Implementasi Pembelajaran Berbasis Project dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di SD BPPI Tjokroaminoto
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v6i1.407Keywords:
pembelajaran berbasis proyek, kreativitas siswa, SD BPPI Tjokroaminoto, inovasi pendidikan, Project-Based Learning, Kualitas pendidikanAbstract
Pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PBL) adalah sebuah metode yang menitikberatkan pada eksplorasi, penelitian, dan pembuatan proyek nyata sebagai sarana untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan PBL dalam meningkatkan kreativitas siswa di SD BPPI Tjokroaminoto. Metode yang diterapkan khususnya dalam Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dengan berbagai proyek yang dirancang untuk mengasah keterampilan berpikir kritis, inovasi, kerja sama, dan kemandirian siswa. Strategi implementasi meliputi tahapan perencanaan proyek, pelaksanaan, dan evaluasi, yang semuanya berfokus pada pengembangan aspek kreativitas, kolaborasi, dan pemahaman materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL memiliki kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kreativitas siswa. Para siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar, mampu menghasilkan ide-ide inovatif, dan merasa lebih percaya diri saat bekerja sama dengan teman-teman mereka. Di sisi lain, metode ini juga mendorong para guru untuk lebih kreatif dalam merancang pengalaman belajar yang menarik dan relevan. Dampak penerapan PBL tidak hanya dirasakan oleh siswa dan guru, tetapi juga berpengaruh pada lingkungan sekolah secara keseluruhan, menjadikannya lebih dinamis dan inovatif. Kesimpulannya, pembelajaran berbasis proyek di SD BPPI Tjokroaminoto terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa serta menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan aplikatif. Untuk memaksimalkan implementasi PBL, diperlukan dukungan dari berbagai pihak, termasuk sekolah, guru, orang tua, serta komunitas pendidikan.
Downloads
References
Aminarti, (2024). Efektivitas Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Terhadap Kreativitas Peserta Didik.
Azizzah, (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Kreativitas Belajar Peserta Didik.
Fachrurrozy, (2024). The Effect of Field Experience Program of Student’s Teaching Skills: Study at Ibnu Chaldun University Jakarta.
Musfiroh, (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Skrip (Coopertaive Script) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab.
Nadiah, (2024). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Bulat di Kelas IV SDN 045 Malintang Kabupaten Mandailing Natal.
Nugraha, d. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 39 - 47.
Yusikah, d. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 17 - 25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Ulfah, Issania Wahdah, Faris Iqbal Zahir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.