari hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa Pelayanan Bimbingan dan Konseling pada siswa MTS Al-Mukhlisin Berpengaruh pada Siswa nya. Selain guru, komite sekolah, harus berperan aktif dalam meningkatkan Pelayanan Bimbingan dan Konseling.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, Hallen, Bimbingan Konseling , Jakarta: Ciputat Pers, 2002

Badrujaman, Aip, Teori & Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan Konseling, Jakarta, PT indeks Permata Puri Media, 2004

Afni, Nur, dkk. Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Samudra Biru, 2018

Luddin Abu Bakar. Dasar-dasar Konseling. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2010

Suhertina. Pengantar Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pekanbaru: Suska Press, 2008

Sukardi, Dewa Ketut. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2008

Ardani, Moh, Nilai-Nilai Akhlak/Budi Pekerti Dalam Ibadat dan Tasawuf, Jakarta: CV. Karya Mulia, 2005

Juntika, Achmad, Bimbingan Dan Konseling, Bandung : PT Refika Aditama, 2014

Samsul, Amin, Munir, Ilmu Akhlak,Jakarta, Amzah, 2016

Ritongga, Rahman, Akhlak Merakit Hubungan Dengan Sesama Manusia,Surabaya, amelia, 2007

Sukirno, Agus, Pengantar Bimbingan Dan Konseling Islam, Serang : A- Empat, 2014

Anwar, Rosihon, Akidah Akhlak, bandung : Pustaka Setia, 2014

Bimo Walgito, Bimbingan + Konseling ,Yogyakarta, CV Andi, 2010

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Resti Indah Yuniarti, & Marhamah. (2024). Pengaruh Pelayanan Bimbingan dan Konseling terhadap Pembentukan Akhlak Siswa MTs Al-Muhlisin. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 11–17. https://doi.org/10.55623/au.v5i1.283
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v5i1.283