Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an: Survei di SMP Al Washliyah 1 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v6i2.487Keywords:
Upaya, Guru Pendidikan Agama Islam, Kesulitan Membaca Al-Qur’an, Peserta DidikAbstract
Penelitian bertujuan tujuan untuk menjelaskan upaya guru Pendidikan Agama Islam ketika mereka menemui tantangan dalam membaca Al-Qur’an serta elemen-elemen yang memfasilitasi dan menghalangi mereka dalam membantu siswa di SMP Al Washliyah 1 Jakarta yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini ialah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data, digunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh selama proses riset di SMP Al Washliyah 1 Jakarta adalah (1) tindakan yang diambil oleh guru Pendidikan Agama Islam untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an di SMP Al Washliyah 1 Jakarta, yaitu a) dengan menggunakan metode halaqah tahsin dan tahfiz seperti Muatan Lokal (Mulok) ketika kegiatan pembelajaran PAI sedang dilaksanakan. b) selalu membiasakan diri untuk membaca ayat-ayat pendek sebelum memulai kelas yang diadakan oleh teman sejawat. c) setiap sabtu pagi, secara teratur diadakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh siswa mengenai ilmu tajwid. 2) Tantangan yang dihadapi oleh guru pendidikan agama Islam dalam membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur'an di SMP Al Washliyah 1 Jakarta adalah a) variasi dalam kemampuan peserta didik. b) kurangnya perhatian dari orang tua terhadap anak-anak mereka. c) jumlah pengajar serta waktu yang tidak mencukupi. (3) faktor-faktor yang membantu guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi masalah membaca Al-Qur'an di SMP Al Washliyah 1 Jakarta adalah a) adanya fasilitas dan infrastruktur pembelajaran yang memadai. b) motivasi serta semangat dari guru PAI. c) dukungan yang diberikan oleh kepala sekolah dan guru wali kelas.
Downloads
References
A. Shukri, N. H., M. Nasir, M. K., & Abdul Razak, K. (2020). Educational Strategies on Memorizing the Quran: A Review of Literature. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 9(2). https://doi.org/10.6007/ijarped/v9-i2/7649
Che Wan Mohd Rozali, W. N. A., Ishak, I., Mat Ludin, A. F., Ibrahim, F. W., Abd Warif, N. M., & Che Roos, N. A. (2022). The Impact of Listening to, Reciting, or Memorizing the Quran on Physical and Mental Health of Muslims: Evidence From Systematic Review. In International Journal of Public Health (Vol. 67). Frontiers Media S.A. https://doi.org/10.3389/ijph.2022.1604998
Hepi Ikmal dan Silfiana Aprilia Setianingrum, “Stategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur‟an Peserta Didik”, Jurnal Akademia, Vol. 12 No.1 (Juni 2018), 214.
Kurnia, M. K. S., Edi Suresman, Jenuri, & Zaman, A. R. B. (2024). The Impact of Quran Recitation Habits Before Class on Students’ Mental Readiness for Learning. Journal of Islamic Education Research, 5(3). https://doi.org/10.35719/jier.v5i3.441
Muhamad Abdu Ramadhan, & Nadiah. (2024). Upaya Guru dalam Membentuk Kemampuan Membaca Al Qur’an: Survei di SMKN 14 Jakarta. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 249–256. https://doi.org/10.55623/au.v5i1.343
Mulia, A., Kosasih, A., & Zen, M. (2021). An-Nuha Jurnal Pendidikan Islam Strategi Guru PAI Dalam Menghadapi Kesulitan Membaca Alquran Peserta Didik Kelas V SD Negeri 04 Kampung Dalam. 1, 271–280. http://annuha.ppj.unp.ac.id
Neliwati, Hasri Siregar, F., Sitorus, W., & Pane, N. E. (2024). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler BTQ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMPN 8 Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23. https://doi.org/10.17467/mk.v23i2.1444
Putri, R. I., & Lestari, A. (2020). Penerapan Teori Humanistik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Humaniora, 9(2), 115123.https://ejournal.undiksha.ac.id/JJPI/article/view/28120
Sapuroh, S. (2022). Efektivitas Ekstrakulikuler Btq Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di Smpn 9 Rejang Lebong. 2.
Sholikhah, N., & Muzayanah, M. (2020). Strategi Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Tarbiyatuna, 11(2), 115–125.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Khairunnisa, Kunaenih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.