Integrasi Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Personal: Dampaknya Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Pare

Authors

  • Azmy Ali Muchtar Universitas Islam Jakarta
  • Meza Fitri Dini Universitas Islam Jakarta
  • Siti Khairunnisa Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v6i1.409

Keywords:

Kecerdasan Buatan (AI), Pembelajaran Personal, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dampak adopsi teknologi AI terhadap motivasi belajar dan hasil akademis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 PARE dengan melibatkan 50 siswa sebagai responden, menggunakan metode survey (kuesioner) dan wawancara mendalam untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI dalam proses pembelajaran memberikan dampak positif yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Sebanyak 42 siswa (84%) responden melaporkan bahwa mereka merasa lebih termotivasi untuk belajar ketika menggunakan platform berbasis AI, yang memungkinkan mereka belajar dengan cara yang lebih interaktif dan personal sesuai dengan kebutuhan individu. Rata-rata nilai akademis siswa juga meningkat dari 70 sebelum penggunaan AI menjadi 80 setelah penerapan teknologi ini, hal ini menunjukkan adanya kemajuan dalam hasil belajar. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan, seperti adanya siswa yang merasa kesulitan dalam beradaptasi dengan teknologi baru. Sebagian kecil siswa lebih memilih metode tradisional yang melibatkan interaksi langsung dengan guru. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun AI berpotensi meningkatkan motivasi dan hasil belajar, keberhasilan penerapannya sangat tergantung pada preferensi individu siswa dan kemampuan mereka dalam beradaptasi dengan perubahan teknologi. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi AI dalam pembelajaran personal tidak hanya meningkatkan motivasi belajar dan hasil akademis siswa, tetapi juga dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, Cahiyatul. (2022). “Implemetasi Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV Di SD Islam Maarif Sukorejo.” 4(1):1–23.

Bloom, Nicholas, and John Van Reenen. (2013). “Strategi Pembelajaran Interaktif.” NBER Working Papers 89.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2020). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Renika Cipta.

Eriana, Emi Sita, and Drs. Afrizal Zein. (2023). “Artificial Intelligence.” Angewandte Chemie International Edition 6(11):1.

Hidayati, R. (2019). Interaksi Sosial dan Pembentukan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nana Sudjana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nurdin, A. (2020). Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Jakarta: Penerbit Pendidikan.

Rahardjo, M. (2010), October 15. “Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif.” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Retrieved from https://uin-malang.ac.id/r/101001/triangulasi-dalam-penelitian-kualitatif.html.

Rahmawati, Rima. (2016). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran.” Skripsi 146.

Siyoto, Sandu, dan M. Ali Sodik, (2015). Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Yogi Fernando, Popi Andriani, and Hidayani Syam. (2024). “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan 2(3):61–68. doi: 10.59246/alfihris.v2i3.843.

Downloads

Published

2025-06-22

How to Cite

Azmy Ali Muchtar, Meza Fitri Dini, & Siti Khairunnisa. (2025). Integrasi Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Personal: Dampaknya Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Pare. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 257–261. https://doi.org/10.55623/au.v6i1.409