Analisis Pengalaman dan Strategi Wisatawan Muslim untuk Mencari Makanan Halal di Vietnam
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v6i1.400Keywords:
Wisata Halal, IslamAbstract
Penelitian ini berfokus pada menganalisis pengalaman dan strategi yang diterapkan oleh wisatawan Muslim dalam memenuhi kebutuhan makanan halal saat mereka berada di Vietnam, sebuah negara yang mayoritas penduduknya non-Muslim dan memiliki infrastruktur halal yang masih terbatas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan wisatawan Muslim dari Indonesia yang pernah mengunjungi Vietnam, serta pendapat dari para pemimpin agama atau ulama. Temuan dari penelitian ini mengungkap bahwa para wisatawan menghadapi berbagai tantangan besar, seperti sedikitnya restoran yang memiliki sertifikasi halal, tidak adanya penanda halal yang jelas pada produk makanan, serta masalah dalam komunikasi bahasa. Untuk mengatasi berbagai tantangan ini, wisatawan mengembangkan beberapa strategi adaptif, seperti membawa makanan dari negara asal, memilih makanan vegetarian atau seafood, serta memanfaatkan teknologi digital seperti aplikasi pencarian restoran halal dan platform media sosial. Dukungan dari komunitas Muslim setempat juga berperan sebagai sumber informasi yang signifikan. Studi ini menganjurkan perlunya meningkatkan infrastruktur pariwisata halal di Vietnam melalui pelatihan bagi pelaku industri, sistem sertifikasi halal, dan penyediaan informasi halal yang akurat serta mudah diakses untuk meningkatkan daya saing Vietnam sebagai destinasi wisata halal di tingkat global.
Downloads
References
Aimon, H., Zulvianti, N., & Abror. (2023). Do Sustainable Tourism Development, Psychological Safety, and Halal Friendly Destination Performance Lead to Tourist Electronic Word of Mouth? the Role of Tourist Satisfaction. International Journal of Sustainable Development and Planning, 18(4), 1167–1178. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180421
Alty, F., Sumarjan, N., & Suhartanto, D. (2024). Developing Muslim Tourist Satisfaction Through Their Sense of Community. 6(2), 202–213. https://doi.org/10.35313/ijabr.v6i02.305
Aminudin, A. (2020). Urgensi Tasawuf dalam Membangkitkan Kesadaran Spiritual Bagi Masyarakat Modern. Farabi, 17(2), 91–104. https://doi.org/10.30603/jf.v17i2.1792
Arintyas, A. P. R. D. A., & Budiman, R. C. P. (2023). Halal Tourism Towards Equity Representation of Multicultural Identity and Human Development. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 7(2), 154–166. https://doi.org/10.34013/jk.v7i2.1246
Auliya Izzah Hasanah, Rizka Fauziah, & Rachmad Risqy Kurniawan, SEI, M. (2021). Konsep Makanan Halal Dan Thayyib Dalam Perspektif Al-Qur’an Auliya Izzah Hasanah. Ulumul Qur’an:Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, x, 10.
Azam, M. S. E., Muflih, B. K., & Al Haq, M. A. (2024). Intersection Between Modern Technologies and Halal Tourism. The Journal of Muamalat and Islamic Finance Research, June, 16–31. https://doi.org/10.33102/jmifr.546
Challenges, M. (2024). The Role of Social Media in Marketing Tourism Halal to the International. 3, 178–190.
Hall, C. M., Seyfi, S., & Rasoolimanesh, S. M. (2022). Muslim travel cultures. In Contemporary Muslim Travel Cultures. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003036296-2
Hariani, D., & Hanafiah, M. H. (2024). The competitiveness, challenges and opportunities to accommodate the Halal tourism market: a Sharia-law tourism destination perspectives. Journal of Islamic Marketing, 15(3), 919–942. https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2023-0147
Idris, R., Tareq, M. A., Fatimahwati, S., Dato, P., & Sumardi, W. H. (2025). The Halal Industry in Asia.
Janah, R., Asma, & Adinugraha, H. H. (2022). Opportunities And Strategies For Traditional Halal Culinary In Modern Times. JEKSYAH (Islamic Economics Journal), 2(01), 23–39. https://doi.org/10.54045/jeksyah.v2i01.54
Ma, X. V. (2024). Sustainable Tourism in Vietnam: Current Situation and Future Challenges. 38. https://www.academia.edu/37693604/SUSTAINABLE_TOURISM_IN_VIETNAM_CURRENT_SITUATION_AND_FUTURE_CHALLENGES
Mahmudin, M. (2022). Kriteria (Rukhsah) Kemudahan Dalam Syariat. Al-Sulthaniyah, 10(2), 32–43. https://doi.org/10.37567/al-sulthaniyah.v10i2.1293
Matta, R. (2021). Food for social change in Peru: Narrative and performance of the culinary nation. Sociological Review, 69(3), 520–537. https://doi.org/10.1177/00380261211008802
Mohd Amin, A. ‘Uyuna, Zakaria, Z., & Abdul Rahim, A. (2020). Halal Certification of Korean Food in Malaysia: The Challenges and Steps Ahead. The Journal of Muamalat and Islamic Finance Research, 17(2), 61–74. https://doi.org/10.33102/jmifr.v17i2.294
Said, M. F., Adham, K. A., Muhamad, N. S., & Sulaiman, S. (2022). Exploring halal tourism in Muslim-minority countries: Muslim travellers’ needs and concerns. Journal of Islamic Marketing, 13(4), 824–842. https://doi.org/10.1108/JIMA-07-2020-0202
Sandy, R. A., Iqbal, M., & Muin, A. (2023). The Impact of Halal Tourism on the Economy of Communities Around Tourism Objects. Laa Maisyir, 10(1), 57–70.
Saville, R., & Mahbubi, A. (2021). Assessing Muslim travellers’ preferences regarding food in Japan using conjoint analysis: An exploratory study on the importance of prayer room availability and halalness. Heliyon, 7(5), e07073. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07073
Tung, L. T. (2020). Tourism development in Vietnam: New strategy for a sustainable pathway. Geojournal of Tourism and Geosites , 31(3), 1174–1179. https://doi.org/10.30892/GTG.31332-555
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salsabila Karimah, Ladiva Mahaputri Fahrudin, Firyal Nazhifa Humaira, Risma Dwi Apriliyana, Halwa Sabrina Rasin Fibahrani, Tedi Supriyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.