Konsep Orang Tua dalam Mendidik Anak menurut Ajaran Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v5i2.346Keywords:
Mendidik anak, Orang Tua, Ajaran IslamAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak penggunaan alat komunikasi gawai (gadget) atau smartphone secara bebas tidak terkendali pada anak. Alat ini mendekatkan anak-anak pada digitalisasi dunia maya, sehingga memberikan jarak pada mereka dengan dunia nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan cara mencari, mengumpulkan, membaca, dan menganalisa buku-buku mengenai konsep orang tua dalam mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam, skripsi, jurnal dan lain sebagainya yang ada reverensinya dengan masalah penelitian. Kemudian di olah sesuai dengan kemampuan peneliti. Kesimpulannya bahwa pendidikan anak yang pertama dan paling utama dalam Islam adalah pendidikan dalam keluarga. Pendidikan dalam keluarga yang perspektif Islam adalah pendidikan yang didasarkan pada tuntunan agama Islam yang diterapkan dalam keluarga yang dimaksudkan untuk membentuk anak agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berakhlak mulia yang mencakup etika, moral, budi pekerti, spiritual atau pemahaman dan pengalaman nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Alfiah. (2008). Hadist Tarbawiyah (Pendidikan Islam Tinjauan Hadist Nabi). Pekanbaru : AlMujtahada Press
Aminudin dan Tita. (2011). Sosiologi. Jakarta: Erlangga
Al-Rasyidin. (2008). Filsafah Pendidikan Islami. Medan: Perdana Mulya Sarana
Abdul, Ali. Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani
Brooks, Jane. (2011). The Process of Parenting. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darta, Hanny Muchtar. (2017). Positive Characters With Poitive Parenting. Jakarta: Kompas Gramedia
Darmadi, Hamid. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Jakarta: Animage Team
Gernawati, Siregar. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Cirebon: Syntax.
Hasbullah. (2011). Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja grafindo Persada
Heri Jauhari Muchtar. (2008). Fikih Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Husin, Abdullah. (2013). Model Pendidikan Luqman al-Hakim, Kajian Tafsir Sistem Pendidikan Anak dalam Surah Luqman. Yogyakarta: Insyira
Iriani, Dewi. (2014). 101 Kesalahan dalam Mendidik Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Irawati Istadi. (2014). Mendidik Anak dengan Cinta Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Cakrawala Publishing.
Jamaal Abdur Rahman, Athfaalul Muslimin Kaifa Rabbaahumun Nabiyyul Amiin, diterjemahkan oleh Bahrun Abubakar Ahsan Zubaidi Tahapan dengan judul, Mendidik Anak Teladan Rasulullah SAW. Bandung: Irsyad Baitus Salam
Khoiron, Rosyadi. Pendidikan Profetik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Lexy J. Moleong. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah
Maimunah, Binti. (2016). Interaksi sosial anak dalam keluarga, sekolah dan Masyarakat. Surabaya: Jenggala Pustaka utama
Mahmud dkk. (2013). Pendidikan Islam dalam Keluarga. Jakarta: Akademi Prmata
Mujib Abdul & Mudzakir. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Nazir, Moh. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Ratuliu, Mona. (2018). Digital Parenthink. Jakarta: Penerbit Noura
Reza,Wattimena. (2020). Mendidik Manusia Revolusi Pendidikan Abad ke 21. Jakarta: Pustaka Utama
Rusmani. (2011). Ilmu Pendidikan. Palembang: Grafika Talindo Press
Syamsir, Torang. (2014). Organisasi & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi). Bandung: Alfabeta
Uhbiyati, Nur. (2013). Dasar - dasar Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: Pustaka Rizki Putra
Ulwan, A. N. (2015). Tarbiyatul Aulad Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Khatulistiwa Press
Wahid, Marzuki. (2011). Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi. Bandung: Pustaka Hidayah.
Wattimena, R. (2020) Mendidik Manusia Revolusi Pendidikan Abad ke 21. Jakarta:Pustaka Utama
Zaenab, Siti. (2015). Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing.Yogyakarta: Budi Utama
Zubaedi. (2012). Isu-Isu Baru dalam Diskursus Filsafat Pendidikan Islam dan Kapita Selekta Pendidikan Islam. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Sawkani, Firdaus Suhaimi, Kunaenih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.