Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Program Tadarus Tahfidz dan Dhuha (TTD) di MAN 2 Jakarta

Authors

  • Humna Kamila Universitas Islam Jakarta
  • Nahuda Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v5i2.350

Keywords:

Pembentukan karakter, Tadarus Tahfidz dan Dhuha (TTD)

Abstract

Penelitian ini membahas peran guru dalam pembentukan karakter siswa melalui program Tadarus Tahfidz dan Dhuha (TTD). Program Tadarus Tahfidz dan Dhuha (TTD) merupakan kegiatan rutin yang mengintegrasikan pembacaan Al-Qur'an (tadarus), hafalan Al-Qur'an (tahfidz), dan shalat Dhuha untuk meningkatkan kualitas spiritual dan moral siswa. Guru berperan sebagai fasilitator, motivator, dan teladan dalam pelaksanaan program ini. Melalui pendekatan yang komprehensif dan berkelanjutan, guru membantu siswa menginternalisasi nilai-nilai agama dan moral seperti disiplin, tanggung jawab, ketekunan, dan kerjasama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi langsung dan wawancara mendalam terhadap guru dan siswa sebagai subjek penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa keterlibatan aktif guru dalam program Tadarus Tahfidz dan Dhuha (TTD) secara signifikan berkontribusi terhadap pembentukan karakter positif siswa, memperkuat ikatan spiritual mereka, dan mendorong perilaku etis dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini menegaskan pentingnya peran guru dan program keagamaan dalam pembinaan karakter siswa di lingkungan pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsini, Y., Yoana, L., & Prastami, Y. (2023). JURNAL MUDABBIR (Journal Research and Education Studies) Volume 3. Nomor 2 Tahun 2023 http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/mudabbir PERANAN GURU SEBAGAI MODEL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Journal Research and Education Studies, 3(2), 27–35. http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/mudabbir

Diah Utami, R., & Maharani, Y. (2018). Kelebihan Dan Kelemahan Metode Talaqqi Dalam Program Tahfidz Al-Qur’an Juz 29 Dan 30 Pada Siswa Kelas Atas Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 185. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.7353

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638

Jannah, M. (2019). Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T an Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 77.https://doi.org/10.35931/am.v4i1.178

Muslich, M. (2022). ”Adi Suprayitno & Wahid Wahyudun, Pendidkan Karakter di Era Milenial, (Yogyakarta: CV Budi Utama, 20220, hal. 6. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional., 2011, hal. 6.

Downloads

Published

2024-07-08

How to Cite

Humna Kamila, & Nahuda. (2024). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Program Tadarus Tahfidz dan Dhuha (TTD) di MAN 2 Jakarta. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2), 105–113. https://doi.org/10.55623/au.v5i2.350
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v5i2.350