Pengaruh Evaluasi Pembelajaran terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMKN 5 Jakarta Timur

Authors

  • Maryam Sulaeman Universitas Islam Jakarta
  • Muthi’ah Aminatuj Zuhriyyah Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v4i1.266

Keywords:

Evaluasi Pembelajaran, Peningkatan Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh evaluasi pembelajaran terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Untuk mengukur seberapa besar pengaruh evaluasi pembelajaran terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode Penyebaran Angket Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar untuk peserta didik di SMKN 5 Jakarta Timur. Namun penulis mengambil sampel sebanyak 30 Siswa ditetapkan dengan tehnik simple random sampling. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berdasarkan analisi yang telah dilakukan besarnya Pengaruh Evaluasi Pembelajaran (Variabel X) Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan(Variabel Y) tergolong Cukup Atau Sedang dengan angka 0,415 atau 41%. Hal ini dapat dilihat dari besarnya ro dengan rt seperti yang telah diketahui bahwa ro yang peneliti peroleh sebesar 0,415 sedangkan rt taraf signifikan 5% yaitu 0,275 dan taraf signifikan 1% yaitu 0,339. Maka dari hasil analisis tersebut terdapat pengaruh evaluasi pembelajaran terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMKN 5 Jakarta Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2003). “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. (2012). “Evaluasi Pendidikan”. Jakarta: Rineka Cipta.

Miswanto. (2014). “Evaluasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter”. Jurnal Madaniyah, VII, 151–164.

Dimyati Mudjiono, “Belajar dan Pembelajaran”, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Djamarah, Syaiful Bahri, “Psikologi Belajar”, Jakarta: Rinneka Cipta.1999

Imam Asrori, “Evalusi Pembelajaran Bahasa Arab”, Malang: Misykat Indonesia, 2014

M. Fadilah. “Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran” ,Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014

M. Ngalim Purwanto, “Prinsip- Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran”, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006

Nindia Yuliwulandana, “Evaluasi Pedidikan”, Metro: STAIN Jurai Siwo, 2015

Nana Sudjana, “Penilaian Proses Belajar Mengajar”, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Nasution, “Didaktik Asas-Asas Mengajar”, Jakarta: Bumi Aksara. 2004

Ramayulis, “Ilmu Pendidikan Islam”, (Jakarta: Kalam Mulia 2011

Suharsimi Arikunto, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Sudaryono, “Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran”, Tangerang: Graha Ilmu, 2012

Sudjana, Nana, “Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar”, Bandung: Sinar Baru Algensido Offset, 2004

Sugiyono, “Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta, 2009

Downloads

Published

2023-06-04

How to Cite

Maryam Sulaeman, & Muthi’ah Aminatuj Zuhriyyah. (2023). Pengaruh Evaluasi Pembelajaran terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMKN 5 Jakarta Timur. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.55623/au.v4i1.266
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v4i1.266