Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis terhadap Pembentukan Karakter Siswa
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v5i1.344Keywords:
Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan umtuk menjelaskan pengaruh kegiatan ekstrakurikuler rohis terhadap pembentukan karakter siswa di SMK Tirta Sari Surya Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari penyebaran kusioner/angket kepada siswa SMK Tirta Sari Surya Jakarta mdmdnuhi standar yang sudah ditetapkan peneliti dengan jumlah populasi 175 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 64 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menujukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter siswa di SMK Tirta Sari Surya Jakarta, yang dapat diartikan bahwa semakin siswa rutin melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler rohis maka akan meningkat pula pembentukan karakter siswa. Hasil penelitian perhitungan koefesien determinasi dari penelitian ini yaitu sebesar 87,2% yang berarti variabel pembentukan karakter siswa dapat dijelaskan oleh varibelkegiatan ekstrakurikuler rohis sebesar 87,2% sedangkan sisanya sebesar 12,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
References
Febrianti, Melizubaida Mahmud, R. H. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMA Negeri 1 Paleleh Barat. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08, 2. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/1310/970 DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1535-1552.2022
Kurniawan, M. B. (2023). Viral Siswa SMA Banjarmasin Tikam Teman di Kelas karena Sering Di-bully Baca artikel detiknews, “Viral Siswa SMA Banjarmasin Tikam Teman di Kelas karena Sering Di-bully.” DetikNews. https://news.detik.com/berita/d-6852963/viral-siswa-sma-banjarmasin-tikam-teman-di-kelas-karena-sering-di-bully
sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alpjabet.
Afrita Heksa sp.d. (2021). Buku Ekstrakurikuler IPA Berbasis Sainpreneur.
Alim, A., Indra, H., Ibn, U., Bogor, K., Ibn, U., Bogor, K., Ibn, U., & Bogor, K. (2023). Risalah : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Program Pendidikan Tasawuf Untuk Rohis Tingkat Sekolah Menengah Atas. 9(3), 1243–1264.
Annisa, M. N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Karakter Kewarganegaraan Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 7286–7291.
Arumsari, A., Misdar, M., & Samiha, Y. T. (2020). IB (SMA) Palembang. Studia Manageria, 2(1), 27–38. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v2i1.4221 DOI: https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v2i1.4221
Desi Narita, D. (2019). Peranan Organisasi Rohani Islam dalam Meningkatkan Nilai Religius dan Kejujuran Siswa. Jurnal Edukasi.
Hantika, A., & Rohana. (2022). Analisis pendidikan karakter disiplin, jujur, dan tanggung jawab di sd. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 7, 34–43.
I Nyoman Sueca dan I Nyoman Temon Astawa. (2022). Religiusitas Pendidikan Karakter dan Lokalitas Wisdom di Pasraman. jivaloka.
Indahningrum, R. putri, & lia dwi jayanti. (2020). PENGARUH ESKRAKURIKULER ROHIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA DI SMK NEGERI 2 PONOROGO(Vol.2507,Issue1).http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Kompri. (2016). Manajemen Pendidikan. Ar-Ruzz Media.
Labudasari, E., & Rochmah, E. (2018). Peran Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prodising Seminar Nasional PGSD, 299–310.
Laraswati, P., & Herdiansyah, M. I. (2023). Analisis Pengembangan Minat, Bakat, dan Karakter Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Muara Sugihan melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(3), 2631. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i3.3605 DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i3.3605
Munandar, D. (2018). Program pengawasan kepala sekolah terhadap rohani islam (studi kasus di SMK Al Amanah Kota Tangerang Selatan). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43658%0Ahttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/43658/3/DEDE MUNANDAR-FITK.pdf
Oktaviani, E., Supriadi, S., & ... (2023). PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM (ROHIS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOTO Agama Islam,1(4). https://jurnal.stikes-ibnusina.ac.id/index.php/IHSANIKA/article/view/620%0Ahttps://jurnal.stikes-ibnusina.ac.id/index.php/IHSANIKA/article/download/620/596
Rohmah, H. N., Putri, N. Y., Yunita, S., Yasmin, Y., & Mulyana, A. (2023). Pengaruh kegiatan Ekstrakurikuler terhadap karakter peserta Didik di Sekolah Dasar.
Rohman1, M. S., Yasyakur2, M., 1mahasiswa, W., Pendidikan, P., Islam, A., Al, S., & Bogor, H. (2019). Peranan Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Dalam Mengembangkan Sikap Beragama Peserta Didik Di Sma Negeri 1 Dramaga Bogor. Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1–15.
Ruslan Gunawan. (2023). Pengaruh Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di SMAN 1 Margaasih. LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies, 2(1), 9–21. https://doi.org/10.58355/lectures.v2i1.19 DOI: https://doi.org/10.58355/lectures.v2i1.19
Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150 DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150
Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 193–208. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526 DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526
Supiani, S., Muryati, D., & Saefulloh, A. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Man Kota Palangkaraya Secara Daring. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.37304/enggang.v1i1.2351 DOI: https://doi.org/10.37304/enggang.v1i1.2351
Tomas Lickona. (2016). Mendidik Untuk Membentuk Karakter (U. W. dan Suryani (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khairil Tamimi, Suprapto, Soraiya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.