Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Alquran Hadis

Authors

  • Arlina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Annisa Oktafera Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Alya Wira Maharani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nur Adilah Rangkuti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Anisa Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v3i2.125

Keywords:

metode kualitatif, tujuan inkuiri, manfaat

Abstract

Strategi pembelajaran inkuiri bertujuan untuk melatih peserta didik untuk berpikir secara mandiri dan memecahkan masalah sendiri. Strategi pembelajaran inkuiri menitikberatkan pada peserta didik diberi kebebasan dalam berfikir secara kritis yaitu dengan cara mencari data sendiri dan memecahkan suatu masalah sendiri untuk mencapai pembelajaran yang lebih menarik serta murid merasakan keterlibatannya di dalam pembelajaran. pembelajaran inkuiri ini sangat  penting bagi siswa, karena siswa dituntut untuk memiliki ikatan yang luas atau bebas, dengan pembelajaran yang mereka lakukan, dengan pendekatan inkuiri ini mereka akan mendapatkan dan menemukan ide-ide yang baik dan bermanfaat serta kekompakan dalam mewujudkan tali, menjalin silaturahmi dengan grup yang terdiri dari beberapa orang. Metode yang dilakukan adalah menggunakan metode kualitatif yang berarti mengumpulkan data yang bersifat deskriptif dan analisis. Strategi pembelajaran inkuiri ini dapat merangsang cara berpikir anak yang lebih aktif. Melalui strategi pembelajaran inkuiri peserta didik dapat berpikir secara independensi dan mengeluarkan seluruh potensi yang dimilikinya dalam bepikir. Maka strategi pembelajaran inkuiri sangat baik bagi peserta didik karena peserta didik dapat kesempatan untuk berpendapat dan dilatih dalam memecahkan masalah secara independen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Jacobden, P. E. dan D. K. (2009). Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa. Pendidikan.

Al-tabani, T. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatic, Progresif dan Kontekstual. Pendidikan.

Dahar, R. . (1993). Teori-teori Belajar. Pendidikan.

Dedikbud. (1993). . Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Pendidikan.

Dini, L. (2013). Pendekatan Inquiry Based Learning. Pendidikan.

Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner. Pendidikan.

Islam, R. H. H. & S. (2019). INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan. Pendidikan.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Pendidikan.

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Pendidikan.

Muhammad, A. (2011). Pendidikan Agama Islam. Pendidikan.

Mulyani, L. (2012). ANALISIS PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY & DISCOVERY DI TK ISLAM SEMESTA KHATULISTIWA PONTIAN. Pendidikan.

Mulyaningsih. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Pendidikan.

Oemar, H. (2011). Proses Belajar Mengajar. Pendidikan.

Panenn, P. (2005). Pembelajaran Orang Dewasa. Pendidikan.

Riyanto, Y. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Pendidikan.

Rusman, D. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pendidikan.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Pendidikan.

Sani, R. A. (2013). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum. Pendidikan.

Scholaria. (2016). Pembelajaran Inkuiri. Pendidikan.

Setiasih, Shanty Della, D. (2016). Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan.

Siregar, D. (2018). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V MI NW KELAYU JORONG. Pendidikan.

Sitiatava, P. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Pendidikan.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Pendidikan.

Sumantri, M. (1999). Strategi Pembelajaran. Pendidikan.

Tri Anni, C. (2005). Psikologi Belajar. Pendidikan.

Wina, S. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Pendidikan.

Winatapura, U. S. (2005). Strategi Belajar

Published

2022-12-30

How to Cite

Arlina, Oktafera, A., Maharani, A. W., Rangkuti, N. A., & Putri, A. (2022). Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Alquran Hadis . Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 78–90. https://doi.org/10.55623/au.v3i2.125
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v3i2.125