Pengaruh Guru Terhadap Peningkatan Motivasi Membaca Al – Qur’an Peserta Didik (Studi Survey di SMKN 14 Jakarta)
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v6i1.415Keywords:
Guru, Motivasi, Membaca Al - Qur'an, Peserta Didik, SMKN 14 JakartaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh guru terhadap motivasi membaca Al – Qur'an peserta didik di SMKN 14 Jakarta. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei terhadap 47 peserta didik kelas XI sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui angket dan tes baca Al – Qur'an, kemudian dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara peran guru dan motivasi membaca Al – Qur'an peserta didik dengan koefisien korelasi sebesar 0,501, yang termasuk dalam kategori cukup/sedang. Hal ini membuktikan bahwa guru memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan motivasi peserta didik melalui strategi seperti pemberian motivasi, fasilitas pembelajaran yang memadai, dan keteladanan. Selain itu, ditemukan bahwa 25% variasi motivasi membaca Al – Qur'an dipengaruhi oleh peran guru, sedangkan 75% lainnya dipengaruhi oleh faktor eksternal di luar penelitian. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, serta memberikan penghargaan kepada peserta didik untuk meningkatkan motivasi intrinsik mereka. Penelitian ini juga merekomendasikan perlunya kolaborasi antara guru dan keluarga untuk memperkuat motivasi membaca Al – Qur'an peserta didik.
Downloads
References
Al - Fatih, A. F. (2023). Hubungan Antara Living Al-Qur’an Dan Hadis Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 4(2), 415–426.
Amaliyah, N. (2024). Profesi Keguruan (Musdalifa, Ed.; 1 ed.). Samudra Biru.
Astuti, R. F., Riyadi, R., & Ellyawati, N. (2022). Profesi Kependidikan (B. A. Laksono, Ed.; 1 ed.). CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Bangsawan, I. P. R. (2023). Mengembangkan Minat Baca (1 ed.). PT Pustaka Adhikara Mediatama.
Bastin, N. (2022). Keterampilan Literasi, Membaca, dan Menulis (1 ed.). Nasahon Bastin Publishing.
Damaianti, V. S. (2021). Strategi Regulasi Diri dalam Peningkatan Motivasi Membaca. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 52–60.
Fathurrohman, A. (2022). Strategi Meningkatkan Motivasi Tahfidz Al-Qur’an Pada Pondok Pesantren. Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial, 20(1), 76–90.
Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru (B. S. Fatmawati, Ed.; 1 ed.). PT Bumi Aksara.
Harmoni. (2020). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 2(1), 82.
KBBI. (2025). KBBI VI Daring. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Kunaenih, Firdaus, Al Farisi, S., & Hasanah, N. (2023). Pengaruh Assestment Diagnostik Terhadap Motivasi Belajar (Studi Survei di SMAN 1 Pare, Kediri, Jawa Timur). Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(1), 451–456.
Munawir, Salsabila, Z. P., & Nisa, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12.
Nadiah, Ulfah, M., & Salsabil, P. (2023). Pengaruh Partisipasi Pendidik Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di MA Sejahtera Pare. El-Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 41–57.
Nur, H. M., & Fatonah, N. (2022). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD UNIGA, 1(1), 12–16.
Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X Sma N 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(4), 326–336.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fathiyyah Idris Fathiyyah Idris, Yuyu Wahyudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.