Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Survei SMK Negeri 65 Jakarta)

Authors

  • Azizah Rahma Sandi Universitas Islam Jakarta
  • Firdaus Suhaimy Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v6i1.512

Keywords:

Pengelolaan Informasi, Kearsipan, Lembaga Pendidikan

Abstract

Riset ini dilatarbelakangi oleh minimnya karakter beberapa peserta didik di SMK Negeri 65 Jakarta. Sementara tujuan riset ini untuk membahas peran guru dalam membentuk karakter peserta didik di sekolah sebagai bagian dari pendidikan yang menyeluruh. Guru tidak sekadar mengajarkan ilmu pengetahuan tetapi juga menjadi teladan, motivator, dan pembimbing dalam membentuk karakter siswa. Riset ini memakai metode kualitatif, adapun teknik penghimpunan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi hasil dari riset ini yaitu berbagai strategi telah di terapkan seperti integrasi nilai karakter dalam pembelajaran,pemberian reward dan punisment, serta pelaksanaan program rutin  seperti P5, jumat sehat dan jumat taqwa. Meskipun menghadapi tantangan seperti pengaruh teman sebaya, kurangnya perhatian orang tua, dan belum maksimalnya kerjasama antar guru dan lain sebagainya. Hasil penelitian memperlihatkan adanya peningkatan positif dalam perilaku siswa manakala ada keteladanan yang dicontohkan guru yang akhirnya menginspirasi peserta didik untuk punya karakter yang baik. Maka itu dibutuhkan sinergi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam mendukung keberhasilan pembentukan karakter peserta didik, karena bagaimanapun pembentukan karakter peserta didik tidak dapat hanya disandarkan sepenuhnya ke pundak guru di sekolah. Pada sisi lain peran masyarakat sebagai sektor pendidikan non-formal juga harus aktif mengambil bagian agar terjalin kesinergian tri pusat pendidikan, yakni pendidikan informal, formal dan non formal dalam rangka upaya membentuk karakter peserta didik secara maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahman Ayi, D. D. (2025). Pendidikan Karakter. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Aisyah. (2018). Pendidikan Karakter konsep dan implementasinya. Jakarta: Pranadamedia Group.

Akhmad, M. (2017). Urgensi Pendidikan Karakter Indonesia. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Alimin, H. (2021). Peran Guru dalam membina moral siswa kelas IX di SMA Negeri 1 Siotapiana Kecamatan Siotapiana Kabupaten Buton. Jurnal SELAMI IPS, 1-8.

Antonius. (2022). Pendidikan Karakter Anak di sekolah. Edumedia.

Ariani, Nadia (2024). Pengaruh pembiasaan tadarus Al- quran terhadap pendidikan karakter . Jurnal Pendidikan Islam, 1-10.

Daniyarti, w. (2024). Pendidikan Karakter Konsep,Model,Desain, dan strategi membentuk kepribadian anak. Malang: PT Literasi Nusantara Abadi Grup.

Eko, P. (2023). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Malang: PT Literasi Nusantara Abadi Grup.

Faizah, N. (2019). Pembentukan Karakter Siswa melalui disiplin tata tertib sekolah di SMA Negeri 2 Klaten. Yogyakarta.

Finanto, M. (2023). Pendidikan Karakter membentuk kepribadian anak. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Handayani, M. (2019). Problematika Pengembangan karakter peserta didik di era 4.0. Jurnal penelitian pendidikan islam , 1 - 16.

Haris Nur, P. D. (2023). Pendidikan Karakter. Banten: PT Sada Kurnia Pustaka.

Indrawan, W. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Irsyadiah, N. (2021). Perspektif Dinamika Pendidikan Dalam Merdeka Belajar. Jawa Tengah: CV. Eureka Media Aksara.

Julianto, E. (2024). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah dan Pembelajaran PAI. Nafal Publishing.

Junaidi, H. (2019). Sukses menjadi guru humoris dan idola yang di kenang siswa sepanjang masa . Yogyakarta: Araska.

Musyarofah, Firdaus (2024). Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Review Pendidikan dan Pengajaran, 1-6.

Nurmayuli. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi pendagogik guru. Jurnal Penelitian Sosial dan Agama, 1 - 27.

Purwanto. (2021). Pendidikan Karakter di Sekolah. Bandung: PENERBIT INDONESIA EMAS GROUP.

Ridwan A, A. D. (2023). Fungsi dan Peran Guru pendidikan agama islam untuk peningkatan kedisplinan pelaksanaan sholat berjamaah siswa. Journal On Education, 1 - 17.

Sintia, Maryam (2024). Pengaruh pembelajaran terhadap pembentukan karakter peserta didik . Jurnal Review pendidikan dan pengajaran, 1 - 9.

Suparno. (2018). Analisis faktor-faktor pembentukan karakter smart siswa di sekolah Islam terpadu. Jurnal Pendidikan Karakter, 1-12.

Ulfa, M. (2020). Manajemen Akhlak dan Karakter. Banda Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh.

Yunizar, H. (2024). Membangun Karakter Bangsa Peran Pendidikan Dalam Membentuk Generasi Unggul. Jurnal ilmu manajemen dan pendidikan, 1 - 3.

Ariani,Nadia. (2024). Pengaruh pembiasaan tadarus Al- quran terhadap pendidikan karakter . Jurnal Pendidikan Islam, 1-10.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Azizah Rahma Sandi, & Firdaus Suhaimy. (2025). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Survei SMK Negeri 65 Jakarta). Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 345–355. https://doi.org/10.55623/au.v6i1.512