Pembentukan Karakter Berbasis Asrama di SMA Dharma Wanita 1 Pare
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v6i1.406Keywords:
Pembentukan Karakter, Asrama, SMA Dharma WanitaAbstract
Sistem pendidikan berbasis asrama adalah salah satu sistem pendidikan karakter yang lebih komprehensif yang dapat digunakan selain pengaturan ruang kelas tradisional. Melalui bantuan sistem ini, anak dapat memperoleh arahan intelektual, moral, dan sosial yang komprehensif, sehingga memudahkan perkembangan karakternya secara keseluruhan. Sistem pendidikan berbasis asrama merupakan salah satu pilihan yang dapat digunakan karena diketahui dapat menumbuhkan suasana yang mendukung pengembangan karakter. Penelitian ini menggunakan teknik pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memahami secara utuh pelaksanaan proses pembentukan karakter berbasis asrama di SMA Dharma Wanita 1 Pare, maka dari ini saya menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki proses terbentuknya karakter dengan berbasis asrama beserta tantangannya. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode wawancara kepada guru dan siswa, dapat disimpulkan bahwa pembentukan karakter berbasis asrama sangatlah efektif dan terjadi perubahan yang significant pada karakter peserta didik, khususnya pada bidang kedisiplinan. Meski pembentukan karakter berbasis asrama ini sangatlah efektif. Sistem pendekatan kedisiplinan yang digunakan oleh guru membuktikan sebuah keberhasilan, karena dilihat dari observasi yang peneliti lakukan bahwa peserta didik SMA Dharma Wanita 1 Pare sudah memiliki disiplin. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pembentukan karakter berbasis asrama, didapatkan kesimpulan bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan karakter berbasis asrama sangat efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Namun terdapat tantangan yang harus diatasi, seperti mengatur jumlah siswa per pembina asrama dan menumbuhkan motivasi untuk mengatasi rasa malas. Fakta membuktikan metode disiplin guru berhasil, terlihat dari pengamatan hasil kedisiplinan siswa SMA Dharma Wanita 1 Pare.
Downloads
References
Alfikri, A. W. (2023). Peran Pendidikan Karakter Generasi Z dalam Menghadapi Tantangan Di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional PascasarjanaUNNES, 6(1), 21–25. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/2091/1574
Hidayati, R. (2019). Interaksi Sosial dan Pembentukan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kole, N., & Anak Bangsa, S. (2022). ASRAMA SEBAGAI TEMPAT KEHIDUPAN DAN PEMBINAAN SISWA-SISWI SEKOLAH MISI INTERDENOMINASI SURABAYA. Inculco Journal of Christian Education, 2(2).
Nurdin, A. (2020). Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Jakarta: Penerbit Pendidikan.
Omeri, N., Negeri, S., & Makmur, A. (n.d.). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.
Rahardjo, M. (2010, October 15). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. https://uin-malang.ac.id/r/101001/triangulasi-dalam-penelitian-kualitatif.html
Reskiawan, M. M. N., & Agustang, A. (2022). Sistem Sekolah Berasrama (Boarding School) Dalam Membentuk Karakter Disiplin Di MAN 1 Kolaka. Pinisi Journal Of Sociology Education Review, 1(2), 125–133. https://doi.org/10.31219/OSF.IO/CTPM3
Saifurrohman, S. (2014). Pendidikan Berbasis Karakter. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 11(2). https://doi.org/10.34001/TARBAWI.V11I2.215
Sholikhun, M. (2018). Pembentukan Karakter Siswa Dengan Sistem Boarding School. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 48–64. https://doi.org/10.61136/B4TXRN57
Sulhan, M. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Jurnal Visipena, 9(1), 159–172. https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/450/410
Triyanto, T. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175–184. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Firdaus, Fathiyah Idris, Radi Ahnaf Prayogi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.