Reposisi Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran PAI Berbasis Pemikiran Nurcholish Madjid
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v6i1.462Keywords:
Artificial Intelligence (AI), Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Nurcholish MadjidAbstract
Perkembangaan teknologi yang semakin canggih dalam bentuk kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), sangat berdampak pada pendidikan, khususnya pembelajaran pendidikan agama islam. Namun, pemanfaatan AI dalam perspektif tokoh atau filosof muslim masih sangat minim. Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran PAI yang adaptif dengan perkembangan teknologi dengan tetap berlandaskan pada nilai-nilai spiritual dan kemanusiaan. Tujuan peneltian ini untuk mereposisi pemanfaatan AI dalam pembelajaran PAI berdasarkan pemikiran Nurcholish Madjid, tokoh muslim pembaharu pendidikan islam yang mengintegrasikan antara agama, ilmu pengetahuan, dan kemanusiaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, data-data yang diperoleh melalui literatur tentang AI, pendidkkan islam, dan pemikiran Nurcholish Madjid. Hasil penelitian menunjukkan AI dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu untuk memperoleh srategi pembelajaran PAI yang lebih inovatif dan interaktif yang relevan dengan generasi yang tumbuh di era digitalisasi yang semakin maju. Pemikiran Cak Nur memberikan landasan terhadap modernisasi pendidikan islam yang mengarah dalam membentuk manusia yang terbuka, rasional, dan berakhlak. Simpulan dalam penelitian ini didapatkan bahwa reposisi AI dalam pembelajaran PAI berbasi pemikiran Nurcholish Madjid memiliki potensi dalam mendorong transformasipendidikan islam yang inklusif, etis, dan konstektual. guru juga harus berperan dalam menyiapkan strategi implementasi AI yang berinovatif serta bernilai spiritual.
Downloads
References
Abidin, M. A. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk Mendukung Pembelajaran Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Krembung Sidoarjo. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 90.
Adam, H., & Munasir. (2023). Modernisasi Pendidikan Islam Perspektif Nurcholish Madjid. Kamaliyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 76–86. https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/kamaliyah
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 2. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Anas, I., & Zakir, S. (2024). Artificial Intelligence: Solusi Pembelajaran Era Digital 5.0. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 8(1), 36.
Eriana, E. S., & Zein, A. (2023). Artificial Intelligence. CV. Eureka Media Aksara.
Fauziyati, W. R. (2023). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(2), 2181. https://doi.org/10.61220/ri.v2i2.005
Fikri, M. A. (2024). Pendidikan Islam dan Pembentukan Identitas Muslim Indonesia. Jurnal PAI, 3(1), 151. https://doi.org/10.56854/sasana.v3i1.382
Fitri Sarinda, Martina Martina, Dwi Noviani, & Hilmin Hilmin. (2023). Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi (AI) Artificial Intelligence. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 1(4), 105. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i4.268
Hadi, M., & Qohar, H. A. (2024). Peran Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Pembelajaran Interaktif Bahasa Arab. Ranah Research, 6(6), 3010.
Ilmi, Z., Husnah, R. L., Padil, M., Wahyuni, E. N., & Zuhriyah, I. A. (2025). Desain Instrumen Penilaian Domain Psikomotorik dengan Pendekatan Problem Based Learning ( PBL ) dan Project Based Learning ( PjBL ) Pada Pembelajaran PAI. JIIP : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5204.
KBBI Daring VI. (2025). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pendidikan
Khairuddin. (2017). Penggunaan Metode Cooperative Learning dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran PAI. El-Muhbib, 1(2), 41.
Kusumawati, I. (2023). Pengantar Pendidikan. CV. Rey Medika Grafika.
Magdalena, Bestari Endayana, Aflah Indra Pulungan, Maimunah, N. D. D. (2021). Metode Penelitian untuk Penulisan Laporan Penelitian dalam Ilmu Pendidikan Islam. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Nomor 1). Penerbit Buku Literasiologi. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Miftahul Huda, I. S. (2024). Peran Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Referensi Islamika : Jurnal Studi Islam, 1(2), 57.
Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 11(2), 176–188. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728
Muhammad Rizwar Noor Fikri, Fath Muttaqien, M. I. N. (2024). Strategi Implementasi Kecerdasan Buatan untuk Memperkuat Pendidikan Islam pada Generasi Z di Indonesia. Journal Islamic Education, 3(1), 132–144. https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/index
Muhammad Yahya, Wahyudi, dan H. (2023). Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional, 194. https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/index
Mukaromah, S. (2020). Pemikiran Nurcholis Majid dan Pengembangan Pendidikan Islam: Analisis Spirit Keislaman dan Keindonesiaan. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat, 3(2), 123. https://doi.org/10.14421/panangkaran.2019.0301-09
Muspawi, U. S. dan M. (2024). Memahami Suber Data Penelitian : Primer, Sekunder, dan Tersier. Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 5(3), 113.
Musyrifin, Z. (2016). Pemikiran Nurcholis Madjid tentang Pembaharuan Pendidikann Islam. Jurnal Madaniyah, 2, 328–340.
Nadila, D., & Septiaji, A. (2023). Implementasi Kecerdasan Buatan (Ai) Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 101. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/1050%0Ahttps://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/download/1050/770
Nur Kholis, M. H. (2024). Islam Rahmatan Lil ’Alamin.
Nurbayanni, A., Ratnika, D., Waspada, I., & Dahlan, D. (2023). Pemanfaatan Media dan Teknologi Di Lingkungan Belajar Abad 21. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 183. https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1499
Nurhasanah, T. A. H. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Holistik untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tingkat Sekolah Dasar. SENAPADMA, 3(1), 125.
Nurul Fitriyani, Nur Azizah, S. (2025). Pemanfaatan Artifical Intelligence sebagai Asisten Pendidik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Ainara Journal, 6(1), 18.
Nuryadin, M. A., Fairuz, F., & Sembodo, J. J. (2024). Metode Pembelajaran Khusus untuk Generasi Alpha , Generasi Z dan generasi Beta. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 9(4), 46.
Priyanto, A. (2020). Pendidikan Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 80. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9072
R Nurhayati, Taufiq Nur, Sudirman P, Nur Adillah, Agustina, M. U. (2024). Dinamika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Artificial Intelligence (AI). SENTIKJAR, 3, 1. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v3i0.3131
Rahmad. (2011). Pengantar Metodologi Penelitiaan. In Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical (Vol. 44, Nomor 8). Antasari Press. https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Safitri, L., & Manshur, F. M. (2016). Tujuan Pendidikan Islam Dalam Pandangan Nurcholish Madjid. Tsamrah al-Fikr, 10(1), 1. https://doi.org/10.20884/1.matan.2019.1.1.1916
Sandria, A., Asy’ari, H., & Siti Fatimah, F. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri. At-tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 65. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v1i1.9
Sofia Syahara Balqis, Rumadani Sagala, J. F. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 1047.
Suariqi Diantama. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8. https://doi.org/10.61434/dewantech.v1i1.8
Sudrajat, D., Permatasari, R. D., Wijaya, I. M. S., Setyawan, A. E., & Rahayu, N. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan sebagai Upaya Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(2), 595. https://doi.org/10.53863/kst.v5i02.999
Tanjung, D. F., & Suteki. (2024). Peran Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Dalam Pendidikan Agama Islam. JURNAL ABSHAR: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam dan Humaniora, 23. https://ojs.staisamorapematangsiantar.ac.id/index.php/samora/article/view/67
Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 17. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annisa Nur Asyiah, M. Husnaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.