Kedudukan Madrasah Dalam Penerapan Ilmu-Ilmu Islam

Authors

  • Winda Arianti Mahasiswa Program Doktor UIN Alauddin Makassar, Indonesia
  • Agus Basri STAI DDI Makassar
  • Andi Mujaddidah Alwi STAI DDI Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v2i1.14

Keywords:

Madrasah, ilmu Islam

Abstract

Madrasah dalam era modern berada dalam kondisi tarik menarik antara keharusan mempertahankan ilmu-ilmu agama secara modern di satu pihak, dan mengembangkan pengajaran ilmu-ilmu non keagamaan di lain pihak. Sikap madrasah yang terlalu konservatif, akan menyebabkan lembaga ini terasing dan bahkan lenyap dari perkembangan modern. Sebaliknya, sikap akomodatif yang berlebihan terhadap kecenderungan pendidikan modern, akan menjerumuskan madrasah ke dalam sistem pendidikan yang lepas dari nilai-nilai keislaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Malik Fadjar, Madrasah dan Tantangan Modernitas (Cet. II; Bandung: Mizan, 1999)

Achank, H. B., Wekke, I. S., Machmud, M., & Sainuddin, I. H. (2021). Potensi Konflik Berpengaru Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kota Gorontalo. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 145-158.

Akbar, A., Basri, A., & Jamaluddin, H. (2021). Konsep Integrasi Ilmu Agama Dan Ilmu Umum

Arsyam, M. (2020). Guru Seabagai Pilar Pembangunan Bangasa.

Arsyam, M., & Umar, K. (2020). MANUSIA SEBAGAI PENDIDIK PERPEKTIF ISLAM DAN BARAT.

Arsyam, M., Zakirah, Z., & Ibrahim, S. (2021). Transmigration Village and Construction of Religious Harmony: Evidences From Mamasa of West Sulawesi. Al-Ulum, 21(1), 205-221

Herman, H. DAKWAH BAHASA LOKAL PADA MASYARAKAT KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA. Jurnal Dakwah Tabligh, 21(1), 105-121

Husni Rahim, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia (Cet. I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001)

Juhaya S. Praja, Filsafat dan Metodologi Ilmu dalam Islam (Cet. I; Jakarta: Teraju, 2002

Khaidir, M. A., Tahrim, T., Purnomo, D., Zaki, A., Pitriani Nasution, M. P., Arsyam, M., ... & Noor, H. F. A. (2021). TEORI FILSAFAT MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Makmur, Z., Arsyam, M., & Alwi, A. M. S. (2020). Strategi Komunikasi Pembelajaran Di Rumah Dalam Lingkungan Keluarga Masa Pandemi. KOMUNIDA: Media Komunikasi dan Dakwah, 10(02), 231-241.

Makmur, Z., Arsyam, M., & Delukman, D. (2021). The Final Destination's uncomfortable vision to the environmental ethics. Journal of Advanced English Studies, 4(2), 76-82.

Maksum, Madrasah Sejarah dan Perkembangannya (Cet. II; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999)

Mappanganro, Eksistensi Madrasah dalam Sistem Pendidikan Nasional (Ujung Pandang: CV. Berkah Utami, 1996)

Marwan Saridjo, Bunga Rampai Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Amissco, 1996)

Muslih Usa dan Aden Wijdan SZ, Pendidikan Islam dalam Peradaban Industrial (Cet. I; Yogyakarta: Aditya Media, 1997

Nur, A., & Makmur, Z. (2020). Implementasi Gagasan Keindonesiaan Himpunan Mahasiswa Islam; Mewujudkan Konsep Masyarakat Madani Indonesian Discourse Implementation of Islamic Student Association; Realizing Civil Society Concept. Jurnal Khitah, 1(1).

Nur, A. (2020). Urgensi Pendidikan Politik dalam Menciptakan Pemilu Damai di Sulawesi Selatan (Pendekatan Sosiologi Politik).

Nur, A. (2020). Melihat Freire Bekerja di Kampus Kita; Telaah Reflektif-Kritis Buku Siti Murtiningsih “Pendidikan; Alat Perlawanan”.

Nur, A. (2021). The Culture Reproduction In the Charles Dickens’ Novel “Great Expectations” (Pierre-Felix Bourdieu Theory). International Journal of Cultural and Art Studies, 5(1), 10-20. https://doi.org/10.32734/ijcas.v5i1.4866

Nursalam, N., Basri, A., & Akbar, A. Implementasi Nikah Dalam Al-Qur’an (Studi Pendekatan Tafsir Maudu’i).

Paris, S., Jusmawati, J., Alam, S., Jumliadi, J., & Arsyam, M. (2021). UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD INPRES BANGKALA II KOTA MAKASSAR. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1).

Rifqi, N., Fajrin, M. F., & Arsyam, M. (2021). Ibadah Sebagai Aspek Ritual Ummat Islam.

Sainuddin, I. H., Arsyam, M., & Wekke, I. S. (2020). Syekh Yusuf Al-Makassari; Pengembangan Masyarakat Islam.

Sapada, A. O. (2020). Mendidik Anak Menjadi Anak Sholeh.

Sapada, A. O., & Arsyam, M. (2020). Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Menurut Pandangan Islam.

Siagian, H. F., MUSTARI, M., & Ahmad, F. (2016). The Position of Da’wah Messages and Ethics In Malaysian And Indonesian Television Programs. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 32(2).

Syam, M. T., Makmur, Z., & Nur, A. (2020). Social Distance Into Factual Information Distance about COVID-19 in Indonesia Whatsapp Groups. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 269-279

Usman, H. A., Arsyam, M., & Yusuf, M. (2021). ETIKA PERDAGANGAN DALAM ISLAM.

Wijayanto, A. (2021). BUNGA RAMPAI Integrasi Keilmuan Dalam Menghadapi New Normal Pada Masa Pandemi Covid-19

Yusuf, M. (2011). Mengenal blended learning. Lentera Pendidikan, 14(2).

Yusuf, T. M. M. (2015). Literasi Pengetahuan Dan Implikasinya Terhadap Keterampilan Menulis. Lentera Pendidikan, 18(2), 248-259.

Published

2021-06-17

How to Cite

Winda Arianti, Agus Basri, & Andi Mujaddidah Alwi. (2021). Kedudukan Madrasah Dalam Penerapan Ilmu-Ilmu Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 8–13. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.14
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v2i1.14