Efektivitas Program Unggulan Mahir Berbahasa Terhadap Peningkatan Keterampilan Writing Di MA Sejahtera

Authors

  • Soraiya Universitas Islam Jakarta
  • Niken Sundari Universitas Islam Jakarta
  • Clarissa Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v6i1.410

Keywords:

Keterampilan Writing, Program Unggulan mahir berbahasa, MA Sejahtera Pare

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa efektif Program Bahasa Unggul dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa di MA Sejahtera. Keterampilan menulis merupakan komponen penting dalam pembelajaran bahasa Inggris dan sering kali menimbulkan tantangan bagi pelajar. Program ini bertujuan untuk mengembangkan keempat keterampilan bahasa mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis sambil memberikan penekanan kuat pada peningkatan kemampuan menulis siswa melalui teknik yang menarik dan inovatif. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa Program Bahasa Unggul memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis bahasa inggris siswa. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilan program ini meliputi kurikulum bergaya English Village berbasis tingkat, metode pembelajaran aktif dengan pendekatan berbasis proyek, integrasi teknologi ke dalam pembelajaran, dan penilaian perkembangan siswa yang teratur dan terukur. Survei terhadap peserta program mengungkapkan bahwa siswa mengalami peningkatan signifikan dalam  tata bahasa, kosa kata, dan struktur kalimat. Selain itu, program ini  membantu siswa mengembangkan kepercayaan diri  dalam mengungkapkan gagasan mereka  dalam bahasa Inggris tertulis. Tantangan terbesar dalam pelaksanaan program ini adalah terbatasnya akses  teknologi di lingkungan sekolah dan fluktuasi motivasi belajar siswa. Kesimpulan  penelitian ini menunjukkan bahwa program bahasa tingkat lanjut MA Sejahtera efektif  meningkatkan keterampilan menulis siswa. Hasil penelitian ini akan menjadi dasar untuk mengembangkan program serupa di lembaga pendidikan lain untuk meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Inggris di tingkat Madrasah Aliyah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Richards, J. C., & Renandya, W. A. (Eds.). (2002). Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. Cambridge University Press.

The process of writing engages learners in complex cognitive activities that promote deep learning, analytical thinking, and knowledge construction (Hyland, 2019: 23).

Hyland,K. (2019). Second language writing (2nd ed.). Cambridge University Press.

Anisa novadila, 2023 "Wajib Dicoba! Ini Dia Strategi Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis Kamu" Myrobin.id Diakses pada tanggal 22 Januari 2025.

https://myrobin.id/untuk-pekerja/cara-meningkatkan-kemampuan-menulis/

Graham, S., & Perin, D. (2007). Writing next: Effective strategies to improve writing of adolescents in middle and high schools. Alliance for Excellent Education.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodelogi Penelitian. In Literasi Media Publishing.

Nana Syaodih Sukmadinata (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

ustadi, Ali. (2021). Strategi Pembelajaran keterampilan Berbahasa dan Bersastra yang Efektif di Sekolah dasar. UNY Press: Yogyakarta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Fajriah. (2017). Strategi Pembelajaran Maharah Al-Kitabah Pada Tingkat Ibtidaiyah. 33–56.

Suharsimi Arikunto. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Moh. Nazir. (2005). Metode Penelitian. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika

Downloads

Published

2025-06-22

How to Cite

Soraiya, Niken Sundari, & Clarissa. (2025). Efektivitas Program Unggulan Mahir Berbahasa Terhadap Peningkatan Keterampilan Writing Di MA Sejahtera. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 262–271. https://doi.org/10.55623/au.v6i1.410