Implementasi Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Authors

  • Khairun Nisa Universitas Islam An Nur Lampung
  • Siti Patimah UIN Raden Intan Lampung
  • Andi Warisno Universitas Islam An Nur Lampung
  • Nurul Hidayati Murtafiah Universitas Islam An Nur Lampung

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v5i1.287

Keywords:

Manajemen Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kualitas pendidikan

Abstract

Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah adalah suatu usaha yang dilakukan Kepala Sekolah untuk mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan dan menggerakan bahkan memberdayakan guru, staf, siswa, orang tua siswa dan pihak terkait untuk bekerja atau berperan aktif dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas Pendidikan. Kualitas pendidikan dalam artikel ini adalah kemampuan sistem pendidikan dalam mengelola dan memproses pendidikan secara berkualitas dan efektif untuk meningkatkan nilai tambah dan menghasilkan output dan outcome yang berkualitas. sehingga kebutuhan konsumen dan kepuasan pelanggan terpenuhi. Manajemen kepemimpinan kepala sekolah sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas Pendidikan di suatu organisasi sekolah. Dalam penulisan ini, digunakan pendekatan metode penelitian perpustakaan,(Library Research) yang melibatkan penyelidikan atas suatu permasalahan dengan mempertimbangkan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai cara untuk mencari solusinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas Pendidikan . (2) Kepemimpinan Kepala Sekolah yang ideal memberikan pengaruh bagi meningkatnya kualitas pembelajaran dan tercapainya tujuan pendidikan secara maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ara Hidayat & Imam Machli, Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Dalam Mengelola Sekolah dan Sekolah, (Yogyakarta: Kaukaba, 2012).

Danim, S. (2006). Visi Baru Manajemen Sekolah (Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik). Bumi Aksara. David, F. R. (2011). Strategic Management (Konsep Manajemen Strategi). Salemba Empat.

Engkoswara, Dan Aan Komariah, Administrasi Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2010), hal. 177

H.E. Mulyadi, 2023, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta, PT. Bumi Aksara.

Hasan Langgulung, 1998. Beberapa Pemikiran Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung : al-Ma’arif, Cet. II.

Istikomah, I. (2018). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(2), 26–53. https://doi.org/10.51311/nuris.v5i2.107

Lestari, A. S. (2019). Penerapan Manajemen Strategik Dengan Analisis SWOT Pada SMP Negeri 4 Kendari. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 1–24. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5173

Mulyasana, D. (2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Remaja Rosda Karya

Saefullah, Menajemen Pendidikan Islam, (Bandund: CV. Pustaka Setia, 2012)

Suhardiman, Budi. (2012). Studi Pengembangan Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Wahyudi, (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Pontianak: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Khairun Nisa, Siti Patimah, Andi Warisno, & Nurul Hidayati Murtafiah. (2024). Implementasi Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 121–128. https://doi.org/10.55623/au.v5i1.287
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v5i1.287