Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar Siswa (Studi Survey di SMKN 14 Jakarta)

Authors

  • Muhammad Miftahul Huda Universitas Islam Jakarta
  • Mugiyono Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v6i1.416

Keywords:

Strategi Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Inovatif, SMKN 14 Jakarta, Korelasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi guru terhadap motivasi belajar siswa di SMKN 14 Jakarta. Motivasi belajar siswa merupakan faktor krusial dalam mencapai keberhasilan akademik, namun seringkali terkendala oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya pendekatan individual dari guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 47 siswa kelas XI sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif sebesar 0,678 antara strategi guru (Variabel X) dan motivasi belajar siswa (Variabel Y), yang tergolong dalam kategori cukup kuat. Analisis lebih lanjut mengungkap bahwa 46% variasi motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh strategi guru, sementara 54% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Temuan ini membuktikan bahwa strategi guru, seperti penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dan pemberian umpan balik positif, secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Sekolah disarankan untuk mendukung guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memotivasi. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi peningkatan kualitas pembelajaran dan motivasi siswa di SMKN 14 Jakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, N., Damayanti, A., & Faridha, A. E. (2024). Profesi Keguruan (Musdalifa & A. M. Amaliyah, Eds.; 1st ed.). Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Ariska, P. A. (2018). Peran Guru Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung Tahun Ajaran 2016-2017. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1).

Bariah, S., Tanjung, D. S., Ambarwati, N. F., & Mardikawati, B. (2024). Buku Ajar Strategi Pembelajaran. In Sepriano & Efitra (Eds.), PT. Sonpedia Publishing Indonesia (1st ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Chusni, M. M., Andrian, R., Sariyatno, B., & Hanifah, D. P. (2021). Strategi Belajar Inovatif (U. Khasanah, Ed.; 1st ed.). Grup Penerbitan CV. Pradina Pustaka Grup.

Dayana, I., & Marbun, J. (2018). Motivasi Kehidupan. Guepedia Publisher.

Djarwo, C. F. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 1–7.

Nadiah, Ulfah, M., & Salsabil, P. (2023). Pengaruh Partisipasi Pendidik Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di MA Sejahtera Pare. El-Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 41–57.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.

Sutikno, S. (2021). Strategi Pembelajaran (Nurlaeli, Ed.; 1st ed.). CV. Adanu Abimata.

Downloads

Published

2025-06-22

How to Cite

Muhammad Miftahul Huda, & Mugiyono. (2025). Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar Siswa (Studi Survey di SMKN 14 Jakarta). Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 93–100. https://doi.org/10.55623/au.v6i1.416