Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka di SMPN 10 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v6i1.417Keywords:
Implementasi Pendidikan karakter, Kurikulum MerdekaAbstract
Latar Belakang Penelitian ini di lihat pada zaman era modern atau zaman era digital kita dapat mengetahui bagaimana tingkah laku anak sekarang,seperti kenakalan remaja,bullying dan kurangnya sopan santun baik di sekolah maupun diluar sekolah dan ini sangat memprihatinkan sekali, maka dari itu peneliti ingin mengetahui sampai sejauh mana pendidkan karakter di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Pendidikan karakter di SMP N 10 Jakarta pada kurikulum merdeka dan faktor faktor yang mempengaruhi keberhasilannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Pendidikan karakter di smp telah dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti kegiatan ekstrakulikuler,kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial serta aturan tata tertib di sekolah. Faktor faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi Pendidikan karakter adalah komitmen sekolah, peran guru dan keterlibatan orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi Pendidikan karakter di SMPN 10 Jakarta Pusat dapat meningkatkan karakter siswa dan mempersiapkan mereka manjadi warga negara yang baik dan memiliki moral yang santun baik di sekolah maupun di masyarakat.
Downloads
References
Andayani, A. M. & D. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. PT Remaja Rosdakarya h 11.
Antonius. (2022). Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), h 65. https://doi.org/10.51826/edumedia.v6i2.668
Asiva Noor Rachmayani. (2015). Pembentukan karakter religius siswa melalui Program full day school di sekolah menengah pertama (SMP) Islamic qon Gresik kota baru (GKB) Gresik. 06, 6 h 83.
Ayi Suherman. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Teori dan Praktik Kurikulum Merdeka Belajar Penjas SD (Rais Iqbal Rabiul Awal (ed.)). Indonesia Emas Group h 3. https://www.google.co.id/books/edition/Implementasi_Kurikulum_Merdeka_ Teori_dan/fTvaEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&kptab=overview
Berlian Cepi Ujang, Solekah Siti, and Rahayu Puji. (2022). “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal Of Educational And Language Research, Vol 1(Bajang Journal), h 4.
Choli. (2019). Pembentukan Karakter melalui pendidikan islam. h 3. Dalmeri, D. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter. Journal of
Chemical Information and Modeling, 14(1), h 271.
Efendi., R. (2020). Karakter di Sekolah. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3) h 5. https://qiaramedia.com/media/publications/410348-pendidikan- karakter-di-sekolah-653e8abd.pdf
Freeks dan Latter. (2011). waardes en die noodsaak van ‘n karakter opvoedlngspprogam blnme kollegeverband in die noordwesprovinsie: verkening en voorloplge voorstelle. h 585.
Hamidah. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER. Cendikia Mulia Mandiri h 3. https://www.google.co.id/books/edition/PENDIDIKAN_KARAKTER/d5PX EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0&kptab=overview
Ineu Sumarsih, dkk. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Vol 6(5), h 8249.
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 2(7), h 157.
Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 8(2), h 165. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819
Maulana. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Agama
Islam. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Agama Islam, 151(2), h 3.
Mira, K. (2022). Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), h 95.
Retno Listyarti. (2012). Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif Inovatif dan Kreatif. h 9.
Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), h 982. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903
Tunas, K. O., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Kebebasan dan Fleksibilitas h 4. Journal on Education, 6(4), 22031–22040. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6324
Wibowo Agus. (2012). Pendidkan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban (P. Pelajar (ed.)) h 29-30.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Feby Nabila Nuari, Maria Ulfah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.