Dakwah Smilling Islam ala Abdurrahman Mas’ud
(Analisis Filsafat Dakwah)
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v5i1.284Keywords:
Dakwah Smilling Islam, Filsafat Ilmu dan Dakwah.Abstract
Penelitian ini mengkaji pemikiran Abdurrahman Mas’ud dalam karyanya Dakwah Smilling Islam, yang dikaji secara filsafat ilmu: ontologi, epistemology dan aksiologi. Adapun Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kualitatif dengan studi kepustakaan dengan menganalisis referensi-referensi yang memiliki tema yang sama. Sumber data primernya adalah Otobiografi Prof Abdurrahman Mas’ud. Sumber data sekundernya adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber lain yang berkaitan. Hasilnya Dakwah smilling Islam (ramah) merupakan dakwah yang mendasari bahwa Islam membawa ajaran-ajaran yang berpedoman Al-Quran dan Sunnah secara fundamental dan radikal, membawa ajarannya utuh sesuai realitas manusia secara individu maupun sosial dengan landasan keramahan dan toleransi. Objek materil al-Quran dan sunnah tidak hanya sekedar teks melainkan terkandung nilai-nilai yang luhur dapat di interpretasikan pada umatnya. Ajarannya terjaga secara baik dan utuh melalui sanad keilmuan serta tradisi-tradisi masyarakat yang memiliki budi luhur (akhlak baik). Secara empiris, persepsi seorang muslim diarahkan kepada keterbukaan akan dunia luar yang memiliki kemanfaatan bagi pribadi sehingga menghilangkan dikotomi ilmu yang selama ini dianggap tidak baik (sains).
Downloads
References
Abdullah. (2018). Ilmu Dakwah; Kajian Ontologi, Epistemologi, Aksiologi dan Aplikasi Dakwah (1st ed., p. 290). PT RajaGrafindo Persada.
Abdurrahman Mas’ud. (2019). Otobiografi Intelektual Prof. H Abdurrahman Mas’ud, Ph.D Mendakwahkan smiling Islam : dialog kemanusiaan Islam dan barat (1st ed.). Pustaka Compass.
Ghazali, M. B. (2022). Filsafat Dakwah. In Kudus (Vol. 14, Issue 2).
Karisna, N. N. (2022). Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi dalam Perspektif Filsafat Ilmu Dakwah di Era Komunikasi Digital. JISAB: The Journal of Islamic Communication and Broadcasting, 2(1), 66–81. https://doi.org/10.53515/jisab.v2i1.17
Khotimah, K. (2016). EPISTEMOLOGI DAKWAH KONTEMPORER Khusnul Khotimah. Epistemologi Ilmu Dakwah Kontemporer, 10(1), 68–92.
Mukhyidin, I., Junanah, & Susilo, M. J. (2020). Analysis of The Concept of Religious Humanism Islamic Education According to Abdurrahman. Millah: Journal of Religious Studies, 20(1), 33–62. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art2
Nawawi, N. (2016). PENGEMBANGAN ILMU DAKWAH (Tinjauan Permasalahan Penelitian). KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.24090/komunika.v1i1.778
Nurjanah, I. (2018). Paradigma Humanisme Religius Pendidikan Islam. Misykat:Jurnal Ilm-Ilmu Al-Qur’an, Hadits, Syariah Dan Tarbiyah, 03(01), 156–158.
Rasyid, M. R. (2018). Pemikiran Pendidikan Islam Abdurrahman Mas’ud. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 10(2), 313–323. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v10i2.152
Ulfa, L. (2016). Filsafat dakwah yang terabaikan. Kontemplasi IAIN Tulungagung, 04(1), 75–100.
Zulkarnaini. (2015). Dakwah Islam di Era Modern. Risalah, 26(3), 154–155.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arief Ajie Pamungkas Emnoor
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.