Toleransi dan Pendidikan Karakter Anak Sejak dalam Keluarga; Pemukiman Toraja Kelurahan Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v2i1.15Keywords:
Toleransi, Pendidikan Karakter, anak, pemukiman TorajaAbstract
Orangtua memegang peranan penting untuk mengembangkan potensi anaknya, karena merupakan pendidik pertama dan utama dalam lingkungan keluarga, orang tua perlu sadar bahwa anak memiliki potensi besar saat dilahirkan. Pentingnya pendidikan karakter anak karena pada periode tersebut perkembangan anak berjalan semakin pesat dalam rangka menumbuhkan pemahaman dalam hal toleransi. Pada masa tersebut merupakan masa yang tepat untuk meletakkan dasar-dasar pendidikan karakter yang sesuai dengan perkembangannya. Untuk mencapai hal tesebut, maka diperlukan usaha yang maksimal dari orangtua untuk mendidik anak dalam seluruh aspek pengembangannya dan meningkatkan peranan orangtua sebagai pendidik dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan orangtua dalam meningkatkan pemahaman toleransi dan pendidikan karakter pada anak dalam keluarga. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) nilai-nilai toleransi dan karakter yang diberikan orangtua kepada anak dalam lingkungan keluarga pada Pemukiman Toraja Kelurahan Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar, antara lain: orangtua melatih kedisiplin diri pada anak, melatih ketekunan, bertanggung jawab sejak usia dini, sikap rendah hati terhadap sesama, membudayakan tata krama, menjunjung nilainilai kejujuran, cinta kepada Allah dengan membiasakan beribadah tepat waktu; 2) Keberadaan orangtua dalam menularkan pemahaman konsep toleransi dan pendidikan karakter kepada anak pada pada Pemukiman Toraja Kelurahan Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar, meskipun belum berjalan secara optimal namun orangtua terus berupaya memperbaikinya, 3) hambatan yang dialami orangtua dalam menerapkan dan menumbuhkan toleransi dan pendidikan karakter anak dalam keluarga pada Pemukiman Toraja Kelurahan Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar, banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungan luar rumah.
Downloads
References
Abdullah, T. & A.C Leeden Der Van. (1986). Durkheim Dan Pengantar Sosiologi Moralitas Edisi Pertama. Jakarta: Yayasan Obor.
Achank, H. B., Wekke, I. S., Machmud, M., & Sainuddin, I. H. (2021). Potensi Konflik Berpengaru Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kota Gorontalo. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 145-158.
Andriani, D., et.al. (2003). Cakrawala Pendidikan 2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arsyam, M., Zakirah, Z., & Ibrahim, S. (2021). Transmigration Village and Construction of Religious Harmony: Evidences From Mamasa of West Sulawesi. Al-Ulum, 21(1), 205-221.
Bantam Books. Megawangi, R. (2010). Pengembangan Program Pendidikan Karakter di Sekolah: Pengalaman Sekolah Karakter. Jakarta: Indonesia.
Bennet, W., J. (1991). Moral Literacy and The Formation of Character.
Bohlin, K., Farmer, D., & Ryan, K. (2001). Building Character in School: Resource Guide. California.
Damsar. (2012). Pengantar Sosiologi Pendidikan Cetakan Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Dokumen SDN Belendung Tengah I
Durkheim, E. (Alih Bahasa Lukas Ginting). (1990). Pendidikan Moral (Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan). Jakarta: Erlangga.
Friedrich, S. (2007). Religious Individualization: New Challenges to Education for Tolerance. British Journal of Religious Education, 29(1): 89–100.
Hallinan T, M. Handbook Of The Sociology Of Education. Director, Center for Research On Educational Opportunity: Institute For Educational Initiatives University Of Notre Dame.
Heritage Foundation (IHF). Megawangi, R. (2004). Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: BP-Migas, Star Energy.
Herman, H. DAKWAH BAHASA LOKAL PADA MASYARAKAT KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA. Jurnal Dakwah Tabligh, 21(1), 105-121
Hernawan Herry Asep, dkk. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hidayat, R. (2014). Sosiologi Pendidikan Emile Durkheim. Jakarta: Rajawali Pers.
Holt, Rineheart and Winston. Lickona, T. (1992). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York
Hurlock, E.B. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
J.S. Benninga (Ed). Moral Character, and Civic Education in The Elementary School. New York: Teachers Collage Press.
Jossey-Bass. Davidson, J., D. & Regg-Mogg. (1997). The Savereign Individual: How to Survive and Thrive During the Collapse of the Welfare State. New York.
Khaidir, M. A., Tahrim, T., Purnomo, D., Zaki, A., Pitriani Nasution, M. P., Arsyam, M., ... & Noor, H. F. A. (2021). TEORI FILSAFAT MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Lickona (Ed). Moral Development and Behavior: Theory, Reseach, and Social Issues. New York
Maike, Gieling, Thijs Jochem, & Verkuyten Maykel. (2010). Tolerance of Practices by Muslim Actors: An Integrative Social-Developmental Perspective. Child Development, 81(5): 1384–1399.
Makmur, Z., Arsyam, M., & Alwi, A. M. S. (2020). Strategi Komunikasi Pembelajaran Di Rumah Dalam Lingkungan Keluarga Masa Pandemi. KOMUNIDA: Media Komunikasi dan Dakwah, 10(02), 231-241.
Makmur, Z., Arsyam, M., & Delukman, D. (2021). The Final Destination's uncomfortable vision to the environmental ethics. Journal of Advanced English Studies, 4(2), 76-82.
Makmur, Z., Delukman, A., & Nur, A. Perempuan dalam Tubuh Laki-Laki Makassar; Sebuah proyeksi Pertunjukan Musik Inovatif Maskur Al-Alief,“Pasang dalam Bunyi-Bunyian Mangkasara”.
Miles, M., B. & Huberman, A., M. (1994). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Beverly Hills, CA: Sage.
Niclas, Berggren, & Nilsson Therese. (2015). Globalization and The Transmission of Social Values: The Case. Journal of Comparative Economics: 371–389.
Nur, A., & Makmur, Z. (2020). Implementasi Gagasan Keindonesiaan Himpunan Mahasiswa Islam; Mewujudkan Konsep Masyarakat Madani Indonesian Discourse Implementation of Islamic Student Association; Realizing Civil Society Concept. Jurnal Khitah, 1(1).
Nur, A. (2021). The Culture Reproduction In the Charles Dickens’ Novel “Great Expectations” (Pierre-Felix Bourdieu Theory). International Journal of Cultural and Art Studies, 5(1), 10-20. https://doi.org/10.32734/ijcas.v5i1.4866
Nur, A. (2020). Mistisisme tradisi mappadendang di Desa Allamungeng Patue, Kabupaten Bone. Jurnal Khitah: Kajian Islam, Budaya dan Humaniora, 1(1), 1-16.
Nur, A. (2020). Interelasi Masyarakat Adat Kajang dan Pola Kehidupan Modern.
Nur, A. (2020). Sastra Populer dan Kekalahan Diskursus Kemasyarakatan.
Nur, A. Urgensi Pendidikan Politik Dalam Menciptakan Pemilu Damai Di Sulawesi Selatan (Pendekatan Sosiologi Politik) The Urgency Of Politics Education In Creating The Tranquillity Of General Election In South Sulawesi (Politics Sociology Approach).
Paris, S., Jusmawati, J., Alam, S., Jumliadi, J., & Arsyam, M. (2021). UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD INPRES BANGKALA II KOTA MAKASSAR. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1).
Pendidikan Anak Usia Dini. (Online), (http://www.fai.umj.ac.id/article.php?sto ry=20060610220614588, diakses 16 Juni 2007)
Siagian, H. F., MUSTARI, M., & Ahmad, F. (2016). The Position of Da’wah Messages and Ethics In Malaysian And Indonesian Television Programs. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 32(2).
Simon and Schuster. Kohlberg, L. (1975). Moral Stages and Moralization.
Siskandar. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk Anak Usia Dini. Buletin PADU: Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini. Vol 2: (21-22). Susanti, (2007).
Syam, M. T., Makmur, Z., & Nur, A. (2020). Social Distance Into Factual Information Distance about COVID-19 in Indonesia Whatsapp Groups. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 269-279.
Yusuf, M. (2011). Mengenal blended learning. Lentera Pendidikan, 14(2).
Yusuf, T. M. M. (2015). Literasi Pengetahuan Dan Implikasinya Terhadap Keterampilan Menulis. Lentera Pendidikan, 18(2), 248-259.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Fahmi Dahlan, Andi Muhammad Shaleh Alwi, Andi Ombong Sapada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.