Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Minat Belajar di SMKN 5 Jakarta Timur
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v5i1.286Keywords:
Pola Asuh Orang Tua, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu faktor yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik yaitu pola asuh orang tua terhadap peserta didik. Pola asuh dari orang tua dalam proses belajar dapat membantu dan mendorong semangat belajar yang tinggi pada peserta didik sehingga akan mudah dalam mencapai prestasi belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidak nya pengaruh perhatian orang tua terhadap minat belajar peserta didik di SMKN 5 Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif, metode penarikan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling, dengan jumlah responden 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika dilihat dari segi uji koefisien Product Moment menghasilkan "rxy" atau "ro" sebesar 0,619 sedangkan "r" pada taraf signifikan 5% = 0,361 dan taraf signifikan 1% = 0,463. Dengan demikian dapat diketahui bahwa "ro" > "r" baik pada taraf 5% atau 1%. Maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima atau disetujui, sementara Hipotesis Nihil (Ho) ditolak atau tidak disetujui. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada pola asuh orang tua terhadap minat belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat korelasi yang kuat/tinggi dari pengaruh interaksi sosial terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI dengan nilai 0,619 atau 61%.
Downloads
References
Abdullah. Sosiologi Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2011.
Ahmadi, Abu dan Supriyono. Psikologi Belajar, Jakarta : PT Rineka Cipta, 2013.
Amin, Suci dan Rini Harianti. Pola Asuh Orang Tua Dalam Motivasi Belajar Anak, Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2018.
As'ari, Kasan. Hypnoteaching for your Learning, Yogyakarta : Hijaz Pustaka Mandiri, 2020.
Baharuddin. Pendidikan & Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2012.
Djamarah, Syaiful. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Keluarga, Jakarta : Rineka Cipta, 2014.
Djumhur dan Surya. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Bandung : Ilmu, 2010.
Gichara, Jenny. Mendidik Anak Sepenuh Jiwa, Jakarta : PT Gramedia, 2013.
Hamdani. Strategi Belajar Mengajar, Bandung : Pustaka Setia, 2017.
Koentjaraningrat. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Kompri. Belajar : Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Yogyakarta : Media Akademi, 2017.
Komalasari, Kokom. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi, Bandung : Refika Aditama, 2011.
Lestari, Sri. Psikologi Keluarga, Jakarta: Kencana Preanada Media Group, 2012.
Maryani, Dedeh. Pemberdayaan Masyarakat, Yogyakarta : CV Budi Utama, 2019.
Muhammad dan Leila, Mona Ganiem. Teori Komunikasi Antar Pribadi, Jakarta : Prenada Media Grup, 2011.
Nasution, Thamrin. Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak, Yogyakarta : Kanisius, 2010.
Parwati, Ni Nyoman. dkk. Belajar dan Pembelajaran, Depok : PT Raja Grafindo Persada, 2018.
Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitif, Kualitatif, dan R&B, Bandung: Alfabeta, 2013.
Sumantri, Mohammad Syarif. Strategi Pembelajaran, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2015.
Supardi. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2015.
Supriyono, Agus. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2011.
Surya, Mohammad. Psikologi Guru: Konsep Dan Aplikasinya, Bandung: ALFABETA CV, 2014.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Usman, Moch. Uzer. Menjadi Guru Profesional, Bandung : PT Remaja Rosda Karya, 2010.
Wilcox, Lynn. Psikologi Kepribadian, Yogyakarta: IRCiSoD, 2018.
Yamin, Martinis. Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta : Gaung Persada, 2011.
Sumber Jurnal : Mardiyah. Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak, Jurnal Kependidikan Volume 3 No.2, 2015.
T Andiyanto. (2021). peran pendidik agama islam Terhadap pembentukan kepribadian anak . IJIGAEd.
T. Haryono, Daniel Fajar Panuntun. (2019). Model gaya hidup nazir sebagai refleksi gaya hidup. Evangelikal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sarah Nurul Fadhilah, Nur Irsyadiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.