Konsep Orang Tua dalam Mendidik Anak menurut Ajaran Agama Islam

Authors

  • Ahmad Sawkani Universitas Islam Jakarta
  • Firdaus Suhaimi Universitas Islam Jakarta
  • Kunaenih Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v5i2.346

Keywords:

Mendidik anak, Orang Tua, Ajaran Islam

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak penggunaan alat komunikasi gawai (gadget) atau smartphone secara bebas tidak terkendali pada anak. Alat ini mendekatkan anak-anak pada digitalisasi dunia maya, sehingga memberikan jarak pada mereka dengan dunia nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan cara mencari, mengumpulkan, membaca, dan menganalisa buku-buku mengenai konsep orang tua dalam mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam, skripsi, jurnal dan lain sebagainya yang ada reverensinya dengan masalah penelitian. Kemudian di olah sesuai dengan kemampuan peneliti. Kesimpulannya bahwa pendidikan anak yang pertama dan paling utama dalam Islam adalah pendidikan dalam keluarga. Pendidikan dalam keluarga yang perspektif Islam adalah pendidikan yang didasarkan pada tuntunan agama Islam yang diterapkan dalam keluarga yang dimaksudkan untuk membentuk anak agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berakhlak mulia yang mencakup etika, moral, budi pekerti, spiritual atau pemahaman dan pengalaman nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiah. (2008). Hadist Tarbawiyah (Pendidikan Islam Tinjauan Hadist Nabi). Pekanbaru : AlMujtahada Press

Aminudin dan Tita. (2011). Sosiologi. Jakarta: Erlangga

Al-Rasyidin. (2008). Filsafah Pendidikan Islami. Medan: Perdana Mulya Sarana

Abdul, Ali. Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani

Brooks, Jane. (2011). The Process of Parenting. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darta, Hanny Muchtar. (2017). Positive Characters With Poitive Parenting. Jakarta: Kompas Gramedia

Darmadi, Hamid. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Jakarta: Animage Team

Gernawati, Siregar. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Cirebon: Syntax.

Hasbullah. (2011). Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja grafindo Persada

Heri Jauhari Muchtar. (2008). Fikih Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Husin, Abdullah. (2013). Model Pendidikan Luqman al-Hakim, Kajian Tafsir Sistem Pendidikan Anak dalam Surah Luqman. Yogyakarta: Insyira

Iriani, Dewi. (2014). 101 Kesalahan dalam Mendidik Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Irawati Istadi. (2014). Mendidik Anak dengan Cinta Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Cakrawala Publishing.

Jamaal Abdur Rahman, Athfaalul Muslimin Kaifa Rabbaahumun Nabiyyul Amiin, diterjemahkan oleh Bahrun Abubakar Ahsan Zubaidi Tahapan dengan judul, Mendidik Anak Teladan Rasulullah SAW. Bandung: Irsyad Baitus Salam

Khoiron, Rosyadi. Pendidikan Profetik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lexy J. Moleong. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah

Maimunah, Binti. (2016). Interaksi sosial anak dalam keluarga, sekolah dan Masyarakat. Surabaya: Jenggala Pustaka utama

Mahmud dkk. (2013). Pendidikan Islam dalam Keluarga. Jakarta: Akademi Prmata

Mujib Abdul & Mudzakir. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Nazir, Moh. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Ratuliu, Mona. (2018). Digital Parenthink. Jakarta: Penerbit Noura

Reza,Wattimena. (2020). Mendidik Manusia Revolusi Pendidikan Abad ke 21. Jakarta: Pustaka Utama

Rusmani. (2011). Ilmu Pendidikan. Palembang: Grafika Talindo Press

Syamsir, Torang. (2014). Organisasi & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi). Bandung: Alfabeta

Uhbiyati, Nur. (2013). Dasar - dasar Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: Pustaka Rizki Putra

Ulwan, A. N. (2015). Tarbiyatul Aulad Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Khatulistiwa Press

Wahid, Marzuki. (2011). Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi. Bandung: Pustaka Hidayah.

Wattimena, R. (2020) Mendidik Manusia Revolusi Pendidikan Abad ke 21. Jakarta:Pustaka Utama

Zaenab, Siti. (2015). Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing.Yogyakarta: Budi Utama

Zubaedi. (2012). Isu-Isu Baru dalam Diskursus Filsafat Pendidikan Islam dan Kapita Selekta Pendidikan Islam. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-07-08

How to Cite

Ahmad Sawkani, Firdaus Suhaimi, & Kunaenih. (2024). Konsep Orang Tua dalam Mendidik Anak menurut Ajaran Agama Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2), 124–141. https://doi.org/10.55623/au.v5i2.346
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v5i2.346