Peran Prodi Tasawuf dan Psikoterapi dalam Pembentukan Spiritualitas Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Authors

  • Andi Anugrah Nur Hidayat M Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Andi Aderus Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muhammad Amri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Barsihannor Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Rahmi D Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v6i1.392

Keywords:

Tasawuf, Psikoterapi, Spiritual

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali strategi prodi Tasawuf dan Psikoterapi dalam membentuk spiritualitas alumninya. Selanjutanya, untuk mengenali karakteristik spiritualitas alumni, dan untuk mengetehaui sejauh mana nilai-nilai spiritualitas alumni dalam pencegahan penyimpangan perilaku di era modern. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif-deskriptif. Pendekatan yang diguanakan adalah fenomenologi, tasawuf, dan psikologis. Sumber data meliputi ketua Prodi, sekretaris Prodi, dan alumni angkatan 2017-2023. Adapaun pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner terbuka dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Prodi Tasawuf dan Psikoterapi melalui kurikulumnya pada pembelajaran formal yaitu melalui mata kuliah di kelas secara teoritis, maupun kegiatan nonformal yaitu manaqib dan studi lapangan di berbagai instansi seperti tarekat, yayasan sosial, BNN, sekolah, dan juga rumah sakit. Kegiatan tersebut berperan dalam membentuk spiritualitas alumni, berdasarkan karakteristik spritulitas dari Imam Al-Ghazali. Aspek spritual pertama yakni tazkiyatun nafs dibuktikan dengan muhasabah dan istighfar sehingga dapat dirasakan ketenangan jiwa dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupan. Aspek taqarrub ilallah dijalani melalui dzikir, doa, serta ibadah sunnah. Akhlak dan moralpun tercermin dalam sikap menghargai orang lain, pengendalian emosi serta menjaga hubungan sosial dengan berpikir positif. Aspek zuhud cukup tercapai dengan menyeimbangkan kepentingan akhirat dan kebutuhan duniawinya, namun beberapa alumni dalam implementasinya sering kali tertantang oleh kebutuhan materil dan status sosial. Beberapa maqam seperti sabar dan syukur berhasil diterapkan, meski tidak semua maqam tersebut membuahkan ahwal (kondisi batin) yang ideal dalam pengalaman spiritualnya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adib ‘Aunillah Fasya. (2022). Konsep Tasawuf Menurut Imam Al-Ghazali. Jousip, 2.

Afrisal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu (1 (ed.)). Rajawali Pers.

Alghifari, R., Rohmawan, & Nurlaela. (2023). Pengaruh Zuhud dalam Ekonomi Islam Perspektif Al-Ghazali. Journal Of Islamic Economics and Finance Studies, 1(1).

Awaliyah, D., & Handayani, I. (2019). Penanaman Nilai Spiritual dalam Dimensi Psikoterapi Islam di PP. Rehabilitasi Salafiyah Syafi’iyah Nashrun Minallah. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6.

Indonesia Corruption Watch. (2024). Laporan Hasil Pemantauan Tren Korupsi Tahun 2023. Divisi Hukum Dan Monitoring Peradilan.

Isa, S. A. Q. (2014). Hakekat Tasawuf (K. A. Harahap (trans.)). Qisthi Press.

Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi, F. U. (2022). Kurikulum KKNI dengan Kebijakan MBKM. UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

M. Iqbal Irham. (2016). Nafas Kesadaran dan Menghidupkan Spiritualitas Melalui Integrasi Tasawuf dan Psikologi. Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, 6(1).

Nursafanah, D., Jannah, R., Safitri, N., Hidayat, W., & Indriana, D. (2024). Pemikiran Pendidikan Imam Al-Ghazali dalam Perspektif Islam. JICN : Jurnal Intelek Dan Cendekiawan Nusantara, 1(2).

Rahayu, S. (2020). Peran Spiritualitas dan Religiusitas Guru Wanita Dalam Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Anak (Studi Kasus Pada Guru Wanita Di SD Islam Ruhama)".

Rusdi, A. (2012). Agama, Spiritualitas, dan Psikoterapi: Tinjauan Berbagai paradigma. In Sekolah Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Zubair, T., & Raquib, A. (2020). Islamic Perspective on Social Media Technology, Addiction and Human Values. Jornal Of Islamic Thought and Civilization (JITC), 10(2).

Adib ‘Aunillah Fasya. (2022). Konsep Tasawuf Menurut Imam Al-Ghazali. Jousip, 2.

Afrisal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu (1 (ed.)). Rajawali Pers.

Alghifari, R., Rohmawan, & Nurlaela. (2023). Pengaruh Zuhud dalam Ekonomi Islam Perspektif Al-Ghazali. Journal Of Islamic Economics and Finance Studies, 1(1).

Awaliyah, D., & Handayani, I. (2019). Penanaman Nilai Spiritual dalam Dimensi Psikoterapi Islam di PP. Rehabilitasi Salafiyah Syafi’iyah Nashrun Minallah. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6.

Indonesia Corruption Watch. (2024). Laporan Hasil Pemantauan Tren Korupsi Tahun 2023. Divisi Hukum Dan Monitoring Peradilan.

Isa, S. A. Q. (2014). Hakekat Tasawuf (K. A. Harahap (trans.)). Qisthi Press.

Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi, F. U. (2022). Kurikulum KKNI dengan Kebijakan MBKM. UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

M. Iqbal Irham. (2016). Nafas Kesadaran dan Menghidupkan Spiritualitas Melalui Integrasi Tasawuf dan Psikologi. Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, 6(1).

Nursafanah, D., Jannah, R., Safitri, N., Hidayat, W., & Indriana, D. (2024). Pemikiran Pendidikan Imam Al-Ghazali dalam Perspektif Islam. JICN : Jurnal Intelek Dan Cendekiawan Nusantara, 1(2).

Rahayu, S. (2020). Peran Spiritualitas dan Religiusitas Guru Wanita Dalam Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Anak (Studi Kasus Pada Guru Wanita Di SD Islam Ruhama)".

Rusdi, A. (2012). Agama, Spiritualitas, dan Psikoterapi: Tinjauan Berbagai paradigma. In Sekolah Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Zubair, T., & Raquib, A. (2020). Islamic Perspective on Social Media Technology, Addiction and Human Values. Jornal Of Islamic Thought and Civilization (JITC), 10(2).

Downloads

Published

2025-06-22

How to Cite

Andi Anugrah Nur Hidayat M, Andi Aderus, Muhammad Amri, Barsihannor, & Rahmi D. (2025). Peran Prodi Tasawuf dan Psikoterapi dalam Pembentukan Spiritualitas Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 164–169. https://doi.org/10.55623/au.v6i1.392