Pengembangan Adversity Quotient dalam Perspektif Al-Qur'an dan Implikasinya terhadap Kesehatan Mental
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v6i1.405Keywords:
Adversity Quotient, Al-Qur’an, Kesehatan MentalAbstract
Adversity Quotient (AQ) adalah konsep yang menggambarkan kemampuan individu dalam menghadapi dan mengatasi tantangan hidup. Dalam perspektif Islam, Al-Qur'an sebagai pedoman hidup umat Muslim menyediakan arahan dan panduan dalam menghadapi berbagai kesulitan dan ujian hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep Adversity Quotient yang terkandung dalam Al-Qur'an dan implikasinya terhadap kesehatan mental. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif library research dengan menggunakan metode analisis data tematik, ayat-ayat Al-Qur'an yang berkaitan dengan Adversity Quotient diidentifikasi dan dianalisis secara mendalam dengan mengacu pada penjelasan para mufassir. Hasil penelitian Nilai-nilai Adversity Quotient yang berimplikasi pada kesehatan mental adalah kesabaran, ketawakalan, rasa syukur, sikap optimis, dan ikhtiar. Dengan menerapkan nilai-nilai tersebut, seseorang dapat menghadapi tantangan dan tekanan hidup dengan lebih efektif, meraih kebahagiaan, serta memelihara kesejahteraan psikologis. Secara umum, relevansi nilai-nilai Al-Quran dalam mengembangkan kemampuan mengatasi kesulitan hidup (Adversity Quotient) dan pengaruhnya terhadap kesehatan mental, memberikan perspektif spiritual dalam memahami dan meningkatkan kesejahteraan psikologis umat manusia
Downloads
References
AKBAR, M. Y. (2023). Pengaruh Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru Melalui Adversity Quotient Sebagai Variabel Mediator Di Sma Negeri 10 Kota Jambi.
Bulqis, T. U., & Nurmina, N. (2024). Hubungan Antara Kepribadian Big Five Dengan Academic Resilience Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Universitas Negeri Padang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 9968–9978.
ERNI, W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, And Satisfaction (Arcs) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Di Tinjau Dari Adversity Quontient Peserta Didik. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Fadlila, N. (2023). Adversity Quotient Dalam Praktik Shalat Tahajud Santri Ponpes Putri di Rembang. IAIN Kudus.
Faizah, M. M., & Arifin, S. S. (2023). Konsep Tawakal dalam Al-Qur’an dan Relevansinya Terhadap Pendidikan. PUTIH: Jurnal Pengetahuan Tentang Ilmu Dan Hikmah, 8(2), 1–14.
Faridah, S. (2023). The Adversity Quotient Of Middle Adult Women In Memorizing The Quran At The House Of Tahfidz Ummul Qura Banjarmasin, Indonesia. Jurnal Studia Insania.
Hapidoh, S., Bukhori, B., & Sessiani, L. A. (2019). The Effect of Self-Regulation and Peer Attachment on Adversity Quotient in Quran Reciter Students. Psikologika. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 24(2), 167, 167–180. https://doi.org/10.20885/psikologi.vol24.iss2.art7
Juniar, N. S. (n.d.). Pengaruh Membaca Al-Qur’an terhadap Kesehatan Mental.
Lestari, T. M. (2016). Nilai-nilai kecerdasan Adversitas (Adversity Quotient)(Studi komparatif Islam dan Paul G. Stoltz). STAIN Ponorogo.
Mahendika, D., & Sijabat, S. G. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial, Strategi Coping, Resiliensi, dan Harga Diri Terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa SMA di Kota Sukabumi. Jurnal Psikologi Dan Konseling West Science, 1(02), 76–89. https://doi.org/10.58812/jpkws.v1i02.261
Mahfud, M. (2023). Kebijakan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila dalam Konteks Perubahan Sosial: Literature Review. Dealita (Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan), 3(2), 1–25.
Mahmudah, M., & Zuhriah, F. (2021). Konsep Adversity Quotient (AQ) dalam Menghadapi Cobaan: Ditinjau dari Perspektif al-Qur’an dan Hadis. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 11(1), 13–29.
Miradji, M. A., Santoso, W. A., Wasisca, O. D., Friska, L., & Verdiani, A. T. (2024). Adversity quotient dan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa fresh graduate. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1192(2), 297–301.
Mulyaden, A., & Fuad, A. (2021). Langkah-Langkah Tafsir Maudu’i. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(3), 397.
Nadila Almubarokah, Roseli Theis, & Dewi Iriani. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(1), 163–174. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1501
Noor, H., Zuhriah, F., Salamah, U., Munir, M., Inwar, M., & Center, C. V. P. L. (2021). Adversity quotient dalam pandangan al-qur’an dan hadist. Pustaka Learning Center.
quran.kemenag.go.id. (n.d.).
Qurthubi, I. Al. (2007). Tafsir Al Qurthubi Jilid 3. Pustaka Azzam.
Rahmah, A. N., Nasution, F. S. M., Salsabila, N. A., Nafisah, S., & Abdillah, T. K. (2024). Sosialisasi Membentuk Konsep Diri untuk Pengasuhan yang Positif pada Anak di Era Digital. Jurnal Pengabdian Inovatif Masyarakat, 1(1), 19–27. https://doi.org/10.62759/jpim.v1i1.48
Saida, I. (2023). Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Hukum Tajwid Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IV di MIN 29 Aceh Besar.
Setiawan, N. S., & Setiawan, I. (2024). Mengenal Pentingnya Kesehatan Mental: Dampak Bunuh Diri Dan Gejala Gangguan Kesehatan Mental. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 10(1), 266. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v10i1.13505
Shihab, M. Q. (2005). Tafsir Al-Mishbah Jilid 6. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Lentera Hati.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif & R&D). Alfabeta.
Surya, M. A. (2021). Kontribusi Adversity Quotient Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara.
Theofani, A. M. (2018). Pengaruh kecerdasan emosi, motivasi berprestasi, dan profil demografi terhadap adversity quotient mahasiswa penghafal al-qur’an. Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Umar bin Katsir, I. Bin. (2005). Tafsir Ibnu Kasir Jilid 1 (Issue 1). Pustaka Imam Asy Syafii.
Umar bin Katsir, I. Bin. (2016). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 10. Pustaka Imam Asy Syafii.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ali Rijwan Ali, M. Husnaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.