Transformasi Gagasan Pendidikan Islam dalam Lintasan Sejarah

Telaah Kritis terhadap Pemikiran Syekh Sulaiman Ar-Rasuli (Inyiak Canduang)

Authors

  • Syofrianisda Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Saifullah Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Desi Asmaret Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Julhadi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v6i1.395

Keywords:

Transformasi Pendidikan Islam, Syekh Sulaiman Ar-Rasuli, Inyiak Canduang, Sejarah Pendidikan, Minangkabau.

Abstract

Kajian ini membahas transformasi gagasan pendidikan Islam melalui telaah kritis terhadap pemikiran Syekh Sulaiman Ar-Rasuli (Inyiak Canduang), seorang ulama terkemuka Minangkabau yang berperan besar dalam pembentukan sistem pendidikan Islam lokal pada abad ke-20. Dengan pendekatan historis-analitis, studi ini mengeksplorasi bagaimana Inyiak Canduang memformulasikan konsep pendidikan yang berlandaskan tauhid, memperkuat nilai-nilai akhlak, serta mengadaptasikan tradisi Islam dengan adat Minangkabau dalam merespons tantangan zaman kolonial dan modern. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan beliau mengalami transformasi dinamis: dari model tradisional berbasis surau menuju model pendidikan formal yang lebih terstruktur, tanpa melepaskan akar-akar budaya lokal. Telaah ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman perkembangan pendidikan Islam di Indonesia, khususnya mengenai peran inovatif ulama lokal dalam menghadirkan sintesis antara agama, adat, dan modernitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Taufik. 1987. Sejarah dan Masyarakat, Lintas Historis Islam di Indonesia. Jakarta: Pustaka Firdaus

Cahyani, Ririn Dwi. dkk. 2020. Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Canduang: Gerakan Modernisasi Lembaga Pendidikan Islam di Sumatera Barat (1907-1928), Jurnal Kronologi, Vol. 2, No. 2

Koto, Alaidin. 2021. Persatuan Tarrbiyyah Islamiyah (Sejarah Paham Keagamaan dan Pemikiran Politik 1945-1979). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Nelmawarni, dkk. 2003. Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI), dalam Sosiohumanika 16B(1), Padang: IAIN-IB Perss

Nisa, Elvira. dkk. 2019. Perjuangan Syekh Sulaiman Ar-Raduli dalam memajukan Agama di Ranah Minang, Licteracy: Jurnal Ilmiah Sosial, Vol. 1, No. 2

Rumaeza. 2016. Perjuangan Syekh Sulaiman Ar-Rasuli dalam Mengembangkan PERTI di Minangkabau Tahun 1930-1970. Skripsi (p.31).(Banten: IAIN Sultan Maulana Hasanuddin

Sed, Mestika. dkk. 2021. Biografi Inyiak Canduang: Perjalanan Hidup dan Perjuangan Syekh Sulaiman Arrasuli, Depok: PT RajaGrafindo Persada

Yunus, M. 1996. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung

Zulkifli. 2015. Pemikiraqn Pendidikan Islam Syekh Sulaiman Arrasuli dan Titab Klasiknya. Ejournal UIN Imam Bonjol Padang, Vol. 3, No. 1

Downloads

Published

2025-06-22

How to Cite

Syofrianisda, Saifullah, Desi Asmaret, & Julhadi. (2025). Transformasi Gagasan Pendidikan Islam dalam Lintasan Sejarah: Telaah Kritis terhadap Pemikiran Syekh Sulaiman Ar-Rasuli (Inyiak Canduang). Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 170–179. https://doi.org/10.55623/au.v6i1.395