Pluralitas Makhluk dalam Perspektif Teologis: Refleksi atas Keesaan Khalik dalam Keragaman Ciptaan
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v6i1.377Keywords:
Pluralitas Makhluk, Keesaan Khalik, TeologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hakikat pluralitas makhluk dan keesaan Khalik dalam perspektif teologis Islam, serta mengeksplorasi relevansi dan hikmah yang terkandung dalam keduanya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis teks-teks Al-Qur'an, hadis, serta literatur terkait yang membahas konsep teologis, pluralitas, dan peran makhluk dalam menciptakan harmoni hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pluralitas makhluk dan keesaan Khalik saling terkait dalam menegaskan bahwa meskipun alam semesta ini penuh dengan keragaman, semuanya bersumber dari satu Tuhan yang Maha Esa, yakni Allah SWT. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya memahami pluralitas sebagai bagian dari kehendak Tuhan yang harus diterima dan dihargai, serta peran penting tauhid dalam membimbing umat manusia menuju hidup yang harmonis dan penuh kedamaian.
Downloads
References
Ananda, I. A., & Aderus, A. (2024). Pluralitas Makhluk Tanda Keesaan Khaliq. J-Innovative.Org, 4(1), 7780–7792. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8376
Asiyah, D. N. (2021). Pandangan Ibn Al-Arabi Mengenai Wahdat Al-Wujud Dan Konsep Kebahagiaan. Spiritualita, 5(2), 73–82.
Herman, M. A., Amri, M., & Santalia, I. (2024). Pemikiran Filosof Al-Farabi dan Ibnu Sina. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(6).
Jeprianto, J., Amri, M., & Santalia, I. (2022). Pluralitas Makhluk Dan Keesaan Khalik: Membangun Peradaban Diatas Peradaban. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 2(3), 281–287. https://doi.org/10.54443/mushaf.v2i3.74
Kamal, K. (2023). Pluralitas Mahluk dan Keesaan Khalik; Membangun Peradaban di Atas Perbedaan. Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel, 3(4), 274–283. https://doi.org/10.58643/sipatokkong.v3i4.184
Lestari, W., Alya, R., & Sari, H. P. (2024). Pandangan Filsafat Islam Terhadap Pendidikan Ilmu Pengetahuan; Analisis Pemikiran Ibnu Sina dan Al-Farabi. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 167–176.
Mappasessu, M., & Thalib, A. (2024). Pluralisme dalam Islam: Kajian Eksistensi Makhluk dan Esensi Khalik. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 4(3), 149–159. https://doi.org/10.37010/kangmas.v4i3.1467
Nicolas Habibie, J. (2023). Telaah Karakter Pendidikan Multikultural Dalam Al- Qur ’ an ( Studi Terhadap Surat Al- Hujarat Ayat 13 ). International Conferences on Islamic Studies (ICIS), 1(1), 100–110.
Raito, R., & Ramadan, M. F. (2023). Nilai Pendidikan Pranikah Dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 13 (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). Masagi, 13(c), 1–9. https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/385%0Ahttps://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/download/385/154
Ramdani, D., Hilwa, D. L., & Muzani, F. F. (2024). Islam and Pluralism in the Qur’anic Perspective: Thematic Interpretive Studies: Islam dan Pluralisme dalam Perspektif Al-Qur’an. Bulletin of Islamic Research, 2(1), 113–130. http://birjournal.com/index.php/bir/article/view/32%0Ahttps://birjournal.com/index.php/bir/article/download/32/25
Rosidah, F. U., Azisi, A. M., & Basyir, K. (2023). Pluralisme Berbasis Tauhid di Indonesia: Studi Analisis Terhadap Pemikiran Nurcholish Madjid. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 7(1), 64–94. https://doi.org/10.23971/njppi.v7i1.6334
Saparuddin, S. (2020). Aspek-Aspek Ketuhanan Dalam Teologis Dan Pluralitas. Dirasat Islamiah, 1(1), 16–33.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syaridawati, Andi Aderus, Hamzah Harun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.