Strategi Pengelolaan Informasi dan Kearsipan di Lembaga Pendidikan

Authors

  • Susilo Surahman UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Muh. Taufiq Hidayatullah UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Aryn Widawati UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Dwi Agustin UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v6i1.394

Keywords:

Pengelolaan Informasi, Kearsipan, Lembaga Pendidikan

Abstract

Strategi pengelolaan informasi dan kearsipan menjadi aspek penting dalam mendukung efektivitas administrasi dan tata kelola lembaga pendidikan. Informasi yang terorganisasi dengan baik memungkinkan proses pengambilan keputusan berjalan lebih efisien, serta memperkuat akuntabilitas dan transparansi lembaga. Dalam konteks ini, manajemen arsip berfungsi sebagai landasan dokumentasi historis, legalitas, dan bukti operasional yang harus dijaga secara sistematis dan berkelanjutan. Penerapan strategi pengelolaan informasi dan kearsipan mencakup perencanaan sistem pengelolaan dokumen, digitalisasi arsip, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang administrasi. Teknologi informasi juga memegang peran sentral dalam transformasi sistem kearsipan, dengan penerapan sistem manajemen arsip elektronik (e-arsip) yang mendukung efisiensi penyimpanan, pencarian, dan keamanan data. Standarisasi prosedur serta regulasi yang jelas menjadi kunci dalam membangun sistem kearsipan yang handal dan konsisten. Lembaga pendidikan yang mampu mengimplementasikan strategi pengelolaan informasi dan kearsipan secara optimal akan memiliki keunggulan dalam hal efisiensi operasional, ketepatan layanan, dan pelestarian pengetahuan institusional. Pengelolaan informasi yang baik juga berkontribusi dalam mendukung akreditasi institusi serta menjadi sumber data penting untuk pengembangan kebijakan dan penelitian. Oleh karena itu, penting bagi setiap lembaga pendidikan untuk menyusun dan melaksanakan strategi yang terstruktur, adaptif, dan berorientasi jangka panjang dalam pengelolaan informasi dan kearsipan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fathurrahman, Muslih. "Pentingnya arsip sebagai sumber informasi." JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi) 3.2 (2018): 215-225.

Kurniatun. (2019). Proses Penyusutan Peraturan Rektor Universitas Gajah Mada Tentang Pola Klasifikasi Arsip di Lingkungan Universitas Gajah Mada. Jurnal Pengembangan Kearsipan. 12 (2), 142-170.

Maharany, I., & Suratman, B. (2014). Peranan Sistem Kearsipan Sebagai Sumber Informasi Bagi Pimpinan PT. Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran, 2(2), 1-15.

Peraturan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip, dan Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Dinamis.

Peraturan Kepala Arsip Nasional Indonesia Nomor 19 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Klasifkasi Arsip

Turmuzi, Muhammad, et al. "Literature review: evaluasi keterlaksanaan kurikulum 2013 menggunakan model evaluasi cipp (context, input, process, dan product)." Jurnal Basicedu 6.4 (2022): 7220-7232.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Susilo Surahman, Muh. Taufiq Hidayatullah, Aryn Widawati, & Dwi Agustin. (2025). Strategi Pengelolaan Informasi dan Kearsipan di Lembaga Pendidikan. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 292–298. https://doi.org/10.55623/au.v6i1.394