Efektivitas Penggunaan Talking Stick dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 5 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v5i2.359Keywords:
Efektifitas talkingstick KeterampilanBerbicaraBahasaArabAbstract
Penelitian ini adalah penelitian Quasi-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Jakarta. Permasalahan yang ada dalam pembelajaran keterampilan berbicara: Siswa tidak banyak menghafal keterampilan berbicara karena tidak melatih kemahirannya dalam keterampilan berbicara. Siswa tidak banyak menghafal keterampilan berbicara karena guru tidak menggunakan metode yang tepat. Guru tidak menggunakan media yang tepat dalam mengajarkan keterampilan berbicara dan guru tidak menciptakan lingkungan berbahasa Arab, yaitu guru tidak berbicara bahasa Arab pada saat mengajar. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui sejauh mana efisiensi siswa dalam meningkatkan pembelajaran keterampilan berbicara dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan tongkat bicara dalam meningkatkan pembelajaran keterampilan berbicara dalam buku teks pada bab kedua tentang “Hobi” di kalangan siswa kelas sebelas di SMA Muhammadiyah 5 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Metode pemilihan data adalah observasi, dokumen, dan hasil pre dan post test. Berdasarkan pengujian satu variabel dan sampel tunggal (Single T-Test). (Sig) (2 Ekor) sebesar 0,05. Oleh karena itu, tingkat yang lebih besar dari 0,00 (Signifikansi) lebih kecil dari 0,05, maka hasil pengujian dengan satu variabel dan satu sampel (Single T-Test) mempunyai hasil yang signifikan (Signifikan). Skor ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) “diterima” dan hipotesis pertama (H0) “ditolak”.
Downloads
References
Fakhrurrozi ,Aziz dan Erta Mahyudi, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: CV. Pustaka Cendikia Utama, 2012.
Arikunto, S., 2006, Prosedur Penelitian: Suatu Pengantar Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad, Muhammad Sukri. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanete
Rilau. [Tesis]. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Hermawan, Acep. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di
Ruang-ruang Kelas). Jakarta: PT Grasindo Widia Sarana Indonesia
Purnamasari, Yustika. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick (TS) pada siswa kelas V SD Negeri
Maron. [Skripsi]. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta: Pustaka pelajar
Trianto. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual.
Jakarta: Kencana
Turnip, Mery Elisabet. (2019). Teknik Talking Stick dalam Keterampilan Berbicara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rania Aulia, Tahir Wijaya, Soraiya Utsman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.