Penerapan Teori Perkembangan Moral Jean Piaget dan Kholberg dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Chairun Nisa Safitri Universitas Islam Indonesia
  • M. Hajar Dewantoro Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v6i1.461

Keywords:

Perkembangan moral, Jean Piaget dan Kholberg, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini memberlatarbelakangi Penerapan teori moral jean piaget dan kohlberg ini dalam pendidikan anak dapat membantu guru dan orang tua memilih pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan moral anak. Penelitian ini difokuskan pada analisis pertumbuhan moral dan etika siswa dalam kerangka pendidikan karakter di lingkungan sekolah. Pendidikan karakter memainkan peran krusial dalam membentuk pribadi siswa yang menjunjung integritas, bertanggung jawab, serta memiliki standar etika yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teori jean piaget dan kohlberg dalam pendidikan anak usia dini. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan dengan pendekatran studi literatur (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup tiga langkah: tahap orientasi, tahap ekplorasi dan tahap terfokus. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan kegiatan reduksi data, penyajian data, interpretatif data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan moral jean piaget dan kohlberg dapat diterapkan dalam pendidikan anak untuk membantu orang tua dan pendidik memahami tahapan perkembangan moral anak. kesimpulan kajian ini menyoroti urgensi penerapan nilai-nilai moral dalam dunia pendidikan guna mendukung perkembangan anak menjadi pribadi yang bermoral tinggi dan memiliki kepedulian sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rahman, A. (2018). Teori Perkembangan Moral Dan Model Pendidikan Moral. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.15575/psy.v3i1.2175

Arliansyah Maulana. (2024). Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Operasional Formal. Al-Ahnaf: Journal of Islamic Education, Learning and Religious Studies, 1(1), 12–21. https://doi.org/10.61166/ahnaf.v1i1.7

Erni Murnianti. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Perkembangan Psikososiak dan Teori Moral Kohlberg. Bahan Ajar, 7.

Fauzi, A., & Hasanah, A. (2024). Landasan Pendidikan Karakter dalam Pandangan Teori Perkembangan Moral Kognitif. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(1), 34–41. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/view/22346

Hanafiah, M. (2024). Perkembangan Moral Anak Dalam Perspektif Pendidikan(Kajian Teori Lawrence Kohlberg). Ameena Journal, 2(1), 75–92. Retrieved from https://ejournal.ymal.or.id/index.php/aij/article/view/54/50

Ibda, F. (2023a). Perkembangan Moral Dalam Pandangan Lawrence Kohlberg. Intelektualita, 12(1), 198–207. https://doi.org/10.22373/ji.v12i1.19256

Ibda, F. (2023b). Perkembangan Moral Dalam Pandangan Lawrence Kohlberg. Intelektualita, 12(1), 62–77. https://doi.org/10.22373/ji.v12i1.19256

Jannah, M. (2022). Tahap Perkembangan Moral Anak Perspektif Psikologi Pendidikan Islam. Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 6(2), 89. https://doi.org/10.24235/oasis.v6i2.9935

Lubis, R., Hasana, T. F., Hrp, P. H., Nailah, I., & Br, A. (2025). Karakteristk Perkembangan Anak Usia Sekolah TK ( 0-5 ) Tahun. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, olume. 2 N. Retrieved from https://doi.org/10.62383/hardik.v2i2.1227

Mahmud Yunus Batusangkar Wahidah Fitriani, U., & Mahmud Yunus Batusangkar, U. (2024). Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam Stages Of Moral Development In Children From The Perspective Of Islamic Educational Psychology Darmalinda, 9, 166–183. Retrieved from https://doi.org/10.51729/al

Mahmudin, W., Ilyas, R. M. M., & Hasanah, A. (2025). AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies Basis Teori Pendidikan Karakter Sebagai Landasan Pembentukan Karakter, 8(2), 1336–1348. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v8i2.1439.Theoretical

Majid, A. F., Damayanti, E., Novendri, A. S., Sriyanti, A., & Naisyah, S. (2023). Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan ( AJPP ). Arus Jurnal Psikologi Dan Pendidikan, 2(1), 52–57. Retrieved from http://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajpp

Mifroh, N. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan implementasinya dalam pembelajaran di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253–263. Retrieved from https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/144

Mufarroha, A., & Hakim, A. (2020). Perkembangan Moral Kohlberg dan Perkembangan Moral Abdullah Nasikh Ulwan. Jurnal Hukum Syariah Dan Hukum Islam, 02(01), 5.

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554

Nurhayati, S. R. (2009). Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan. Eprints.Unm.Ac.Id, (02). Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/25246/%0Ahttp://eprints.unm.ac.id/25246/2/SKRIPSI DELFIYANA %281644041002%29.pdf

Purba, R. T. (2022). Perkembangan Moral Menurut Kohlberg Dan Implementasinya Dalam Perspektif Kristen Terhadap Pendidikan Moral Anak Di Sekolah Dasar. Aletheia Christian Educators Journal, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.9744/aletheia.3.1.11-20

Rettob, A., Ali, M., Fitriah, D., Khotimah, K., Putri, D., & Surakarta, U. M. (2024). Perkembangan Moral Anak Menurut Piaget Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan, 8(12), 674–683.

Rika Widianita, D. (2023). Pembudayaan Pendidikan Moral Pada Anak Sekolah Dasar. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Sholeh, K. (2024). Pengetahuan Moral Sebagai Basis Pembentukan Karakter Manusia ( Analisis Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg dan Kajian Al- Qur ’ an Surat Lukman Ayat 12 -14 ), 3(01), 53–69. https://doi.org/10.54801/jisscdiksi.v3i01.261

Styawan, R. (n.d.). Inklusi : Jurnal Pendidikan Islam Dan Filsafat Yayasan Salmiah Education Global International ( YSEGI ) Perkembangan Moral dan Etika Peserta Didik dalam Konteks, 41–50.

Syahada, T. O. N., Anggraini, H., & Hariyanto, S. J. (2024). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Moral Anak Usia Dini Di TK IT Anak Cerdas Kemiling Bandar Lampung The Relationship Between Parenting Patterns And Early Childhood Moral Development At TK IT Anak Cerdas Kemiling Bandar Lampung, 1(1), 19–22.

Tri Wisudaningsih, E. (2024). Histori psikologi perkembangan dan teori

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Safitri, C. N., & M. Hajar Dewantoro. (2025). Penerapan Teori Perkembangan Moral Jean Piaget dan Kholberg dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 310–319. https://doi.org/10.55623/au.v6i1.461