Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka di SMPN 10 Jakarta

Authors

  • Feby Nabila Nuari Universitas Islam Jakarta
  • Maria Ulfah Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v6i1.417

Keywords:

Implementasi Pendidikan karakter, Kurikulum Merdeka

Abstract

Latar Belakang Penelitian ini di lihat pada zaman era modern atau zaman era digital kita dapat mengetahui bagaimana tingkah laku anak sekarang,seperti kenakalan remaja,bullying dan kurangnya sopan santun baik di sekolah maupun diluar sekolah dan ini sangat memprihatinkan sekali, maka dari itu peneliti ingin mengetahui sampai sejauh mana pendidkan karakter di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Pendidikan karakter di SMP N 10 Jakarta pada kurikulum merdeka dan faktor faktor yang mempengaruhi keberhasilannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Pendidikan karakter di smp telah dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti kegiatan ekstrakulikuler,kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial serta aturan tata tertib di sekolah. Faktor faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi Pendidikan karakter adalah komitmen sekolah, peran guru dan keterlibatan orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi Pendidikan karakter di SMPN 10 Jakarta Pusat dapat meningkatkan karakter siswa dan mempersiapkan mereka manjadi warga negara yang baik dan memiliki moral yang santun  baik di sekolah maupun di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, A. M. & D. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. PT Remaja Rosdakarya h 11.

Antonius. (2022). Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), h 65. https://doi.org/10.51826/edumedia.v6i2.668

Asiva Noor Rachmayani. (2015). Pembentukan karakter religius siswa melalui Program full day school di sekolah menengah pertama (SMP) Islamic qon Gresik kota baru (GKB) Gresik. 06, 6 h 83.

Ayi Suherman. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Teori dan Praktik Kurikulum Merdeka Belajar Penjas SD (Rais Iqbal Rabiul Awal (ed.)). Indonesia Emas Group h 3. https://www.google.co.id/books/edition/Implementasi_Kurikulum_Merdeka_ Teori_dan/fTvaEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&kptab=overview

Berlian Cepi Ujang, Solekah Siti, and Rahayu Puji. (2022). “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal Of Educational And Language Research, Vol 1(Bajang Journal), h 4.

Choli. (2019). Pembentukan Karakter melalui pendidikan islam. h 3. Dalmeri, D. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter. Journal of

Chemical Information and Modeling, 14(1), h 271.

Efendi., R. (2020). Karakter di Sekolah. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3) h 5. https://qiaramedia.com/media/publications/410348-pendidikan- karakter-di-sekolah-653e8abd.pdf

Freeks dan Latter. (2011). waardes en die noodsaak van ‘n karakter opvoedlngspprogam blnme kollegeverband in die noordwesprovinsie: verkening en voorloplge voorstelle. h 585.

Hamidah. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER. Cendikia Mulia Mandiri h 3. https://www.google.co.id/books/edition/PENDIDIKAN_KARAKTER/d5PX EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0&kptab=overview

Ineu Sumarsih, dkk. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Vol 6(5), h 8249.

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 2(7), h 157.

Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 8(2), h 165. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819

Maulana. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Agama

Islam. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Agama Islam, 151(2), h 3.

Mira, K. (2022). Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), h 95.

Retno Listyarti. (2012). Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif Inovatif dan Kreatif. h 9.

Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), h 982. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903

Tunas, K. O., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Kebebasan dan Fleksibilitas h 4. Journal on Education, 6(4), 22031–22040. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6324

Wibowo Agus. (2012). Pendidkan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban (P. Pelajar (ed.)) h 29-30.

Downloads

Published

2025-06-22

How to Cite

Feby Nabila Nuari, & Maria Ulfah. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka di SMPN 10 Jakarta. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 82–92. https://doi.org/10.55623/au.v6i1.417