Pengaruh Peran Pendidik terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Bina Pangudi Luhur Jakarta

Authors

  • Brojo Ali Aji Universitas Islam Jakarta
  • Nahuda Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v5i1.285

Keywords:

Peran Pendidik, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan menurunnya motivasi belajar peserta didik sebab oleh faktor minimnya berinteraksi sosial ditambah proses interaksi sosial antara pendidik terhadap peserta didik yang kurang interaktif dan komunikatif saat pembelajaran luring mengakibatkan menurunnya motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengukur pengaruh interaksi sosial terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI serta menganalisa strategi untuk meningkatkan motivasi belajar melalui interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analisis korelasional dengan menggunakan intrumen kuisioner yang di sebar pada 41 sampel dari total 460 populasi kelas XI-IPA 1 dan XI-IPA 2 di SMA Bina Pangudi Luhur Jakarta. Adapun intrumen kuisioner berjumlah 20 butir pernyataan positif dan negatif pada variable X dan Variabel Y. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa terdapat pengaruh peran pendidik terhadap motivasi belajar peserta didik, dilihat dari uji koefisien product moment mengahsilkan “Rˣʸ” atau “R˳” sebesar 0,660, dan koefisien determinasi dengan nilai 0,436, hasil tersebut lebih besar dari “r˕” pada taraf signifikan 5% sebesar 0,308 dan taraf signifikan 1% sebesar 0,398. Dengan demikian hipotesis alternatif (Hₐ) diterima atau di setujui sedangkan hipotesis nihil (H˳) tidak diterima atau tidak di setujui. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat korelasi yang kuat/tinggi dari pengaruh interaksi sosial terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI dengan nilai 0,660 atau 66%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handoko Santoso. (2022). Pendidikan dan pengembangan karakter, Prosiding seminar nasional pendidikan, 3.

Andi Sopiandi. (2019). pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian, SCIENTIFIC, 4.

Anggun Rahmawati, C. Indah Nartani. (2018). kompetensi sosial guru dalam berkomunikasi secara efektif. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2.

Aulia Akbar. (2021). Pentingnya kompetensi paedagogik guru . Jurnal Pendidikan Guru, 5.

CDK Sari, GA Nugrahanta. (2023). Membangun karakter berwawasan luas melalui buku pedoman pendidikan . Pinus, 2.

D Al Mustaqim. (2023). Peran Pendidikan Profesi Guru. literaksi, 3.

Dewi Yulmasita Bagou, Arifin Suking. (2020). Analisis kompetensi profesional guru. Jambura , 2.

HIdayat, Syafe`i. (2021). Peran guru dalam mewujudkan tujuan pembelajaran. Rayah Al-Islam, 3.

Jazuli, Sukarso Ghrazianendri. (2019). Keteladanan guru dalam prespektif pandangan Al-Qur`an. al-Afkar, 4.

Metha Lubis. (2020). Peran guru para era pendidikan 4.0. core, 4.

Nia Nursaadah. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam . GUAU, 2.

T Andiyanto. (2021). peran pendidik agama islam Terhadap pembentukan kepribadian anak . IJIGAEd.

T. Haryono, Daniel Fajar Panuntun. (2019). Model gaya hidup nazir sebagai refleksi gaya hidup. Evangelikal.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Brojo Ali Aji, & Nahuda. (2024). Pengaruh Peran Pendidik terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Bina Pangudi Luhur Jakarta. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 18–24. https://doi.org/10.55623/au.v5i1.285
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v5i1.285