Analisis Manajemen Kinerja Guru Sekolah TK Little Muslim Depok

Authors

  • Eva Malinda UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Ninda Virlia Sasmitha UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Indah Fitria UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Armai Arief UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hasyim Asyari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v4i2.222

Keywords:

Performance, Management, Appraisal, Compensation, School.

Abstract

Sebagai sekolah kecil dengan jumlah murid yang relatif sedikit, tenaga pengajar di Sekolah TK Little Muslim bisa dibilang cukup memadai, dimana 21 orang murid dididik oleh 5 orang guru dan 1 Kepala Sekolah, sehingga perbandingannya hampir 1:4. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana manajemen kinerja dan sistem kompensasi yang sudah dilaksanakan di Sekolah Little Muslim Depok. Peneliti juga ingin melihat bagaimana penilaian kinerja yang dilakukan di sekolah tersebut. Dengan mengetahui manajemen kinerja, bisa dilihat apakah jumlah guru tersebut memang memadai atau justru tidak efektif dan efisien dengan murid yang tidak terlalu banyak. Selanjutnya tujuan utama penilaian kinerja guru adalah untuk menguji kompetensi dan untuk pengembangan profesi. Penilainya adalah kepala sekolah, pihak manajemen dan pengawas, sedangkan untuk keperluan pengembangan profesi penilaian dapat dilakukan oleh rekan sesama guru, siswa, ataupun penilaian guru itu sendiri. Penilaian ini yang dikatakan sebagai penilaian 360 derajat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sekolah TK Little Muslim Depok belum menerapkan metode penilaian kinerja secara efektif dan efisien. Penilaian dilakukan secara sepihak dari atasan dan masih bersifat subjektif. Sehingga meskipun secara penggajian guru dan kepala sekolah masih di bawah UMR, pemberian reward dan kenaikan gaji pun sifatnya masih bersifat insidental dan belunm transparan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armstrong, M. (2006). Performance Management: Key Strategies and Practical Guidelines (2nd edition). Kogan Page Limited.

Dessler, G. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia . PT Prenhallindo.

Everard, K. B., Morris, G., & Wilson, I. (2004). Effective School Management (4th ed). Paul Chapman Publishing.

Fitriadi, S. M. A. S. (2020). Kebijakan Supervisi Dan Penilaian Kinerja Guru Guna Mewujudkan Kompetensi, Kinerja, Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Menuju Abad 21. Juirnal Ilmu Pendidikan, 2(No. 2)

Ivancevich, J. M., Konopaske, R., & Matteson, M. T. (2006). Organizational Behavior And Management (7/E). McGraw Hill.

Kishore, N. (2011). Job Satisfaction of B.Ed. Teacher Educators.

Laode Ismail Ahmad. (2017). KONSEP PENILAIAN KINERJA GURU DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Jurnal IDAARAH, 1(No.1)

ROBERT L. MATHIS, J. H. J. (2011). Human Resource Management . In THIRTEENTH EDITION (pp. 318–318). South-Western Cengage Learning.

Profesional, dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya

Houston, W.R, Clift, R.T. Freiberg. HJ, WarnerA.R, (1988), Touch The Future Teach , StPaul: West Publishing Co (tersedia: http://www.academia.edu)

Garry Dessler. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Bahasa Indonesia Jilid I Jakarta: Prehalindo

Departemen Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintahan Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional, Jakarta:2005.

Nata, Abuddin. Paradigma Pendidikan Islam, Jakarta: Gramedia, 2001.

Amstrong, Michael. Performance Management; Key Strategies and Practical Guidelines, USA: Kogan Page Limited, 2006.

Everard K.B, Geoffery Morris, lan Wilson, Effective School Management, Paul Chapman Publishing, 2004.

Ivancevich John M., Robert Konopaske, Singapore:2006.

Noe Raymond A., John R. Hollenbeck, Berry Gehart & Patrick M. Wright, Human Resouroes Management, Singapore: McGraw Hill, 2013.

Kishore N, Job Satisfaction of B.ED. TeacherEducators, India: Discovery Publishing House PVT.LTD, 2011.

Prof. Dr. Wibowo, S.E., M.Phil. 2016. Manajemen kinerja. Jakarta : Rajawali Press.

Werther, William B., Keith,Davis. 1996. Human resources and personel management. New York : McGraw-Hill.

Yin Robert K., Qualitative Reseach From Start to Finish New York: The Guilford Press, 2011

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Malinda, E., Sasmitha, N. V., Fitria, I., Armai Arief, & Asyari, H. (2023). Analisis Manajemen Kinerja Guru Sekolah TK Little Muslim Depok. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(2), 84–92. https://doi.org/10.55623/au.v4i2.222
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v4i2.222