Konsep Kinerja Pengawas Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Guru pada Madrasah Aliyah Negeri Kota Makassar

Authors

  • Andi Ombong Sapada Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da’wah Wal Irsyad Makassar
  • Andi Muhammad Shaleh Alwi Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da’wah Wal Irsyad Makassar
  • M Yusri Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da’wah Wal Irsyad Makassar
  • Agus Basri Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da’wah Wal Irsyad Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v4i1.171

Keywords:

Implementasi, Kurikulum Merdeka, Sekolah Penggerak

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana konsep kinerja pengawas sekolah terhadap kompetensi profesional guru pada Madrasah Aliyah Negeri Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah yakni sesuatu yang apa adanya tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya serta menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari, data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yaitu observasi (field observations), focus group discussion, wawancara mendalam (intensive/ depth interview). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Konsep pengawasan sekolah tidak akan dapat berjalan dengan baik apabila hanya bergantung kepada laporan saja. Karena itu pengawasan dari pimpinan organisasi menggabungkan teknik pengawasan langsung dan tidak langsung dalam melakukan fungsi pengawasan. Rekrutmen dan seleksi calon pengawas satuan pendidikan diperlakukan untuk menghasilkan sumber daya pengawas yang bermutu, yaitu calon pengawas yang berkualifikasi sebagai pengawas professional. Dengan adanya pengawas yang professional diharapkan kinerja penga-was di masa mendatang semakin membaik dan professional. (2) Pelaksaan pengawasan akan berdampak pada kompetensi profesionalisme guru dan mutu institusi pendidikan, dengan demikian menjadi suatu keharusan mutlak serta sekaligus menjadi pasword atau kata kunci untuk melahirkan putra-putri bangsa yang beradab, produktif, kreatif, inovatif dan efektif. Kompetensi dan kualitas guru yang dikehendaki adalah mampu mempengaruhi proses belajar mengajar peserta didik yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar yang baik. Implementasi penelitian dalam meningkatkan kompotensi professional guru hendaknya dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini perlu dilakukan agar dadat berdampak terhadap kemampuan peserta didik khususnya jenjang MTs Negeri dapat ditangani secara maksimal karena sangat berdampak pada efektivitas proses belajar mengajar dan prestasi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Tafsir Ibnu Katsir. Indonesia, Pustaka Imam Syafii, 2005

Ajhari, Abdul Aziz, et al. Jalan Menggapai Ridho Ilahi. Bahasa dan Sastra Arab, UIN Sunan Gunung Djati, 2019

Aimang, Hasrat. "Persepsi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Pengawas Sekolah." Jurnal Pendidikan Glasser (2017). DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v1i1.6

Ali, St. Hasniyati Gani, Implementasi Profesionalisme Pengawas Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam (Studi Tentang Pengelolaan Pembelajaran Pada Madrasah Aliyah Negeri Di Provinsi Sulawesi Tenggara). Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2012.

Akbar, A., & Basri, A. (2021). Konsep Integrasi Ilmu Agama Dan Ilmu Umum. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/nc2a6

Anggraini, Feby and Pratiwi Indah Sari. "Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru di MA Negeri 7 Kabupaten Tebo." SJEE: Scientific Journals of Economic Education (2018).

Arsyam, M. (2015). Pengaruh Kemampuan Supervisional Kepala Sekolah Dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Azmi, Shofiyatul. "Menumbuhkan Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran Berkelanjutan." Likhitaprajna (2019).

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian Psikologi (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018).

Bakar, Abu, Lias Hasibuan, and Maisah Maisah. Kinerja Pengawas Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Provinsi Jambi. Skripsi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2020.

Buchari, Agustini. "Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran." Jurnal Ilmiah Iqra' (2018). DOI: https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Damopolii, Muljono. Pesantren Modern IMMIM Pencetak Muslim Modern, (Cet. I; Jakarta: Rajawali Press, 2011).

Darmadi, Hamid, Dominasi-dominasi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Cet. I; Bandung: Alfabeta, 2013).

Duryat, H. Masduki. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di Institusi yang Bermutu dan Berdaya Saing. Penerbit Alfabeta, 2021.

Erbin, Chandra, et al. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia. Yayasan Kita Menulis, 2021

Fatimah, Fajar Nur’aini Dwi. Panduan Praktis Evaluasi Kinerja Karyawan. Anak Hebat Indonesia, 2017.

Haddade, Hasyim. "Strategi Pemberdayaan Madrasah Berbasis Masyarakat." (2021).

Hajani, H., Sabar Padang, and Y. Yuniar. "Peran Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan." Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP (2022).

Haryanto, Evaluasi Pembelajaran (Konsep Dan Manajemen). N.p., UNY Press, 2020.

Hapudin, Muhammad Soleh. Teori Belajar Dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. N.p., Prenada Media, 2021.

Hikam, Indra Aitullah Sohibul. Kepemimpinan otokratik kepala sekolah sebagai upaya dalam menumbuhkan motivasi kinerja guru di TK Terpadu Nurur Rohmah Patrang Jember Tahun ajaran 2017-2018. Skripsi. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 2019.

Kementerian Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahnya (Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, 2019)

Machali, Imam. "Dimensi kecerdasan majemuk dalam kurikulum 2013." INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan (2014).

Masykuri, Masykuri. Studi Analisis Pelaksanaan Supervisi Dalam Pengembangan Karir Bagi Guru Pai Tingkat Sd Di Kecamatan Undaan

Makmur, Z., Arsyam, M., & Alwi, A. M. S. (2020). Strategi Komunikasi Pembelajaran Di Rumah Dalam Lingkungan Keluarga Masa Pandemi. KOMUNIDA: Media Komunikasi dan Dakwah, 10(02), 231-241. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/qzuxc

Mh, J., Zakirah, Z., Arsyam, M., Alwi, A. M. S., & Fadhil, M. (2020). Learning at Home in the Family Environment during the Covid-19 Pandemic. Preprint]. Open Science Framework. https://doi. org/10.31219/osf. io/syv48.

Nasution, S. Metode Research (Penelitian Ilmiah), (Cet. 15; Jakarta: Bumi Aksara, 2016).

Nengsih, Sri Guru MA Negeri, and Desri Nora. "Pengawasan Proses Pembelajaran Sosiologi di MA Negeri 9 Solok Selatan." Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (2020). DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v2i2.80

Nur, Askar. "Fundamentalisme, Radikalisme dan Gerakan Islam di Indonesia: Kajian Kritis Pemikiran Islam." Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2, no. 1 (2021): 28-36. DOI: https://doi.org/10.55623/au.v2i1.16

Nur, Askar, and Fakhira Yaumil Utami. "Proses dan Langkah Penelitian Antropologi: Sebuah Literature Review." Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial dan Budaya 3, no. 1 (2022): 44-68. DOI: https://doi.org/10.55623/ad.v3i1.109

Panjaitan, Regina Lichteria. Evaluasi Pembelajaran SD Berdasarkan Kurikulum 2013 Suatu Pengantar. UPI Sumedang Press, 2014.

Paris, S., Alam, S., & Arsyam, M. (2021). UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD INPRES BANGKALA II KOTA MAKASSAR. Jurnal Binagogik, 8(1).

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Pasal 5 No. 21 Tahun 2010

Priatna, Asep. "Manajemen pengembangan mutu sekolah." Jurnal Administrasi Pendidikan (2018). DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11575

Randa, M., & Arsyam, M. (2022). Transformation of Islamic Religious Education in the Revolution 4.0 Era. International Journal of Science and Society, 4(4), 676-686. DOI: https://doi.org/10.54783/ijsoc.v4i4.616

Raberi, Ariyadi, Happy Fitria, and Yessi Fitriani. "Pengaruh supervisi kepala sekolah dan peran komite sekolah terhadap kinerja guru." Jurnal Al-Qiyam (2020) DOI: https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.123

Rahman, Mariati. Ilmu administrasi. Vol. 1. Sah Media, 2017.

Rangkuti, Novi Andriyani. Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadual-Fauzi Medan. Skripsi. 2020.

Sedarmayanti dan Syarifuddin Hidayat, Metodologi Penelitian (Bandung: CV. Mandar Maju, 2012).

Setiawan, Heru. "Prinsip Dan Tekhnik Supervisi Kepala Sekolah." At-Ta'lim: Kajian Pendidikan Agama Islam (2020).

Sudrajat, Tedi, Hukum Birokrasi Pemerintah: Kewenangan dan Jabatan. N.p., Sinar Grafika, 2022

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif (Cet. I; Bandung: Alfabeta, 2013)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cet. 14; Bandung: Alfabeta, 2012).

Suparman, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Guru: Sebuah Pengantar Teoritik. N.p., Uwais Inspirasi Indonesia. 2019.

Sukron, Skr. Kinerja Pengawas Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Negeri Di Kota Bandar Lampung. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung, 2021.

Suri, Dian Ratna. "Peran Supervisor dalam Pengawasan Manajerial dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah." Akademika, (2020)

Sumiati, Sumiati, and Atika Ahmad. "Pengendalian Mutu Pendidikan: Konsep Dan Aplikasi." Iqra: Jurnal Magister Pendidikan Islam (2021).

Supriadi, Bambang. "Hakikat Supervisi Dalam Pendidikan Islam." Indonesian Journal of Islamic Educational Management (2019). DOI: https://doi.org/10.24014/ijiem.v2i1.7120

Sitorus, Awaluddin, and Siti Kholipah. Supervisi Pendidikan: Teori dan Pengaplikasian. Swalova Publishing, 2018.

Susanto, A. B. Super leadership. Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Syamsu, Yohamir. "Mutu Kinerja Pengawas Sekolah Menengah." Jurnal Administrasi Pendidikan (2018). DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11569

Tun Huseno, S. E. Kinerja pegawai: Tinjauan dari dimensi kepemimpinan, misi organisasi, budaya organisasi dan kepuasan kerja. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2021.

Uno, Hamzah B Uno, and S. E. Nina Lamatenggo. Tugas Guru dalam pembelajaran: Aspek yang memengaruhi. Bumi Aksara, 2022

UMA Negerin, Nasir, & Murniati A.R, Pengantar Manajemen Pendidikan. N.p., An1mage, 2019.

UMA Negerin, Husaini, dan Purnomo Setiady Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, (Jakarta: Bumi Aksara, 2017).

Wahyuningsih, Endang Sri. Model pembelajaran mastery learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Deepublish, 2020.

Yani, Ahmad. "Peran Komite Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fityan Gowa." Akmen Jurnal Ilmiah (2013).

Yusuf, M., Sapada, A. O., Basri, A., & Akbar, A. (2021). Peran Madrasah Dalam Inplementasi Ilmu-ilmu Islam. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/89puc

Yunus, Muhammad. "Profesionalisme guru dalam peningkatan mutu pendidikan." Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (2016). DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a10

Yaumi, Muhammad dan Muljono Damopolii, Action Research: Teori, Model, dan Aplikasi, Edisi I (Cet. II; Jakarta: Pranadamedia Group, 2016).

Zakirah, Z., Arsyam, M., HERIANTO, H., & Umar, K. (2020). PENDIDIKAN DASAR (KUTTAB) MASA DAULAH ABBASIYAH (132-232 H/750-847 M). DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/7t8bs

Fahirah, Pengawas Bina MAN Kota Makassar. Wawancara 6 Februari 2023.

Suryani HP, Pengawas Bina MAN Kota Makassar. Wawancara 6 Februari 2023.

H. Irman, selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Makassar. Wawancara, 8 Februari 2023

Luqman MD, selaku kepala sekolah MAN 1 Makassar. Wawancara tanggal 13 Februari 2023

Hilmah Latif, Selaku pengawas sekolah Madrasah kementerian agama Kota Makassar. Wawancara Tanggal 16 Februari 2023

Nurdin, Selaku pengawas sekolah Madrasah kementerian agama Kota Makassar. Wawancara Tanggal 20 Februari 2023

Natsir B, Selaku Kepala Sekolah MAN 3 Kota Makassar, Wawancara Tanggal 21 Februari 2023

Darmawati, Selaku Kepala Sekolah MAN 2 Kota Makassar, Wawancara Tanggal 22 Februari 2023

Hirawati, Selaku Pengawas Sekolah Madya Tingkat Madrasah Kementerian Agama Kota Makassar. Wawancara Tanggal 6 Maret 2023

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Andi Ombong Sapada, Andi Muhammad Shaleh Alwi, M Yusri, & Agus Basri. (2023). Konsep Kinerja Pengawas Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Guru pada Madrasah Aliyah Negeri Kota Makassar. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 78–89. https://doi.org/10.55623/au.v4i1.171
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v4i1.171