Efektivitas Metode Pembelajaran Tahfidz dalam Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Arab pada Siswa di MA Sejahtera

Authors

  • Muhammad Qadafi Universitas Islam Jakarta
  • Syarifullah Universitas Islam Jakarta
  • Aliyatul Jannah Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v6i1.411

Keywords:

Implementasi, Program Tahfidz, MA Sejahtera

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pentingnya program tahfidz Al-Qur'an dalam membentuk karakter dan meningkatkan kemampuan menghafal di kalangan siswa. Mengingat tantangan yang dihadapi oleh siswa dalam proses menghafal, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi program tahfidz di MA Sejahtera, Pare Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data didapat melalui wawancara dengan guru, siswa, serta observasi dengan survei sebagai penguat dalam pengambilan data penelitian. Dengan cara ini, peneliti dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang pengalaman dan tantangan yang dihadapi oleh siswa dalam program tahfidz. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi program tahfidz Al-Qur'an di MA Sejahtera dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung maupun menghambat keberhasilan program tersebut. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan rekomendasi bagi pengembangan program tahfidz di masa mendatang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahfidz di MA Sejahtera telah dilaksanakan dengan baik, meskipun terdapat beberapa tantangan yang dihadapi siswa, seperti kesulitan dalam mengingat dan kurangnya dukungan dari lingkungan. Namun, dengan adanya metode evaluasi yang terstruktur dan dukungan dari guru serta orang tua, siswa dapat mencapai kemajuan yang signifikan dalam menghafal Al-Qur'an. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan program tahfidz di lembaga pendidikan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Wali, Cecep. 2017. Mitos-mitos Menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta: Laksana.

Abidin, Zaidan. 1992. Seluk Beluk Al-Qur’an. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Abu Sayyidi, Sayyid Mukhtar. 2016. Adab-adab Halaqah Al-Qur’an: Belajar Dari Tradisi Ulama. Solo: PR Aqwam Media Profetika.

Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitaif: Sebuah Upaya Pendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Al-Hafidz, Ahsin W. 2005 Bimbingan Praktis menghafal Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Al-Qarni, ‘Aidh bin Abdulloh. 2005. Nikmatnya Hidangan Al-Qur’an. Jakarta: Magfirah Pustaka.

Arikunto, Suharmini dan Cepi Syafrudin. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ar-rifa’i, Muhammad Nasib. 1989. Taisir al-Aliyyul Qadir Li Ikhtishari Tafsir Ibnu Katsir Jilid 2. Jakarta: Gema Insani Press.

Baduwailan, Ahmad. 2016. Menjadi Hafizh: Tips dan Motivasi Menghafal Al-Qur’an. Solo: PT. Aqwam Media Profetika.

Chairani, Lisya dan Subandi. 2010. Psikologi Santri Penghafal al-Qur’an: peranan regulasi diri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ichwan, Mohammad Nor. 2005. Belajar al-Qur’an. Semarang: Rasail.

Indrawan W.S. 2000. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jombang : Lintas Media.

Juniar, Ade Nada Ayu. 2023. Skripsi. Implementasi Program Tahfidz al-Qur’an Bagi Peserta Didik di Madrasah Aliyah Alkhairaat Biromaru Kabupaten Sigi. Palu : UIN Datokarama.

Makhyarudin, Deden. 2013. Rahasia Nikmatnya Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: PT. Mizan Publika.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. 2009. Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah atau Madrasah.

Munawwir. 1999. Kamus al-Munawwir Arab Indonesia. Surabaya: Pustaka Progesif.

Musafa’ah, Suqiyah. 2011. Studi al-Qur’an. Surabaya: IAIN SA Press.

Shihab, Quraisy. 2010. Tafsir al-Mishbah: Pesan dan Kesan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.

Waliko. 2022. Metode Tahfidz Al-Qur’an di Nusantara. Kebumen: Wawasan Ilmu.

Zamani, Zakidan dan Muhammad Syukron Maksum. 2009. Menghafal Al-Qur’an itu Gampang. Yogyakarta: Penerbit Mutiara Media.

Downloads

Published

2025-06-24

How to Cite

Muhammad Qadafi, Syarifullah, & Aliyatul Jannah. (2025). Efektivitas Metode Pembelajaran Tahfidz dalam Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Arab pada Siswa di MA Sejahtera. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 272–281. https://doi.org/10.55623/au.v6i1.411