Efektivitas Penggunaan Talking Stick dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 5 Jakarta

Authors

  • Rania Aulia Universitas Islam Jakarta
  • Tahir Wijaya Universitas Islam Jakarta
  • Soraiya Utsman Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v5i2.359

Keywords:

Efektifitas talkingstick KeterampilanBerbicaraBahasaArab

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Quasi-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Jakarta. Permasalahan yang ada dalam pembelajaran keterampilan berbicara: Siswa tidak banyak menghafal keterampilan berbicara karena tidak melatih kemahirannya dalam keterampilan berbicara. Siswa tidak banyak menghafal keterampilan berbicara karena guru tidak menggunakan metode yang tepat. Guru tidak menggunakan media yang tepat dalam mengajarkan keterampilan berbicara dan guru tidak menciptakan lingkungan berbahasa Arab, yaitu guru tidak berbicara bahasa Arab pada saat mengajar. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui sejauh mana efisiensi siswa dalam meningkatkan pembelajaran keterampilan berbicara dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan tongkat bicara dalam meningkatkan pembelajaran keterampilan berbicara dalam buku teks pada bab kedua tentang “Hobi” di kalangan siswa kelas sebelas di SMA Muhammadiyah 5 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Metode pemilihan data adalah observasi, dokumen, dan hasil pre dan post test. Berdasarkan pengujian satu variabel dan sampel tunggal (Single T-Test). (Sig) (2 Ekor) sebesar 0,05. Oleh karena itu, tingkat yang lebih besar dari 0,00 (Signifikansi) lebih kecil dari 0,05, maka hasil pengujian dengan satu variabel dan satu sampel (Single T-Test) mempunyai hasil yang signifikan (Signifikan). Skor ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) “diterima” dan hipotesis pertama (H0) “ditolak”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fakhrurrozi ,Aziz dan Erta Mahyudi, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: CV. Pustaka Cendikia Utama, 2012.

Arikunto, S., 2006, Prosedur Penelitian: Suatu Pengantar Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad, Muhammad Sukri. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanete

Rilau. [Tesis]. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Hermawan, Acep. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di

Ruang-ruang Kelas). Jakarta: PT Grasindo Widia Sarana Indonesia

Purnamasari, Yustika. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick (TS) pada siswa kelas V SD Negeri

Maron. [Skripsi]. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta: Pustaka pelajar

Trianto. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual.

Jakarta: Kencana

Turnip, Mery Elisabet. (2019). Teknik Talking Stick dalam Keterampilan Berbicara

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Rania Aulia, Tahir Wijaya, & Soraiya Utsman. (2024). Efektivitas Penggunaan Talking Stick dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 5 Jakarta. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2), 262–267. https://doi.org/10.55623/au.v5i2.359
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v5i2.359