Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Google Sites pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v6i1.448Keywords:
Blended learning, google sites, hasil belajar, Pendidikan agama islamAbstract
Artikel ini membahas penerapan model pembelajaran blended learning berbantuan google sites pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan Budi pekerti untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMPN 5 Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui aktivitas peserta didik ketika model blended learning berbantuan google sites diterapkan; Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran blended learning berbantuan google sites dapat meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Jenis Penelitan Tindak Kelas (PTK) dengan model Kemmis Mc taggart yang terdiri dari Planning, acting, observing dan Reflecting. Objek penelitian ini adalah peserta didik SMPN 5 Palopo yang berjumlah 18 peserta didik, yang terdiri dari 8 Laki laki dan 10 perempuan. Data diperoleh melalui lembar observasi guru dan peserta didik, serta hasil belajar. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan analisis data lembar observasi dan test hasil belajar. Hasil penelitian pada lembar observasi guru pada siklus I menunjukan ketuntasan rata rata mencapai sebesar 88%, pada siklus mencapai rata rata sebesar 100%. Lembar observasi peserta didik pada siklus I mencapai rata rata keterlaksanaan sebesar 72%, pada siklus II mencapai rata rata keterlaksanaan sebesar 82,77%. Sedangkan pada hasil belajar pretest mendapat sangat kurang (100%), Kemudian pada siklus I post test mendapat nilai sangat baik (26%), baik (61,11%) dan sangat kurang (11,11%). Pada siklus peserat didik mendapat nilai sangat baik (66,66%) dan nilai baik (33%).
Downloads
References
Adzkiya, Dilla Safira, dan Maman Suryaman. “Penggunaan Media Pembelajaran Google Site Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD.” Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan 6, no. 2 (3 Juli 2021): 20–31. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891.
Aini, Kurratul. “Kemandirian Belajar Mahapeserta didik Melalui Blended Learning Tipe Flipped Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Literasi Digital 1, no. 1 (29 Maret 2021): 42–49. https://doi.org/10.54065/jld.1.1.2021.7.
Arifin, Muhammad, dan Muhammad Abduh. “Peningkatan Motivasi Belajar Model Pembelajaran Blended Learning.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (24 Juli 2021): 2339–47. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1201.
Az- Zuhaili, Wahbah. At-Tafsir al-Munir Fil’ Aqidah wasy Syari’ah Wal Manhaj. Jl. Ir. H. Juanda, Depok, 16418: Gema Insani, 2014.
Azizah, Anisatul. “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran.” Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 1 (8 Mei 2021): 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475.
Bhagaskara, Arindra Evandian, Aulia Kaffah Firdausi, dan Mochammad Syaifuddin. “Penerapan Media Webquest Berbasis Google Sites Dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Di MI Bilingual Roudlotul Jannah Sidoarjo.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 5, no. 2 (15 Juli 2021): 104–19. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i2.5541.
Dakhi, Agustin Sukses. “Peningkatan hasil belajar peserta didik.” Jurnal education and development 8, no. 2 (7 Mei 2020): 468–468.
Dakhi, Oskah, Jalius Jama, Dedy Irfan, AMBIYAR, dan ISHAK. “Blended learning: a 21st century learning model at college.” International journal of multi science 1, no. 08 (14 November 2020): 50–65.
Departemen Agama Republik indonesia. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: PT. Syamil Cipta Media, 2020.
Firmansyah, Mokh Iman. “Pendidikan Agama Islam : Pengertian, Tujuan, Dasar, dan Fungsi.” Taklim : Jurnal Pendidikan Agama Islam 17, no. 2 (1 September 2019): 79–90. https://doi.org/10.17509/tk.v17i2.43562.
Gesy, Silvia Sella, Andi Basuki, Madziatul Churiyah, dan Yuli Agustina. “Meningkatkan Berpikir Kritis Melalui Media Pembelajaran Google Site Model Case Based Learning.” Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan 2, no. 2 (28 Februari 2022): 188–201. https://doi.org/10.17977/um066v2i22022p188-201.
H. Husaini. “Hakikat tujuan pendidikan agama islam dalam berbagai perspektif.” Diakses 10 Mei 2025. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/525/420.
Harahap, Ananda Aditya Sari, Yasmin Salsabila, Nabila Fitria, dan Nisaiy Darussakinah Harahap. “Pengaruh perkembangan kemampuan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik terhadap hasil belajar.” Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains 3, no. 1 (17 Maret 2023). https://doi.org/10.58432/algebra.v3i1.741.
Hasriadi, Hasriadi. “Metode Pembelajaran Inovatif Di Era Digitalisasi.” Jurnal Sinestesia 12, no. 1 (30 Juni 2022): 136–51.
hasriadi, hasriadi. “Model Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi | Jurnal Konsepsi,” 27 Juni 2022. https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/174.
Hasriadi, Hasriadi. Strategi Pembelajaran. Bantul: Mata kata inspirasi, 2022.
Hasriadi, Hasriadi, dan St Marwiyah. “Teknik Pemeliharaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi.” Jurnal Sinestesia 13, no. 1 (4 April 2023): 225–32.
Hasriadi, Hasriadi, St Marwiyah, Muhammad Ihsan, Arifuddin Arifuddin, Muh Yamin, Muh Zuljalal Al-Hamdany, dan Dewi Mustika Putri. “Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Lingkungan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Pondok Pesantren Pengkendekan Luwu Utara.” Madaniya 4, no. 2 (15 Mei 2023): 531–39. https://doi.org/10.53696/27214834.426.
Huda, Irkham Abdaul. “Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (tik) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2, no. 1 (18 April 2020): 121–25. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.622.
Indahwati, Dwi Silvia, dan M. Husni Abdullah. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2019.
Isma, Andika, Aditya Alamsyah Syarif, Awaliah Fitri Nur Ananda, Radha Hasda Halfis, Muh Juharman, dan M. Miftach Fakhri. “Pengaruh model blended learning terhadap motivasi serta hasil belajar mahapeserta didik universitas negeri makassar.” Jurnal Pendidikan Terapan, 1 Januari 2023, 11–16. https://doi.org/10.61255/jupiter.v1i1.5.
Karim, Abdul Rahim. “Reafirmasi Pendidikan Agama Islam Melalui Sistem Boarding School Di Sekolah Umum.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5, no. 1 (5 Juli 2020): 38–49. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).5082.
karimi, Izzudin. Fikih Muyassar (Panduan Praktis Fikih dan Hukum islam). Jakarta: Darul hak, 2021.
Karimi, Izzudin. Fikih Muyassar (Panduan Praktis Fikih dan Hukum islam). Jakarta: Darul Hak, t.t.
Kiddom. “Station Rotation & Lab Rotation: Blended Learning Models.” Teacher Voice (blog), 10 Oktober 2018. https://medium.com/teacher-voice/station-rotation-lab-rotation-blended-learning-models-a7813ad6fed8.
Mardiyanti, Lisa Ranti, Imran Imran, Iwan Ramadhan, Nuraini Asriati, Riama Al Hidayah, dan Suriyanisa Suriyanisa. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Model Blended Learning Berbasis Media Google Classroom.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5, no. 1 (7 Februari 2023): 5814–21. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12110.
Mauludiyah, Novi, Heryanto Nur Muhammad, dan Sapto Wibowo. “Implementasi Pembelajaran Station Rotation Mapel PJOK Pada Materi Aktivitas Untuk Kebugaran Terhadap Tingkat Kelincahan Peserta didik.” EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies 4, no. 1 (2024): 729–44. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.6002.
Mirdad, Jamal. “Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran):” Jurnal Sakinah 2, no. 1 (13 April 2020): 14–23. https://doi.org/10.2564/js.v2i1.17M
Montoh, Ahnes, James Sumayku, dan Verry Ronny Palilingan. “Model blended learning untuk meningkatkan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital peserta didik smk.” Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 1, no. 2 (13 Desember 2021): 111–18. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i2.1062.
Mufidah, Nur Lailatul, dan Jun Surjanti. “Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19.” Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi 9, no. 1 (29 Juni 2021): 187–98. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.34186.
Mulyatiningsih, Endang. Riset Terapan Bidang pendidikan dan Tehnik. UNY Press, 2011.
Muthoharoh, Miftakhul. “Memahami konsep metode blended learning.” ILJ: Islamic Learning Journal 2, no. 1 (29 Januari 2024): 193–203. https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v2i1.1516.
Ningsih, Nurul Indah Wahyu, dan Fitri Yuliana. “Blended Learning and Hybrid Learning.” Journal of International Multidisciplinary Research 2, no. 5 (19 Mei 2024): 294–302. https://doi.org/10.62504/jimr476.
Nugraha, Dewa Made Dwicky Putra. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Penerapan Blended Learning Di Sekolah Dasar.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 3 (17 Oktober 2020): 472–84.
Pitria, Pitria. “Upaya meningkatkan hasil belajar ips pada materi keadaan alam negara-negara di dunia melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw peserta didik kelas ix.5 smpn 1 kecamatan harau kabupaten lima puluh kota | Pitria | Inovasi Pendidikan,” 2022. https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/view/3277/2465.
pudijani, tatik. Pendidikan Agama islam dan Budi Pekerti. Pusat perbukuaan standar,kurikulum dan asesment kementrian pendidikan,kebudayaan, riset dan teknologi., 2021.
Puspitasari, Siska, Kulsum Nur Hayati, dan Ary Purwaningsih. “Efektivitas Penggunaan Model Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPS.” Jurnal Basicedu 6, no. 1 (Februari 2022): 1252–62. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2186.
Putri, Chintya Pradilla, dan Muhammad Irwan Padli Nasution. “Metode Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.” DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 2, no. 3 (28 Juli 2023): 326–31. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i3.1767.
Rahmadani, Ervi, Rahmawati Rahmawati, dan Nasaruddin Nasaruddin. “Pengembangan Media Papan Hitung Pada Materi Konsep Operasi Hitung Bagi Peserta didik Sekolah Dasar | Indo-MathEdu Intellectuals Journal,” 10 November 2023. https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/296.
Rahman, Sunarti. “Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar.” Prosiding seminar nasional pendidikan DASAR, no. 0 (22 Januari 2022). https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076.
Rokhimawan, Mohamad Agung, Jami Ahmad Badawi, dan Siti Aisyah. “Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Tingkat SD/MI.” Edukatif : jurnal ilmu pendidikan 4, no. 2 (15 Februari 2022): 2077–86. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2221.
Saputra, Aidil. “strategi evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam pada smp.” Jurnal Genta Mulia 13, no. 2 (11 Juli 2022). https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.107.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al Misbah : Pesan, kesan dan keserasian Al Quran. 15. Jakarta: Lentara Hati, 2002.
Sunandi, Isep, Abdulah Alwasili, dan Denih Saputra. “Penerapan Blended Learning Pada Pelajaran PPKn Di SMAN 2 Sukabumi.” Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat 1, no. 2 (24 Juni 2023): 206–13. https://doi.org/10.59581/garuda.v1i2.1202.
Sundari, Elgy. “Transformasi pembelajaran di era digital: mengintegrasikan teknologi dalam pendidikan modern.” Sindoro: Cendikia Pendidikan 4, no. 5 (25 Mei 2024): 25–35. https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i5.3325.
Tethool, Godaliva, Wensi Ronald Lesli Paat, dan Djafar Wonggo. “Penerapan model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik smk.” Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 1, no. 3 (13 Desember 2021): 268–75. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1546.
Triana Neni. Lkpd berbasis eksperimen : Tingkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Guepedia, 2021.
Waryana, Waryana. “Penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantuan google sites untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ips.” EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 1, no. 3 (6 Desember 2021): 259–67. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i3.712.
Wisnawati, Rizki Dwi, Ika Candra Sayekti, dan Sri Rahayu. “Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Barbantu Roda Berputar Pada Materi Kalimat Tanya Kelas V Sekolah Dasar.” Educatif Journal of Education Research 4, no. 3 (30 Juli 2022): 195–203. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.222.
Yamin, Muh. “Blended Learning Model Pembelajaran Pasca Pandemi.” Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 5, no. 2 (5 Desember 2022): 285–89. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2762.
Zahara, Rosina, Fadhilah Syam Nasution, Yusnadi Yusnadi, dan Edi Surya. “Implementasi Pembelajaran Blended Learning Di Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (26 Mei 2022): 6482–90. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3189.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mykaila, Hasriadi, Muh.Yamin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.